Cara Bikin Permen Jahe Sederhana

Cara Bikin Permen Jahe Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apa kabar? Pada artikel kali ini kita akan belajar membuat permen jahe yang sederhana namun nikmat. Bagi kamu yang suka dengan rasa jahe, pasti akan menyukai permen ini. Mari kita mulai!

Bahan yang Dibutuhkan

Agar dapat membuat permen jahe sederhana, kamu membutuhkan beberapa bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Jahe
150 gram
Gula pasir
150 gram
Air
100 ml
Gula halus
Secukupnya

Setelah kamu menyiapkan semua bahan, kita bisa mulai mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Membuat Permen Jahe

1. Kupas dan Parut Jahe

Bersihkan jahe hingga benar-benar bersih. Lalu, parut jahe menggunakan parutan halus. Pada saat mengupas jahe, kamu bisa menggunakan sendok agar kulit jahe dapat terkelupas dengan mudah.

Setelah selesai melakukan langkah ini, tempatkan jahe yang sudah terparut tadi pada sebuah wadah. Kemudian, campurkan jahe dengan gula pasir.

2. Tambahkan Air

Tambahkan air pada campuran jahe dan gula pasir tadi. Aduk hingga merata.

3. Masak Campuran

Panaskan campuran tadi dengan api kecil sambil terus diaduk. Aduk hingga air habis dan campuran mulai mengental. Jangan lupa untuk terus mengaduk agar campuran tidak gosong.

4. Cetak Permen Jahe

Setelah campuran mengental, matikan api dan diamkan sejenak hingga adonan jahe sedikit dingin. Setelah itu, ambil adonan jahe yang sudah dingin dan cetak dengan ukuran yang diinginkan. Kamu bisa menggunakan cetakan permen atau membentuknya dengan tangan.

5. Taburi Gula Halus

Setelah permen jahe dicetak, taburi dengan gula halus agar tidak lengket satu sama lain. Permen jahe pun siap untuk dinikmati.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Valuasi Saham Sederhana

FAQ

1. Bisakah Menggunakan Jahe Bubuk?

Tentu saja bisa. Namun, rasanya tidak akan seautentik menggunakan jahe segar. Jahe segar memberikan aroma dan rasa yang lebih kuat.

2. Berapa Lama Permen Jahe Dapat Disimpan?

Permen jahe dapat disimpan selama beberapa minggu jika disimpan dalam wadah kedap udara. Namun, pastikan permen jahe tidak terkena udara dan kelembaban yang berlebihan agar tidak menimbulkan jamur.

3. Apa Manfaat Makan Permen Jahe?

Permen jahe mengandung jaheol, senyawa aktif pada jahe yang memiliki efek anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan otot. Selain itu, jahe juga dapat membantu memperkuat sistem imun dan meningkatkan pencernaan.

Kesimpulan

Membuat permen jahe sederhana sangat mudah dan menyenangkan. Kamu bisa menikmatinya kapan saja dan di mana saja. Selain itu, permen jahe juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Mari coba membuatnya di rumah dan rasakan sensasinya sendiri.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Permen Jahe Sederhana