Cara Bikin Nasi Kuning Sederhana dan Enak

Selamat datang Sobat Sederhana, di artikel kali ini kita akan membahas cara bikin nasi kuning sederhana dan enak. Nasi kuning adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat lezat dan biasanya disajikan di acara-acara istimewa seperti pernikahan, syukuran, atau acara perayaan lainnya. Namun, sebenarnya kita bisa membuat nasi kuning kapan saja di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1.
Beras 2 gelas
2.
Santan kental 1 sachet
3.
Air 4 gelas
4.
Kunyit 1 ruas jari
5.
Bawang merah 5 siung
6.
Bawang putih 3 siung
7.
Jahe 1 ruas jari
8.
Daun salam 2 lembar
9.
Lemongrass 1 batang (memarkan)
10.
Garam secukupnya

Dengan persiapan bahan-bahan yang matang, sekarang kita bisa memasak nasi kuning sederhana dan enak dengan mudah. Berikut adalah tahap-tahapnya:

Langkah-langkah membuat nasi kuning

1. Cuci beras hingga bersih

Langkah pertama dalam membuat nasi kuning adalah mencuci beras hingga bersih. Lakukan dengan cara mencuci beras dengan air hingga air benar-benar bersih. Kemudian tiriskan beras dan diamkan selama 15 menit.

2. Blender bumbu halus

Setelah beras ditiriskan, langkah kedua adalah mencampur bumbu halus. Blender Kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, dan air secukupnya menjadi satu hingga halus.

3. Tumis bumbu halus hingga harum

Setelah bumbu halus di-blender, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bumbu halus, daun salam dan sereh hingga harum dan matang.

4. Masukkan santan dan air

Setelah bumbu halus di tumbuk dan ditumis, perlahan masukkan santan dan air sambil terus diaduk hingga rata. Kemudian, masukkan beras yang sudah dicuci dan tambahkan garam secukupnya.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan untuk Sobat Sederhana

5. Masak nasi hingga matang

Setelah semua bahan dicampurkan, aduk-aduk hingga rata dan tutup panci. Masak nasi kuning dengan api kecil hingga matang dan berisi. Angkat dan siap disajikan!

FAQ

1. Bagaimana cara membuat nasi kuning agar warnanya lebih cerah?

Untuk mendapatkan warna kuning yang lebih cerah, kamu bisa menambahkan kunyit secukupnya atau menggunakan pewarna makanan. Selain itu, pastikan susunan bahan-bahan saat dimasukkan ke dalam panci benar-benar rapi agar warna nasi kuning terlihat merata.

2. Apakah nasi kuning bisa disimpan dalam freezer?

Ya, kamu bisa menyimpan nasi kuning dalam freezer selama maksimal 2-3 hari. Namun, pastikan nasi kuning sudah benar-benar dingin terlebih dahulu sebelum disimpan dalam wadah tertutup.

3. Apa yang bisa disajikan dengan nasi kuning?

Nasi kuning biasanya disajikan bersamaan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, sate ayam, telur dadar, atau tempe orek.

Kesimpulan

Semoga artikel tentang cara bikin nasi kuning sederhana dan enak ini bisa membantu Sobat Sederhana untuk memasak nasi kuning di rumah. Ingat, dengan bahan-bahan dan resep yang sederhana, kita bisa merasakan cita rasa nasi kuning yang sama enaknya seperti saat disajikan di acara-acara besar. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resep ini dengan teman-temanmu ya!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Nasi Kuning Sederhana dan Enak