Cara Bikin Bumbu Ayam Bakar Sederhana

Salam hangat untuk Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan ayam bakar? Tentunya hampir semua orang menyukainya, karena rasa ayam bakar yang gurih dan nikmat membuat lidah bergoyang. Namun, ada yang lebih nikmat dari itu, yaitu ayam bakar dengan bumbu yang sederhana dan mudah dibuat. Pada artikel ini, kami akan memberikan resep untuk membuat bumbu ayam bakar sederhana dan praktis. Yuk, simak!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Ayam
1 ekor
Jeruk nipis
2 buah
Bawang putih
5 siung
Bawang merah
5 buah
Lada hitam
1 sendok teh
Garam
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Langkah Pembuatan Bumbu Ayam Bakar Sederhana

1. Bersihkan Ayam

Pertama-tama, bersihkan ayam terlebih dahulu dengan air mengalir dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Kemudian, potong ayam menjadi beberapa bagian.

2. Haluskan Bahan-Bahan

Siapkan bawang putih, bawang merah, lada hitam, dan garam. Haluskan semua bahan hingga benar-benar halus. Jangan lupa untuk menambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit saat menghaluskannya agar lebih mudah diblender.

3. Campurkan Bumbu dengan Ayam

Tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan ke atas ayam yang telah dipotong-potong. Aduk hingga rata, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging ayam.

4. Panggang Ayam Bakar

Setelah bumbu meresap, panggang ayam bakar di atas panggangan dengan menggunakan arang atau oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 45 menit atau hingga matang sempurna. Jangan lupa untuk membalik ayam agar matang merata.

FAQ

1. Apakah Bumbu Ayam Bakar Sederhana Ini Cocok untuk Semua Jenis Ayam?

Ya, bumbu ayam bakar sederhana ini bisa digunakan untuk semua jenis ayam, baik ayam kampung ataupun ayam potong.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Salad Sayur Sederhana untuk Diet

2. Bagaimana Agar Ayam Bakar Tidak Gagal?

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan membuat ayam bakar. Agar ayam bakar tidak gagal, pastikan ayam sudah bersih dan bumbu telah meresap ke dalam daging ayam. Selain itu, jangan terlalu banyak membalik ayam saat dipanggang agar bumbu tetap menempel pada daging ayam.

3. Bolehkah Menggunakan Oven untuk Membakar Ayam Bakar?

Tentu saja boleh. Jika tidak memiliki panggangan arang, oven bisa digunakan sebagai pengganti.

Kesimpulan

Sekian artikel kali ini mengenai cara bikin bumbu ayam bakar sederhana. Semoga bermanfaat untuk Sobat Sederhana yang suka dengan ayam bakar. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah pembuatan bumbu ayam bakar sederhana yang sudah kami berikan. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Bumbu Ayam Bakar Sederhana