Cara Bikin Nasi Liwet Enak Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Semoga sehat dan bahagia selalu ya. Kali ini, kita akan membahas tentang cara bikin nasi liwet enak sederhana. Siapa yang tidak suka makanan yang satu ini? Rasanya yang lezat dan tekstur yang kenyal membuatnya menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Nah, mari kita mulai memasak!

Bahan-Bahan

Sebelum kita memasak nasi liwet, pastikan terlebih dahulu kita sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Nasi
600 gram
Air
800 ml
Bawang merah
5 butir
Bawang putih
3 siung
Cabe merah
5 buah
Cabe rawit
10 buah
Jahe
1 ruas jari
Daun salam
3 lembar
Santan
200 ml
Garam
secukupnya
Gula
secukupnya

Jika semua bahan sudah tersedia, mari kita mulai memasak!

Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Cuci bersih beras dan tiriskan. Iris tipis-tipis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit. Kupas jahe dan memarkan. Bersihkan daun salam dan sisihkan. Siapkan juga santan.

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai memasak nasi.

Langkah Kedua

Langkah kedua adalah memasukkan beras ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya. Masak beras sampai air meresap dan beras matang. Setelah nasi matang, angkat dan sisihkan.

Langkah Ketiga

Langkah ketiga adalah menumis bawang merah, bawang putih, jahe, dan daun salam sampai harum. Tambahkan cabai merah dan cabai rawit. Aduk sampai bumbu tercampur merata.

Langkah Keempat

Langkah keempat adalah menambahkan nasi yang sudah matang ke dalam panci. Aduk-aduk nasi dan bumbu sampai merata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Gorden Otomatis Sederhana

Langkah Kelima

Langkah kelima adalah menambahkan santan ke dalam panci dengan api kecil. Aduk-aduk sampai santan meresap ke dalam nasi. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata dan matang.

Cara Penyajian

Setelah nasi liwet matang, kita bisa langsung menyajikannya di atas piring atau dalam wadah yang kita suka. Nasi liwet enak sederhana siap untuk dinikmati!

FAQ

Apa yang membuat nasi liwet enak?

Nasi liwet enak karena adanya bumbu cabai dan santan yang memberi rasa gurih dan pedas pada nasi. Juga, nasi yang kenyal membuat makanan ini semakin lezat.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak nasi liwet?

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak nasi liwet sekitar 45 menit, termasuk waktu persiapan bahan-bahan.

Berapa porsi yang dihasilkan dari resep ini?

Resep ini dapat menghasilkan sekitar 4-6 porsi, tergantung pada porsi masing-masing.

Bisakah nasi liwet disimpan dalam freezer?

Bisa. Nasi liwet dapat disimpan dalam freezer selama 1-2 minggu. Sebelum dimasak kembali, nasi harus dicairkan terlebih dahulu dengan cara dipanaskan di atas kompor atau microwave.

Berapa lama nasi liwet bisa bertahan di kulkas?

Nasi liwet dapat bertahan di kulkas selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara.

Kesimpulan

Itulah cara bikin nasi liwet enak sederhana yang dapat kamu coba di rumah. Selain enak, nasi liwet juga mudah untuk dibuat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Nasi Liwet Enak Sederhana