Cara Bikin Kue Pukis Sederhana: Tips dan Trik dari Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan kue? Salah satu kue yang cukup populer di Indonesia adalah kue pukis. Kue yang terbuat dari adonan tepung, telur, gula, dan santan ini memiliki rasa yang manis dan lembut di dalamnya. Tidak hanya enak untuk dinikmati, membuat kue pukis juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, beberapa orang mungkin merasa kesulitan saat membuat kue pukis. Jangan khawatir, karena di artikel ini, Sobat Sederhana akan mendapatkan tips dan trik cara bikin kue pukis sederhana yang mudah diikuti. Selamat membaca!

Persiapan dan Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue pukis, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan-bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Tepung kanji
50 gram
Gula pasir
150 gram
Vanili bubuk
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Telur
2 butir
Santan
250 ml
Air
50 ml

Jika bahan-bahan sudah disiapkan, selanjutnya adalah mempersiapkan alat-alat dan wadah yang diperlukan. Sobat Sederhana akan membutuhkan alat-alat seperti loyang pukis, kompor gas, dan spatula untuk mengaduk adonan. Pastikan juga semua peralatan sudah bersih supaya tidak mempengaruhi hasil kue pukis yang akan dibuat. Selanjutnya, mari kita masuk ke tahap cara bikin kue pukis sederhana.

Tahap Membuat Adonan

1. Pertama, campurkan tepung terigu, tepung kanji, gula pasir, vanili bubuk, dan garam ke dalam wadah. Aduk rata semua bahan tersebut.

2. Selanjutnya, pecahkan telur ke dalam wadah yang berbeda dan kocok hingga berbusa.

3. Setelah itu, tuangkan santan ke dalam adonan yang sudah dicampurkan tadi sambil diaduk perlahan.

4. Aduk adonan hingga tercampur rata, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer.

TRENDING 🔥  Cara Mengecilkan Pori Pori Secara Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Setelah adonan tercampur rata, tambahkan kocokan telur ke dalam adonan tersebut dan aduk hingga rata.

Tahap Memanggang Kue Pukis

1. Oles loyang pukis dengan sedikit minyak supaya adonan tidak lengket.

2. Panaskan loyang pukis di atas kompor gas dengan api sedang.

3. Setelah loyang sudah cukup panas, tuangkan adonan ke dalam loyang hingga setengah bagian penuh saja.

4. Tutup loyang dengan penutupnya dan biarkan adonan matang selama 5-7 menit.

5. Setelah itu, angkat penutup dan balik kue pukis dengan menggunakan spatula.

6. Lakukan hal yang sama pada sisi lain kue hingga matang sempurna.

Pelengkap Kue Pukis Sederhana

Kue pukis sederhana sudah siap dinikmati. Sobat Sederhana bisa menambahkan pelengkap seperti gula halus di atas kue atau juga sirup gula merah supaya rasa kue pukis semakin nikmat. Selamat mencoba!

FAQ

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam membuat kue pukis?

Waktu yang dibutuhkan dalam membuat kue pukis tergantung dari jumlah adonan yang dibuat. Jika membuat kue pukis dengan adonan untuk 4-5 orang, waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 jam. Namun, jika membuat kue pukis dalam jumlah yang lebih banyak, maka waktu yang dibutuhkan akan lebih lama.

Apakah bisa membuat kue pukis tanpa menggunakan loyang pukis?

Secara teori, kue pukis bisa dibuat tanpa menggunakan loyang khusus. Namun, hasil yang didapatkan mungkin tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, disarankan menggunakan loyang pukis supaya hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Apakah santan bisa diganti dengan susu?

Boleh saja menggunakan susu sebagai pengganti santan. Namun, rasa kue pukis mungkin akan sedikit berbeda dengan yang menggunakan santan. Jadi, disarankan tetap menggunakan santan agar rasa kue pukis tetap autentik.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Alat Giling Kopi Sederhana

Cara Bikin Kue Pukis Sederhana: Kesimpulan

Sobat Sederhana, itulah tadi beberapa tips dan trik cara bikin kue pukis sederhana yang mudah diikuti. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara membuat yang sederhana, Sobat Sederhana bisa mempraktikkannya di rumah. Selain bisa dinikmati sendiri, kue pukis ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau dijual secara komersial. Jangan lupa untuk berbagi tips ini kepada teman-teman Sobat Sederhana yang lain. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Kue Pukis Sederhana: Tips dan Trik dari Sobat Sederhana