Cara Bikin Pipet Cangklong Sendiri yang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara bikin pipet cangklong sendiri yang sederhana. Sebelum kita mulai, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu pipet cangklong.

Apa itu Pipet Cangklong?

Pipet cangklong adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur volume cairan yang sangat kecil. Biasanya, pipet cangklong digunakan dalam laboratorium kimia dan biologi.

Namun, tidak semua orang memiliki akses ke pipet cangklong. Oleh karena itu, kita akan mempelajari cara membuat pipet cangklong sendiri yang sederhana dan mudah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat pipet cangklong, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

Nama Bahan
Jumlah
Stroberi bekas
1 buah
Gunting kuku
1 buah
Pipet plastik
1 buah
Centong plastik
1 buah
Alat untuk melubangi
1 buah
Masking tape
secukupnya
Spidol permanen
1 buah

Langkah-langkah Membuat Pipet Cangklong Sendiri

Langkah 1: Membuat Tampung Cairan

Pertama, ambil stroberi bekas dan potong bagian atasnya menggunakan gunting kuku. Buang isi stroberi dan bersihkan sampai bersih. Potong bagian bawahnya sedikit agar pipet plastik dapat masuk.

Setelah itu, ambil centong plastik dan masukkan ke dalam stroberi bekas. Tempelkan centong plastik pada dinding stroberi bekas menggunakan masking tape. Jangan lupa untuk memastikan bahwa centong plastik berada di tengah.

Langkah 2: Melubangi Tutup Pipet Plastik

Ambil pipet plastik dan lubangi tutupnya menggunakan alat untuk melubangi. Pastikan lubang yang dibuat tidak terlalu besar atau kecil agar cairan dapat masuk dengan mudah.

Langkah 3: Menempelkan Pipet Plastik pada Stroberi Bekas

Masukkan pipet plastik melalui lubang yang telah dilubangi pada tutup stroberi bekas. Tempelkan dengan kuat menggunakan masking tape agar pipet plastik tidak mudah lepas.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Mbintik di Tangan dengan Cara Sederhana dan Cepat

Langkah 4: Memberikan Tanda Volume pada Pipet Plastik

Guna memudahkan pengukuran, berikan tanda pada pipet plastik menggunakan spidol permanen. Tanda tersebut dapat berupa garis atau angka untuk menunjukkan volume.

Langkah 5: Pipet Cangklong Sendiri Siap Dipakai

Sekarang, pipet cangklong sendiri yang sederhana sudah siap digunakan. Isi stroberi bekas dengan cairan yang ingin diukur dan gunakan pipet plastik untuk mengambil cairan sesuai dengan volume yang diinginkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah pipet cangklong sendiri yang dibuat dapat menghasilkan hasil yang akurat?

Hasil yang dihasilkan oleh pipet cangklong sendiri mungkin tidak seakurat pipet cangklong yang dibeli dari toko alat laboratorium resmi. Namun, pipet cangklong sendiri masih dapat menghasilkan hasil yang akurat jika dibuat dengan benar dan digunakan dengan hati-hati.

2. Apakah cara membuat pipet cangklong sendiri ini aman?

Ya, cara membuat pipet cangklong sendiri ini aman. Namun, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang bersih dan aman untuk digunakan.

3. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pipet cangklong sendiri mudah didapat?

Ya, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pipet cangklong sendiri mudah didapat di toko-toko kecil atau supermarket terdekat.

Kesimpulan

Dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana, kita dapat membuat pipet cangklong sendiri yang mudah dan murah. Meskipun hasilnya mungkin tidak seakurat pipet cangklong yang dibeli dari toko alat laboratorium resmi, pipet cangklong sendiri masih dapat menghasilkan hasil yang akurat jika dibuat dengan benar dan digunakan dengan hati-hati.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Pipet Cangklong Sendiri yang Sederhana