Cara Bikin Periskop Sederhana

Halo sobat sederhana! Kali ini kita akan membahas cara bikin periskop sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Periskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat objek yang sulit dijangkau atau tersembunyi, seperti di balik tembok atau di bawah permukaan air. Dengan periskop sederhana ini, kamu bisa melihat dunia di sekitarmu dengan cara yang berbeda dan menarik.

Bahan-bahan

Untuk membuat periskop sederhana ini, kamu memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

Bahan
Jumlah
Pipa PVC diameter 2,5 cm
2 buah
Bola pingpong
1 buah
Alumunium foil
2 lembar
Lem tembak
secukupnya
Pisau cutter
1 buah
Gunting
1 buah

Dengan bahan-bahan yang sederhana ini, kamu bisa membuat periskop yang cukup baik untuk mengamati objek-objek di sekitarmu. Yuk, kita mulai membuatnya!

Langkah 1: Potong Pipa PVC

Pertama-tama, potong pipa PVC menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama, masing-masing sekitar 30 cm.

Langkah 2: Buat Lubang

Buat lubang di setiap ujung pipa PVC yang telah dipotong dengan diameter yang sama dengan bola pingpong.

Langkah 3: Pasang Bola Pingpong

Masukkan bola pingpong ke dalam salah satu ujung pipa PVC yang telah dibuat lubang tadi. Pastikan bola pingpong dapat berputar di dalam pipa PVC dengan mudah.

Langkah 4: Lipat Alumunium Foil

Lipat alumunium foil menjadi dua bagian yang sama besar. Hal ini akan digunakan sebagai cermin di dalam periskop.

Langkah 5: Pasang Cermin

Pasang alumunium foil di dalam pipa PVC yang lain dengan cara melekatkannya dengan lem tembak. Pastikan permukaan cermin menghadap ke arah bola pingpong.

Cara Menggunakan Periskop Sederhana

Setelah kamu selesai membuat periskop sederhana ini, kamu bisa mencobanya dengan mengarahkannya ke berbagai arah untuk mengamati objek-objek di sekitar kamu. Untuk menggunakannya, pertama-tama sesuaikan posisi bola pingpong di dalam pipa PVC. Lalu, arahkan pipa yang memiliki cermin ke objek yang ingin kamu amati. Kamu bisa melihat objek tersebut melalui pipa yang satunya lagi.

TRENDING 🔥  Cara Buat Nasi Goreng Putih Sederhana

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apa manfaat dari membuat periskop sederhana?

Membuat periskop sederhana ini bisa meningkatkan kemampuan pengamatan dan kreativitas kamu. Selain itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengamati objek-objek di sekitarmu yang sulit dijangkau atau tersembunyi.

Apakah periskop sederhana ini bisa digunakan untuk mengamati bawah air?

Untuk mengamati bawah air, kamu bisa menambahkan kaca pembesar di ujung pipa PVC yang memiliki cermin. Hal ini akan memperbesar gambar yang ditangkap oleh periskop.

Bisakah ukuran periskop sederhana ini diubah?

Tentu saja. Kamu bisa menyesuaikan ukuran pipa PVC dan bola pingpong sesuai dengan kebutuhanmu. Semakin besar pipa PVC, semakin jauh jarak pandang yang bisa kamu amati dengan periskop.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat periskop sederhana ini?

Waktu yang dibutuhkan tergantung pada keahlianmu dan ketersediaan bahan-bahan yang dibutuhkan. Secara umum, kamu bisa menyelesaikan pembuatan periskop sederhana ini dalam waktu kurang dari satu jam.

Apakah periskop sederhana ini bisa digunakan untuk tugas sekolah?

Tentu saja. Kamu bisa menggunakan periskop sederhana ini untuk mengamati berbagai objek di sekitar lingkungan sekolah atau untuk eksperimen ilmiah sederhana.

Kesimpulan

Dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana, kamu bisa membuat periskop sederhana yang dapat meningkatkan kemampuan pengamatan dan kreativitasmu. Periskop sederhana ini bisa digunakan untuk mengamati objek-objek di sekitar kamu yang sulit dijangkau atau tersembunyi. Jangan ragu untuk mencoba membuatnya, ya!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Bikin Periskop Sederhana