Bagaimana Cara Membuat Termometer Secara Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat termometer secara sederhana. Seperti yang kita tahu, termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu dalam suatu benda atau ruangan. Alat ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bidang kesehatan dan teknik.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai pembuatan termometer sederhana ini, kita perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
Tabung kaca
Alkohol atau air raksa
Termometer beli
Lem tembak
Marker
Thermometer strip
Stopwatch
Minyak goreng

Jika semua alat dan bahan sudah disiapkan, kita bisa mulai membuat termometer sederhana kita.

Langkah-Langkah Pembuatan

Langkah 1: Menyiapkan Tabung Kaca

Pertama, kita perlu menyiapkan tabung kaca yang akan kita gunakan sebagai badan termometer. Pastikan tabung kaca sudah bersih dan kering sebelum digunakan.

Langkah 2: Memasukkan Alkohol atau Air Raksa ke dalam Tabung Kaca

Kedua, masukkan alkohol atau air raksa ke dalam tabung kaca. Pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sebaiknya, kita mengikuti petunjuk yang ada pada thermometer strip untuk mengukur jumlah yang tepat.

Langkah 3: Melarutkan Thermometer Strip pada Lem Tembak

Ketiga, kita perlu melarutkan thermometer strip pada lemak tembak. Pastikan lem tembak sudah mencair sebelum digunakan. Setelah thermometer strip menempel pada lem tembak, tempelkan strip pada sisi dalam tabung kaca.

Langkah 4: Melampirkan Marker pada Tabung Kaca

Keempat, melampirkan marker pada tabung kaca untuk menunjukkan skala suhu pada termometer sederhana kita. Pastikan marker terpasang dengan baik dan tidak mudah lepas.

Langkah 5: Mengatur dan Mengukur Skala Suhu

Kelima, kita perlu mengatur dan mengukur skala suhu pada termometer sederhana kita. Caranya, tambahkan minyak goreng ke dalam tabung kaca dan aduk hingga tercampur merata. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit dan perhatikan pergerakan alkohol atau air raksa pada thermometer strip. Berdasarkan pergerakan tersebut, kita bisa menentukan skala suhu pada termometer sederhana kita.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Logo Sederhana di Photoshop

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika thermometer strip tidak melekat pada sisi dalam tabung kaca?

Jika hal itu terjadi, coba untuk melarutkan thermometer strip pada lem tembak dengan cara yang lebih baik. Pastikan lem tembak sudah benar-benar mencair dan suhu ruangan tidak terlalu dingin.

2. Apakah termometer sederhana ini bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia?

Tidak, termometer sederhana ini tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia. Alkohol atau air raksa yang terkandung di dalamnya bersifat berbahaya jika terkena kulit atau terhirup oleh manusia. Gunakan thermometer digital atau termometer khusus untuk mengukur suhu tubuh manusia.

3. Apakah saya bisa menggunakan air biasa sebagai pengganti alkohol atau air raksa?

Tidak, air biasa tidak bisa digunakan sebagai pengganti alkohol atau air raksa. Penggunaan air biasa akan membuat termometer sederhana tidak akurat dan tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu secara tepat.

4. Apa yang harus dilakukan jika marker pada termometer sederhana lepas?

Jika marker pada termometer sederhana lepas, coba untuk menempelkannya kembali dengan lem tembak. Pastikan lem tembak menempel dengan baik pada tabung kaca dan marker sudah terpasang dengan baik.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah tadi cara membuat termometer secara sederhana. Dengan alat yang mudah ditemukan dan bahan yang tidak sulit, kita bisa membuat termometer sederhana sendiri di rumah. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan jangan sampai terkena bahan-bahan yang berbahaya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Bagaimana Cara Membuat Termometer Secara Sederhana