Cara Bikin Bak Mandi Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Mandi menggunakan bak mandi menjadi pilihan bagi banyak orang karena lebih hemat dan mudah dibersihkan. Namun, bikin bak mandi sederhana tidaklah sulit. Yuk, simak cara bikin bak mandi sederhana berikut ini!

Mengukur Ukuran Bak Mandi

Langkah pertama yang harus Sobat Sederhana lakukan adalah mengukur ukuran bak mandi yang ingin dibuat. Ukuran bak mandi yang umum digunakan adalah 80 cm x 120 cm. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa sentimeter untuk sambungan dan penguncian.

Setelah itu, siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu kayu, paku, dan obeng.

Setelah semua bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat rangka kerangka bak mandi. Anda bisa membuatnya sesuai ukuran yang telah diukur sebelumnya. Buatlah rangka dengan jarak antar tiang kurang lebih 30 cm.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa rangka yang sudah dibuat sejajar dan rata. Kencangkan setiap titik sambungan dengan paku agar rangka lebih kokoh.

Setelah itu, potong kayu untuk bagian alas bak mandi. Rekatkan kayu tersebut ke rangka dengan menggunakan paku yang dipasangkan secara merata.

Melapisi Bak Mandi

Setelah rangka bak mandi sudah dibuat, selanjutnya adalah melapisi bak mandi dengan bahan yang tepat. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pelapis bak mandi, seperti keramik, marmer, atau granit.

Pilihlah bahan yang sesuai dengan keinginan dan budget Sobat Sederhana. Pastikan juga bahan yang digunakan aman dan tahan air agar tidak cepat rusak.

Setelah bahan untuk pelapis bak mandi sudah dipilih, langkah berikutnya adalah memasangnya. Pastikan bahan terpasang dengan rapi dan tidak mudah lepas. Jangan lupa untuk mengoleskan lem khusus bahan yang digunakan agar lebih kuat menempel.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pembukuan Sederhana

Setelah pelapis bak mandi terpasang, biarkan mengering selama beberapa jam sebelum digunakan.

Membuat Saluran Air

Saluran air sangat penting untuk bak mandi. Tanpa saluran air, bak mandi akan cepat penuh air dan sulit dikuras. Ada beberapa jenis saluran air yang bisa dipilih, seperti saluran air model linear atau sederhana.

Pilihlah jenis saluran yang sesuai dengan keinginan Sobat Sederhana. Pastikan juga saluran air terpasang dengan baik dan tidak mudah rusak atau bocor.

Jangan lupa untuk membersihkan saluran air secara berkala agar tidak tersumbat dan mengganggu penggunaan bak mandi anda.

Melengkapi dengan Aksesori Bak Mandi

Agar penggunaan bak mandi lebih nyaman, sobat sederhana bisa melengkapi bak mandi dengan aksesori seperti shower, keran, atau jet spa.

Pilihlah aksesori yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Sobat Sederhana. Pastikan juga aksesori terpasang dengan baik dan aman digunakan.

Perawatan Bak Mandi

Setelah bikin bak mandi sederhana, perawatan bak mandi juga sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Bersihkan bak mandi secara rutin menggunakan sabun atau pembersih khusus bak mandi. Jangan lupa juga untuk menguras bak mandi setelah digunakan agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Gunakan produk pembersih yang aman dan sesuai dengan material pelapis bak mandi agar tidak merusaknya.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Berapa ukuran bak mandi yang ideal untuk kamar mandi kecil?

Ukuran bak mandi yang ideal untuk kamar mandi kecil adalah 70 cm x 120 cm. Dengan ukuran tersebut, bak mandi tidak akan memakan banyak tempat dan tetap nyaman digunakan.

2. Apa jenis saluran air yang paling bagus untuk bak mandi?

Saluran air model linear menjadi pilihan yang paling bagus untuk bak mandi. Selain tampilannya yang modern dan minimalis, saluran air ini juga cukup efisien dalam mengalirkan air.

TRENDING 🔥  Cara Paling Sederhana Mengembalikan Pukulan yang Keras yaitu dengan

3. Bagaimana cara membersihkan bak mandi yang terbuat dari kayu?

Untuk membersihkan bak mandi yang terbuat dari kayu, gunakan sikat lembut dan campuran air sabun yang lembut. Setelah itu, bilas dan lap menggunakan kain lembut. Jangan gunakan pembersih yang keras agar tidak merusak kayu.

4. Apakah ada cara menghilangkan noda karat pada pelapis bak mandi?

Untuk menghilangkan noda karat pada pelapis bak mandi, gunakan penghilang karat atau cuka. Oleskan pada noda dan biarkan beberapa saat, kemudian gosok dengan sikat lembut dan bilas menggunakan air bersih.

5. Apakah ada cara menjaga kebersihan saluran air bak mandi?

Untuk menjaga kebersihan saluran air bak mandi, gunakan larutan baking soda dan air hangat. Siramkan larutan tersebut ke saluran air dan biarkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

Conclusion

Selesai sudah artikel mengenai cara bikin bak mandi sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa membuat bak mandi sendiri dengan mudah dan hemat biaya. Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan bak mandi agar tetap nyaman digunakan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Bak Mandi Sederhana