Cara Bikin Mesin Pengering Kertas Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah mengalami masalah kertas yang basah dan sulit untuk dikeringkan? Atau mungkin kamu bekerja di sebuah toko kertas dan membutuhkan mesin pengering kertas tapi budget terbatas? Tenang saja, kali ini kita akan membahas cara bikin mesin pengering kertas sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah dan hemat biaya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan, antara lain:

Bahan
Alat
Kotak kayu ukuran 30x20x20 cm
Pisau
Lembaran aluminium foil
Pensil
Kawat jemuran
Obeng
Lampu pijar 100 watt
Isolasi tape
Kain katun tebal
Kabel listrik

Dengan mempersiapkan bahan dan alat dengan baik, proses pembuatan mesin pengering kertas akan menjadi lebih lancar dan efektif. Jangan lupa untuk mempersiapkan tempat kerja yang nyaman dan aman.

2. Membuat Lubang pada Kotak Kayu

Langkah pertama adalah membuat lubang pada kotak kayu untuk memasukkan lampu pijar. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tandai tepi kotak kayu dengan jarak 5 cm dari atas dan bawah.
  2. Gambar lingkaran dengan diameter 2,5 cm pada setiap titik yang sudah ditandai. Pastikan lingkaran yang digambar tidak terlalu besar atau kecil.
  3. Gunting lubang pada lingkaran dengan menggunakan pisau. Jangan sampai melukai jari atau menyebabkan kerusakan pada kotak kayu.
  4. Lakukan hal yang sama pada sisi lain kotak kayu.

Dengan membuat lubang pada kotak kayu, lampu pijar akan bisa dipasang dengan mudah dan aman. Pastikan lubang yang dibuat sesuai dengan ukuran lampu yang akan dipasang.

3. Membungkus Kotak Kayu dengan Aluminium Foil

Setelah membuat lubang pada kotak kayu, langkah selanjutnya adalah membungkus kotak kayu dengan aluminium foil. Hal ini bertujuan untuk memantulkan sinar lampu sehingga kertas yang akan dikeringkan dapat lebih cepat kering. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Lipat aluminium foil menjadi dua lapis.
  2. Rapikan aluminium foil dan bungkus kotak kayu secara rapat dan rapi. Pastikan tidak ada celah yang lebar di antara lapisan foil.
  3. Gunakan isolasi tape untuk menempelkan aluminium foil pada kotak kayu dengan kuat.
TRENDING 🔥  Cara Menghias Kamar dengan Alat dan Bahan yang Sederhana

Dengan membungkus kotak kayu dengan aluminium foil, mesin pengering kertas akan menjadi lebih efektif dan efisien dalam mengeringkan kertas basah. Pastikan aluminium foil yang digunakan benar-benar rapat dan rapi.

4. Memasang Lampu Pijar

Setelah membungkus kotak kayu dengan aluminium foil, langkah selanjutnya adalah memasang lampu pijar. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan lampu pijar ke dalam lubang yang sudah dibuat pada kotak kayu.
  2. Kencangkan kawat jemuran pada sudut kotak kayu, sehingga lampu pijar akan tetap berada pada posisinya yang benar.
  3. Sambungkan kabel listrik ke lampu pijar. Pastikan kabel sudah terpasang dengan kuat dan aman.

Dengan memasang lampu pijar, mesin pengering kertas sudah hampir selesai dibuat. Pastikan lampu yang dipilih memiliki daya yang cukup untuk mengeringkan kertas dengan cepat.

5. Memasang Kain Katun Tebal

Langkah terakhir adalah memasang kain katun tebal pada bagian atas kotak kayu. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan suhu pada mesin pengering kertas dan mencegah kertas terkena langsung sinar lampu. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan kain katun tebal pada bagian atas kotak kayu.
  2. Rapikan kain dan ikat dengan kawat jemuran di setiap sudut kotak kayu.

Dengan memasang kain katun tebal, mesin pengering kertas akan lebih efektif dan aman dalam mengeringkan kertas. Pastikan kain yang dipilih benar-benar tebal dan tidak mudah terbakar.

FAQ Mesin Pengering Kertas Sederhana

1. Apakah mesin pengering kertas sederhana ini aman digunakan di rumah?

Ya, mesin pengering kertas sederhana ini aman digunakan di rumah asalkan penggunaannya dilakukan dengan benar dan hati-hati. Pastikan kabel listrik dan kain katun tebal tidak terkena sinar lampu yang berlebihan.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan kertas dengan mesin pengering kertas sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan kertas dengan mesin pengering kertas sederhana bervariasi tergantung pada ketebalan dan jumlah kertas yang akan dikeringkan. Namun, secara umum kertas dapat dikeringkan dalam waktu 1-3 jam.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Pengukur pH Air Sederhana untuk Kolam Lele

3. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lampu pijar untuk mesin pengering kertas sederhana?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lampu pijar untuk mesin pengering kertas sederhana, antara lain daya lampu yang cukup, tipe lampu pijar yang aman dan tahan lama, serta harga yang terjangkau.

4. Bagaimana cara merawat dan membersihkan mesin pengering kertas sederhana?

Untuk merawat dan membersihkan mesin pengering kertas sederhana, pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel pada lampu pijar atau kain katun tebal. Gunakan kain lembut atau kuas untuk membersihkan secara berkala dan hindari menggunakan air agar tidak merusak komponen mesin.

5. Apakah mesin pengering kertas sederhana ini bisa digunakan untuk mengeringkan bahan selain kertas?

Ya, mesin pengering kertas sederhana ini dapat digunakan untuk mengeringkan bahan selain kertas asalkan bahan tersebut tidak mudah terbakar dan ukurannya tidak terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam kotak kayu.

Sekian tutorial cara bikin mesin pengering kertas sederhana dari kami. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Mesin Pengering Kertas Sederhana