Cara Berkerudung Sederhana Saat Wisuda

Sobat Sederhana, saat tiba masa wisuda pasti semua anak muda merasa senang dan gembira. Namun, di balik kebahagiaan tersebut pasti kamu juga merasa sedikit khawatir bagaimana tampil cantik dan sopan saat mengenakan toga. Nah, kali ini kita akan membahas cara berkerudung sederhana saat wisuda agar kamu tetap tampil anggun dan elegan di hari spesialmu.

1. Pilih Bahan yang Tepat

Bahan kerudung yang dipilih menjadi hal yang penting karena akan sangat mempengaruhi rapi atau tidaknya hasil akhirnya. Bahan yang baik untuk kerudung saat wisuda adalah bahan yang ringan, tidak licin dan mudah dipakai. Bahan seperti voal atau katun bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, pastikan juga kerudungmu tidak tipis dan tidak terlalu tebal agar terlihat rapi dan bisa menutupi rambut dan dada dengan baik.

2. Cuci dan Setrika Kerudung

Meskipun baru dibeli, kerudung tetap harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan. Pastikan kamu menggunakan sabun yang lembut dan jangan mencampurnya dengan pakaian yang lain agar tidak mudah rusak.

Jangan lupa juga untuk menyetrika kerudung sebelum digunakan. Kerudung yang rapi akan membuat penampilanmu semakin anggun dan cantik.

3. Pakai Jilbab Pashmina

Untuk kamu yang belum terlalu mahir dalam berkerudung, jilbab pashmina bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain praktis, model kerudung yang satu ini juga terlihat sederhana dan elegan.

Cara memakai jilbab pashmina cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti step by step yang ada di tutorial yang banyak tersedia di internet. Pilih warna yang senada dengan kebaya atau baju wisudamu agar terlihat match.

4. Gunakan Inner

Jika kerudung yang kamu pilih sedikit transparan, sebaiknya kamu menggunakan inner sebagai pelengkapnya. Inner akan membantu menutupi rambutmu dan membuatmu terlihat lebih rapi.

Pilih inner yang nyaman dan warnanya senada dengan kerudungmu. Selain itu, pastikan juga bentuknya tidak terlalu besar atau kecil untuk menjaga keseimbangan dengan kerudung yang akan dipakai.

5. Pilih Model yang Sederhana

Saat memilih model kerudung, pastikan kamu memilih yang sederhana dan mudah dipakai. Hindari model yang terlalu rumit dan memakan waktu lama saat dipakai agar tidak membuatmu terlambat saat proses acara wisuda berlangsung.

TRENDING 🔥  Cara Membuat LED Cube Sederhana

Model kerudung yang simple cenderung terlihat lebih elegan dan memberikan kesan yang lebih santun dan sopan.

6. Hindari Aksesoris yang Berlebihan

Kamu ingin terlihat cantik dan elegan saat mengenakan kerudung wisuda bukan? Namun, hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan. Selain membuatmu terlihat kurang sopan, aksesoris yang berlebihan juga membuatmu terlihat tidak natural.

Pilih aksesoris yang simple seperti anting atau kalung yang ringan agar tidak memberikan efek yang berlebihan pada penampilanmu.

7. Pastikan Rambutmu Rapi

Agar tampilan terlihat lebih menyatu, pastikan rambutmu dalam keadaan rapi saat kamu memakai kerudung. Rambut yang terurai akan membuatmu terlihat kurang rapi dan kurang serasi dengan kerudung yang kamu kenakan.

Jika kamu memiliki rambut yang panjang, jangan lupa untuk mengikatnya terlebih dahulu agar tidak mengganggu proses pemakaian kerudungmu.

8. Ikuti Tutorial Berkerudung

Jika kamu belum terlalu mahir dalam berkerudung, jangan khawatir. Kamu bisa mencari tutorial berkerudung di internet untuk membantumu dalam memilih dan memakai kerudung yang tepat.

Dengan mengikuti tutorial, kamu bisa mendapatkan tips dan trik dalam memakai kerudung yang benar dan cantik sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu.

9. Pilih Warna yang Cocok

Warna kerudung yang kamu pilih juga sangat mempengaruhi kesan yang ingin kamu tampilkan. Pilih warna yang cocok dengan warna kulitmu, baju wisudamu, atau tema acara wisuda yang akan diadakan.

Warna yang terang seperti pink atau biru bisa menjadi pilihan jika kamu ingin tampil lebih ceria. Namun jika kamu ingin tampil lebih serius, warna netral seperti abu-abu atau hitam bisa menjadi pilihan yang tepat.

10. Pastikan Tidak Terlalu Ketat atau Longgar

Pastikan kerudung yang kamu pakai tidak terlalu ketat atau longgar. Kerudung yang terlalu ketat akan membuatmu merasa tidak nyaman dan kesulitan bernafas, sedangkan kerudung yang terlalu longgar akan membuatmu terlihat tidak rapi dan kurang anggun.

Ukur kepala dengan benar dan sesuaikan dengan ukuran kerudung yang kamu beli agar pas dan nyaman saat digunakan.

11. Pakai Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Jika kamu memakai kacamata, pastikan bentuk kacamata yang kamu pilih sesuai dengan bentuk wajahmu. Kacamata yang pas akan membuat penampilanmu semakin cantik dan menawan.

TRENDING 🔥  Cara Masak Mie Aceh Sederhana

Pilih kacamata yang tidak terlalu besar atau berlebihan agar tidak membuatmu terlihat aneh saat mengenakannya bersama kerudung wisudamu.

12. Hindari Bahan Kerudung yang Panas

Saat memilih bahan kerudung, hindari bahan yang terlalu panas seperti bahan wol atau pashmina tebal. Bahan yang terlalu panas akan membuatmu merasa tidak nyaman dan berkeringat selama proses acara wisuda berlangsung.

Pilih bahan yang ringan dan menyerap keringat agar kamu tetap merasa nyaman sepanjang acara berlangsung.

13. Hindari Model Kerudung yang Terlalu Padat

Kerudung yang terlalu padat akan membuatmu terlihat kaku dan kurang fleksibel saat bergerak. Hindari model yang terlalu banyak lipatan atau terlalu banyak aksen untuk menjaga kesan yang elegan dan sopan.

Model kerudung yang simpel cenderung lebih mudah dipakai dan juga menghemat waktu dalam memakai.

14. Pilih Kerudung yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Bentuk wajah juga sangat mempengaruhi pilihan model kerudung yang bisa dipakai. Pilih model kerudung yang bisa menonjolkan kelebihan wajahmu dan membuatmu lebih percaya diri.

Misalnya, jika kamu memiliki wajah bulat, kamu bisa memilih model kerudung yang memanjang atau memilih model kerudung yang lebih lebar jika memiliki wajah lonjong.

15. Pakai Kerudung dengan Motif Sederhana

Pilih motif kerudung yang sederhana dan mudah dipadupadankan dengan busana wisudamu. Hindari motif yang terlalu ramai atau berlebihan agar tidak membuatmu terlihat tidak serasi dengan baju wisudamu.

Motif abstrak atau polos bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tampilan yang lebih simpel dan elegan.

16. Gunakan Jarum Pentul yang Tepat

Jarum pentul menjadi pelengkap penting dalam pemakaian kerudung. Pastikan kamu menggunakan jarum pentul yang tepat dan tidak mudah lepas agar kerudungmu tetap terlihat rapi sepanjang acara wisuda berlangsung.

Pilih jarum pentul yang berwarna sama seperti kerudungmu untuk memberikan kesan yang lebih natural pada penampilanmu.

17. Lakukan Percobaan Sebelum Hari-H

Sebaiknya kamu mencoba memakai kerudung sebelum hari wisuda tiba agar kamu sudah terbiasa dengan pemakaiannya. Lakukan beberapa kali percobaan agar kamu tahu model kerudung apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tampilanmu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Menggunakan Batu Batre Bekas

Jika merasa kesulitan kamu juga bisa mengikuti tutorial berkerudung atau meminta bantuan teman yang sudah mahir dalam berkerudung.

18. Hindari Menggunakan Kerudung yang Terlalu Panjang

Kerudung yang terlalu panjang akan membuatmu terlihat kurang rapi dan kurang sopan. Pastikan kamu memilih kerudung yang tepat dan tidak terlalu panjang agar mudah dipakai dan membuatmu tetap terlihat cantik dan anggun.

Ukur panjang kerudungmu dengan benar agar tidak terlalu panjang atau terlalu pendek saat dipakai.

19. Pastikan Tidak Ada Rambut yang Keluar

Pastikan rambutmu dalam keadaan rapi dan tidak ada yang keluar saat kamu memakai kerudung wisuda. Rambut yang keluar akan membuatmu terlihat tidak rapi dan dapat mengganggu proses acara wisuda yang sedang berlangsung.

Pastikan kamu sudah mengikat rambutmu dengan benar dan tidak terlalu kencang agar tidak membuat kesulitan saat membuka kerudungmu setelah acara wisuda selesai.

20. Tampil Percaya Diri dan Menawan

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah tampil dengan percaya diri dan menawan. Buatlah senyummu menghiasi wajahmu saat memakai kerudung wisuda, agar kamu terlihat lebih cantik dan anggun.

Ingat, acara wisuda adalah hari spesialmu, jadi nikmatilah momen tersebut dan jangan lupa untuk terus bersyukur. Selamat wisuda Sobat Sederhana, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin tampil cantik dan sopan saat memakai kerudung saat wisuda.

FAQ

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Apakah kerudung pashmina bisa dipakai saat wisuda?
Bisa, kerudung pashmina adalah salah satu model kerudung yang praktis dan mudah dipakai. Kamu bisa memilih warna yang senada dengan baju wisudamu.
2
Bagaimana cara memilih motif kerudung yang tepat?
Pilih motif yang sederhana dan tidak terlalu ramai agar mudah dipadupadankan dengan busana wisudamu. Motif abstrak atau polos bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tampilan yang simpel dan elegan.
3
Apakah harus pakai inner saat memakai kerudung?
Inner sebaiknya digunakan jika kerudung yang dipilih sedikit transparan. Inner akan membantu menutupi rambutmu dan membuatmu terlihat lebih rapi.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Berkerudung Sederhana Saat Wisuda