Cara Bikin Pomade Sederhana Untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara bikin pomade sederhana yang bisa kamu coba di rumah sendiri. Pomade adalah salah satu produk grooming yang dapat membantu mengatur gaya rambut kamu. Namun, tidak semua orang bisa membeli pomade yang mahal. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas cara bikin pomade sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

1. Siapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat pomade, kamu harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Lilin lebah
2 sendok makan
Minyak kelapa
2 sendok makan
Minyak zaitun
1 sendok makan
Vitamin E (dalam kapsul)
1 butir
Minyak esensial (pilih aroma yang kamu sukai)
Beberapa tetes (secukupnya)

Lilin lebah dapat kamu beli di toko-toko olahan lebah atau di pasar tradisional. Sedangkan minyak kelapa, minyak zaitun, dan vitamin E dapat dengan mudah ditemukan di apotek atau toko-toko kesehatan. Minyak esensial dapat kamu beli di toko aroma terapi atau toko khusus kosmetik.

2. Lelehkan Lilin Lebah

Langkah selanjutnya adalah melelehkan lilin lebah. Kamu bisa melelehkan lilin lebah dengan menggunakan panci double boiler. Masukan lilin lebah ke dalam mangkuk kaca atau toples kecil, kemudian letakkan di atas panci berisi air yang sudah dipanaskan.

Setelah lilin lebah meleleh, tambahkan minyak kelapa dan minyak zaitun ke dalamnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata lalu matikan api.

3. Tambahkan Vitamin E dan Minyak Esensial

Selanjutnya, buka kapsul vitamin E dan tuangkan isinya ke dalam campuran lilin lebah, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang kamu sukai. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Quiz Sederhana agar bisa diakses Android

4. Tuangkan ke dalam Wadah yang Sesuai

Setelah tercampur rata, tuangkan campuran pomade ke dalam wadah yang sesuai. Kamu bisa menggunakan wadah kosmetik atau bekas lip balm yang sudah kosong. Biarkan pomade mengeras selama beberapa jam. Setelah itu, pomade siap digunakan.

FAQ Cara Bikin Pomade Sederhana

1. Apakah saya bisa mengganti minyak kelapa dengan minyak lain?

Iya, kamu bisa mengganti minyak kelapa dengan minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba. Pastikan minyak yang digunakan tidak membuat kulit kepalamu gatal atau iritasi.

2. Berapa lama pomade bisa bertahan?

Pomade yang kamu buat sendiri bisa bertahan selama 6 bulan jika disimpan pada suhu ruangan yang sejuk dan kering.

3. Apakah pomade yang dibuat sendiri sama dengan pomade yang dijual di toko?

Tentu saja tidak. Pomade yang dibuat sendiri memiliki kualitas yang berbeda dengan pomade yang dijual di toko. Namun, pomade yang dibuat sendiri bisa menjadi alternatif jika kamu tidak mampu membeli pomade yang mahal.

4. Bagaimana cara membersihkan pomade dari rambut?

Kamu bisa membersihkan pomade dari rambut dengan menggunakan sampo yang mengandung zat pembersih yang kuat. Pastikan kamu membersihkan rambutmu hingga bersih agar tidak meninggalkan residu pada rambut.

5. Apakah pomade membuat rambut rontok?

Tidak. Pomade tidak membuat rambut rontok jika digunakan dengan benar dan tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama.

5. Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat membuat pomade sederhana di rumah dengan mudah. Selain dapat membantu mengatur gaya rambut kamu, pomade yang kamu buat sendiri juga lebih murah dan dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakan pomade yang kamu buat sendiri. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Buat Steak Daging Sederhana

Cara Bikin Pomade Sederhana Untuk Sobat Sederhana