Cara Bikin Martabak Mesir Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan martabak? Kudapan ini memang sangat populer di Indonesia dan kerap dijadikan sebagai makanan ringan atau sarapan. Namun, tahukah kamu bahwa ada jenis martabak yang berasal dari Mesir? Martabak Mesir biasanya terdiri dari adonan tipis yang diisi dengan beberapa bahan makanan. Meski terlihat sulit, ternyata kamu bisa membuat martabak Mesir yang sederhana di rumah. Simak langkah-langkahnya berikut!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat martabak Mesir, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut beberapa bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
400 gram
Garam
1 sendok teh
Minyak zaitun
2 sendok makan
Air dingin
300 ml
Telur ayam
2 butir
Keju parut
100 gram
Sosis
50 gram

Setelah semua bahan tersedia, kamu sudah siap untuk membuat martabak Mesir sederhana di rumah.

Langkah-langkah Membuat Martabak Mesir Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah mudah dalam membuat martabak Mesir yang sederhana:

Langkah 1: Membuat Adonan

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, garam, dan minyak zaitun di dalam mangkuk. Aduk rata dan tambahkan air dingin sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Setelah tercampur dengan baik, masukkan telur ayam ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata. Biarkan adonan selama 30 menit agar adonan menjadi lebih elastis.

Langkah 2: Memasak Isian

Selanjutnya, potong sosis menjadi kecil-kecil dan tumis dengan sedikit minyak. Setelah sosis matang, tambahkan keju parut kedalamnya dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Langkah 3: Membuat Martabak Mesir Sederhana

Panaskan wajan anti lengket dengan sedikit minyak di atas api sedang. Tuangkan adonan dalam wajan dan ratakan hingga membentuk lingkaran. Setelah adonan mulai mengering, letakkan isian sosis dan keju diatasnya. Lipat adonan menjadi setengah dan tekan dengan spatula agar isian menyatu dengan adonan. Setelah matang, angkat martabak dan potong-potong sesuai dengan selera. Martabak Mesir siap disajikan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sandwich Sederhana dari Roti Tawar

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bolehkah saya menggunakan bahan isian yang lain?

Tentu saja! Kamu bisa mencoba menggunakan bahan isian seperti ayam suwir, daging sapi, atau sayuran sesuai dengan selera kamu.

2. Berapa lama martabak Mesir dapat disimpan?

Kamu bisa menyimpan martabak Mesir di dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, pastikan kamu memanaskannya terlebih dahulu sebelum disantap.

3. Apakah saya bisa menggunakan wajan biasa untuk memasak martabak Mesir?

Tentu saja bisa. Namun, pastikan kamu menggunakan wajan anti lengket agar adonan tidak menempel pada wajan.

4. Bagaimana cara membuat adonan yang lebih tipis?

Untuk membuat adonan yang lebih tipis, kamu bisa menambahkan air dingin sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi lebih cair.

5. Apakah saya bisa menggunakan minyak goreng biasa untuk memasak martabak Mesir?

Kamu bisa menggunakan minyak goreng biasa. Namun, minyak zaitun lebih sehat dan memberikan rasa yang lebih enak pada martabak Mesir.

Penutup

Itulah tadi cara mudah dalam membuat martabak Mesir yang sederhana. Kamu bisa mencoba membuatnya di rumah dan menikmatinya bersama keluarga atau teman-teman. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Martabak Mesir Sederhana