Bagaimana Cara Membuat Alat Pemurnian Air Sederhana

Hallo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat alat pemurnian air sederhana yang dapat digunakan di rumah. Air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia untuk kehidupan sehari-hari, sayangnya tidak semua air yang tersedia di lingkungan sekitar kita sudah bersih dan layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, alat pemurnian air sederhana bisa menjadi solusi untuk mendapatkan air bersih dan sehat.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai pembuatan alat pemurnian air, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Nama Bahan
Jumlah Bahan
Botol Plastik
2 buah
Kerikil
2 gelas
Pasir Kasar
2 gelas
Pasir Halus
2 gelas
Arang Aktif
2 gelas
Perakitan
Sepatu

Jumlah bahan di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan, terutama untuk ukuran botol plastik yang akan digunakan.

Cara Membuat Alat Pemurnian Air Sederhana

Berikut langkah-langkah untuk membuat alat pemurnian air sederhana:

1. Siapkan Botol Plastik

Botol plastik yang akan digunakan sebaiknya berukuran besar agar lebih mudah dimanfaatkan. Pastikan juga botol tersebut bersih dan tidak ada sisa bahan kimia atau zat berbahaya lainnya.

2. Membuat Lapisan Pertama

Lapisan pertama pada alat pemurnian air sederhana adalah kerikil. Taruh kerikil dalam botol plastik hingga mencapai 1/3 bagian dari botol tersebut.

Kerikil berfungsi untuk menyaring partikel-partikel besar pada air, seperti daun atau sampah. Sehingga, air yang masuk ke dalam alat pemurnian sudah lebih bersih dan bebas dari partikel-partikel tersebut.

3. Membuat Lapisan Kedua

Setelah kerikil, letakkan pasir kasar pada botol plastik di atas kerikil hingga mencapai 1/3 bagian dari botol. Pasir kasar akan berfungsi untuk menyaring partikel-partikel kecil yang tidak tertahan di kerikil.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Keranjang Belanja Sederhana HTML

4. Membuat Lapisan Ketiga

Letakkan pasir halus pada botol plastik di atas pasir kasar hingga mencapai 1/3 bagian dari botol. Pasir halus yang lebih halus dari pasir kasar ini dapat menyaring partikel yang lebih kecil lagi.

5. Membuat Lapisan Keempat

Letakkan arang aktif pada botol plastik di atas pasir halus hingga mencapai 1/3 bagian dari botol. Arang aktif berfungsi untuk menyerap zat-zat berbahaya yang mungkin masih tersisa pada air.

6. Merakit Alat Pemurnian Air Sederhana

Setelah semua lapisan sudah siap, langkah selanjutnya adalah merakit alat pemurnian air sederhana. Caranya adalah dengan meletakkan botol plastik yang sudah diisi lapisan kerikil, pasir kasar, pasir halus, dan arang aktif pada botol plastik yang lain. Pastikan kedua botol tersebut saling menempel.

7. Mengisi Alat Pemurnian Air Dengan Air Yang Akan Diproses

Sudah siap merakit alat pemurnian air sederhana, langkah selanjutnya adalah mengisi alat tersebut dengan air yang akan diproses. Sebaiknya gunakan air dari sumber yang jernih dan bersih agar hasilnya lebih maksimal.

8. Tunggu Beberapa Saat Hingga Air Tersebut Tercukupi

Setelah mengisi air, diamkan beberapa saat hingga air tercukupi dan sudah bisa digunakan. Sebaiknya tunggu sekitar 10-30 menit agar hasilnya lebih maksimal.

9. Air Siap Digunakan

Setelah menunggu beberapa saat, alat pemurnian air sederhana sudah siap digunakan. Anda sudah dapat menggunakan air tersebut untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci, atau bahkan untuk memasak.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat alat pemurnian air sederhana?

Waktu yang diperlukan untuk membuat alat pemurnian air sederhana sekitar 30-60 menit tergantung dari jumlah dan ukuran botol plastik yang akan digunakan.

TRENDING 🔥  Cara membuat senter LED sederhana

2. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan?

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain botol plastik, kerikil, pasir kasar, pasir halus, arang aktif, dan perakitan seperti sepatu.

3. Darimana saya bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut?

Bahan-bahan tersebut bisa didapatkan di toko-toko bahan bangunan atau toko bahan kimia terdekat.

4. Berapa lama alat pemurnian air sederhana bisa digunakan?

Alat pemurnian air sederhana dapat digunakan selama beberapa bulan tergantung dari kualitas dan banyaknya air yang diproses dengan alat tersebut.

5. Bagaimana cara membersihkan alat pemurnian air sederhana?

Alat pemurnian air sederhana dapat dibersihkan dengan cara mengambil lapisan yang ada di dalamnya, lalu membersihkan tiap lapisan dengan air bersih. Setelah itu, masukkan kembali lapisan tersebut dan alat pemurnian air sudah siap untuk digunakan kembali.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Demikianlah artikel mengenai cara membuat alat pemurnian air sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi solusi bagi Sobat Sederhana yang kesulitan mendapatkan air bersih. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Alat Pemurnian Air Sederhana