Bahan dan Cara Membuat Selai Kacang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat selai kacang yang sederhana dan lezat. Selain enak, selai kacang juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan selai kacang yang mudah dan praktis.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan selai kacang, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan-bahan
Jumlah
Kacang tanah
250 gram
Gula pasir
100 gram
Garam
1/4 sendok teh
Minyak goreng
2 sendok makan

Dengan bahan-bahan tersebut, Sobat Sederhana sudah siap untuk membuat selai kacang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Membuat Selai Kacang Sederhana

1. Sangrai Kacang Tanah

Langkah pertama yang harus Sobat Sederhana lakukan adalah menyangrai kacang tanah. Caranya sangat mudah, cukup panaskan wajan dan tumis kacang tanah hingga harum dan berubah warna menjadi kecoklatan.

2. Haluskan Kacang Tanah

Setelah kacang tanah disangrai, haluskan dengan menggunakan blender atau food processor hingga menjadi bubuk kasar.

3. Campurkan Bahan Lainnya

Campurkan gula pasir, garam, dan minyak goreng ke dalam adonan kacang tanah yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

4. Panggang Adonan Selai Kacang

Panggang adonan selai kacang di atas api kecil sambil terus diaduk hingga matang dan mengental. Pastikan agar tidak ada bagian adonan yang gosong atau terlalu matang. Jika sudah matang, angkat dari api dan biarkan selai kacang dingin.

5. Selai Kacang Siap Dihidangkan

Setelah selai kacang dingin, masukkan ke dalam wadah dan simpan di lemari es. Selai kacang siap disajikan sebagai pelengkap roti atau kue kesukaan Sobat Sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kulit Ayam Crispy Sederhana

FAQ

1. Kenapa Harus Menyangrai Kacang Tanah?

Sangrai kacang tanah bertujuan untuk meningkatkan cita rasa kacang tanah dan menghilangkan kelembapan pada kacang. Kacang yang sudah disangrai juga lebih mudah dihaluskan dan menghasilkan selai kacang yang lebih lezat.

2. Apakah Bisa Menggunakan Kacang Tanah yang Sudah Dikupas?

Tentu saja bisa, menggunakan kacang tanah yang sudah dikupas akan mempercepat proses pembuatan selai kacang. Namun, kacang tanah yang masih berkulit akan memberikan rasa yang lebih khas pada selai kacang.

3. Bisakah Mengganti Gula Pasir dengan Gula Kelapa?

Bisa, Sobat Sederhana bisa menggunakan gula kelapa sebagai pengganti gula pasir. Namun, perlu diingat bahwa gula kelapa memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan gula pasir sehingga perlu disesuaikan dengan selera.

Penutup

Itulah cara membuat selai kacang sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selai kacang ini cocok disajikan sebagai pelengkap roti atau kue kesukaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Bahan dan Cara Membuat Selai Kacang Sederhana