Cara Bikin Perkedel Tahu Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabar kalian hari ini? Apakah kalian suka masak? Jika iya, mungkin kalian pernah mencoba membuat menu perkedel tahu. Perkedel tahu adalah salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia karena rasanya yang enak dan mudah dibuat. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara bikin perkedel tahu sederhana yang bisa kalian coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses membuat perkedel tahu, tentu kita harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tahu Putih
300 gram
Kentang
2 buah
Bawang Merah
5 siung
Bawang Putih
3 siung
Garam
Secukupnya
Lada
Secukupnya
Tepung Terigu
3 sendok makan
Telur Ayam
1 butir
Minyak Goreng
Secukupnya

Catatan:

Saat memilih tahu, pastikan kalian memilih tahu yang sudah matang. Jika kalian memilih tahu yang masih mentah, perkedel tahu akan mudah hancur dan rasanya kurang enak. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti wortel atau daun bawang sesuai selera.

Cara Membuat

1. Menghaluskan Tahu dan Kentang

Langkah pertama dalam membuat perkedel tahu adalah menghaluskan tahu dan kentang. Kalian bisa menggunakan blender atau food processor untuk menghaluskan tahu dan kentang secara bersamaan. Pastikan tahu dan kentang sudah dipotong-potong terlebih dahulu agar lebih mudah dihaluskan.

2. Menyiapkan Bahan-bahan Lainnya

Selanjutnya, kita menyiapkan bahan-bahan lainnya seperti bawang merah, bawang putih, garam, lada, dan tepung terigu. Iris bawang merah dan bawang putih, lalu tumis hingga harum. Setelah itu, campurkan bawang merah dan bawang putih yang sudah ditumis ke dalam adonan tahu dan kentang yang sudah dihaluskan. Tambahkan juga garam dan lada secukupnya.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengerjakan LIFO dan FIFO

3. Membentuk Adonan Menjadi Perkedel

Setelah adonan tercampur rata, tambahkan satu butir telur ayam dan 3 sendok makan tepung terigu. Aduk hingga adonan tercampur rata dan mudah dibentuk. Ambil satu sendok makan adonan, lalu bentuk menjadi bola kecil atau perkedel. Lakukan sampai adonan habis.

4. Menggoreng Perkedel Tahu

Langkah terakhir adalah menggoreng perkedel tahu. Panaskan minyak goreng di dalam wajan, lalu goreng perkedel tahu hingga keemasan. Angkat dan tiriskan perkedel tahu menggunakan kertas minyak agar lebih mudah dan bersih.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat perkedel tahu mudah hancur?

Perkedel tahu bisa mudah hancur jika kandungan air di dalamnya terlalu banyak. Untuk menghindari hal ini, pastikan kalian menggunakan tahu yang sudah matang dan menghaluskannya dengan benar. Jangan lupa juga untuk menambahkan tepung terigu agar adonan lebih padat.

2. Apa yang bisa dijadikan tambahan di dalam perkedel tahu?

Selain bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, kalian juga bisa menambahkan bahan lain seperti wortel, daun bawang, atau jagung. Hal ini bisa membuat perkedel tahu lebih beragam dan enak.

3. Bagaimana cara menyimpan perkedel tahu agar tahan lama?

Jika ingin menyimpan perkedel tahu agar tahan lama, kalian bisa menyimpannya di dalam kulkas. Pastikan perkedel tahu sudah dingin terlebih dahulu, lalu simpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Perkedel tahu bisa tahan sekitar 2-3 hari di dalam kulkas.

4. Apa yang bisa menjadi alternatif bahan pengganti kentang?

Jika kalian tidak suka kentang atau ingin mencoba alternatif lain, kalian bisa menggunakan singkong atau ubi jalar sebagai pengganti kentang. Caranya sama seperti saat menggunakan kentang.

TRENDING 🔥  Makala Cara Membuat Eletroskop Sederhana

5. Apa yang bisa dijadikan saus pelengkap untuk perkedel tahu?

Untuk saus pelengkap perkedel tahu, kalian bisa menggunakan saus sambal atau saus tomat yang pedas. Atau jika ingin mencoba yang berbeda, kalian bisa mengkombinasikan mayones dengan saus sambal atau saus tomat.

Kesimpulan

Demikianlah cara bikin perkedel tahu sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Terlepas dari kesederhanaannya, perkedel tahu memang memiliki rasa yang enak dan cocok disajikan sebagai lauk masakan. Jangan lupa untuk mencoba sendiri di rumah ya!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Bikin Perkedel Tahu Sederhana untuk Sobat Sederhana