Cara Bikin Donat yang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara bikin donat yang sederhana. Donat adalah salah satu kue yang digemari banyak orang, terutama anak-anak. Namun, terkadang kita merasa kesulitan untuk membuatnya sendiri di rumah. Padahal, membuat donat sendiri di rumah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan hemat biaya. Berikut adalah cara membuat donat sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah.

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan donat, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat donat.

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
50 gram
Ragi instan
5 gram
Garam
2 gram
Putih telur
2 butir
Susu cair
100 ml
Margarin
50 gram
Minyak goreng
secukupnya

Dengan menyiapkan bahan-bahan tersebut, Sobat Sederhana sudah siap melangkah ke proses pembuatan donat.

Proses Pembuatan Donat

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan donat yang sederhana.

1. Campurkan Tepung Terigu, Gula, Ragi, dan Garam

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam dalam wadah yang besar. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

2. Tambahkan Putih Telur dan Susu

Kemudian, tambahkan putih telur dan susu cair ke dalam campuran tepung terigu tadi. Aduk hingga adonan tercampur rata dan kalis.

3. Tambahkan Margarin

Tambahkan margarin ke dalam adonan dan uleni hingga adonan kalis dan elastis. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.

4. Bentuk Adonan Donat

Setelah adonan didiamkan selama 30 menit, bagi adonan menjadi beberapa bagian. Giling adonan setiap bagian hingga setebal 1 cm. Gunakan cetakan donat untuk membentuk adonan menjadi bentuk donat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mesin Press Sablon Sederhana

5. Fermentasi Adonan Donat

Diamkan donat selama kurang lebih 15-20 menit untuk proses fermentasi. Jangan lupa untuk menutup donat dengan kain bersih agar tidak kering.

6. Goreng Donat

Setelah proses fermentasi selesai, panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng donat hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan donat dari minyak goreng.

FAQ

1. Apakah Donat yang Dibuat Sendiri di Rumah Aman untuk Dimakan?

Ya, donat yang dibuat sendiri di rumah aman untuk dimakan. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk dalam pembuatannya dan tidak menggunakan bahan yang kadaluarsa.

2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Donat Terasa Keras?

Jika adonan donat terasa keras, tambahkan sedikit susu cair atau air hangat ke dalam adonan dan uleni kembali hingga kalis dan elastis.

3. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Donat?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat donat kurang lebih 1,5 jam, tergantung pada pengalaman dan keahlian membuat donat.

4. Bisa Gak Donat Ini Dibikin Tanpa Cetakan Donat?

Bisa, namun hasilnya mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sobat Sederhana bisa menggunakan benda bulat seperti gelas atau botol dengan lubang tengah untuk membentuk adonan menjadi bentuk donat.

5. Apakah Donat Ini Cocok untuk Dijual?

Tentu saja, donat yang dibuat sendiri di rumah bisa menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan. Namun, pastikan memperhatikan kualitas dan kebersihan dalam pembuatannya.

Penutup

Demikianlah cara bikin donat yang sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah pembuatannya, Sobat Sederhana bisa menikmati donat yang lezat dan sehat tanpa harus membelinya di toko kue. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Buat Pie Susu Sederhana

Cara Bikin Donat yang Sederhana