Tutorial Cara Membuat Brosur Paling Sederhana Menggunakan Corel Draw X4

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat brosur paling sederhana menggunakan Corel Draw X4. Brosur adalah salah satu bentuk promosi yang sering digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk atau jasa mereka kepada calon konsumen. Brosur yang menarik akan membuat calon konsumen tertarik untuk membaca dan mencari tahu lebih lanjut tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk membuat brosur yang menarik dan informatif.

Langkah 1: Persiapan

Sebelum memulai membuat brosur, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar proses pembuatan berjalan lancar. Pertama, tentukan tujuan dari brosur yang akan dibuat. Apakah brosur tersebut digunakan untuk memperkenalkan produk baru, menawarkan promo, atau sekedar memberikan informasi terbaru tentang produk atau jasa perusahaan.

Kedua, tentukan target pasar dari brosur tersebut. Siapa yang menjadi target pasar perusahaan, apakah anak muda, remaja, atau dewasa. Dengan mengetahui target pasar, kita bisa menentukan desain dan bahasa yang tepat untuk brosur tersebut.

Ketiga, persiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat brosur, seperti gambar produk atau jasa, logo perusahaan, dan informasi produk atau jasa yang ingin disampaikan pada brosur.

Keempat, buka aplikasi Corel Draw X4 dan buat dokumen baru dengan ukuran 21cm x 29,7cm (A4). Selanjutnya, atur margin pada dokumen tersebut dengan ukuran 1cm untuk setiap sisinya.

Setelah persiapan dilakukan, kita sudah siap untuk memulai membuat brosur.

Langkah 2: Desain Brosur

Desain brosur adalah elemen utama yang akan menentukan apakah brosur tersebut menarik atau tidak. Berikut adalah beberapa tips dalam membuat desain brosur yang menarik:

TRENDING 🔥  Cara Desain Spanduk Sederhana

Tip 1: Gunakan Warna yang Menarik

Warna adalah salah satu elemen penting dalam desain brosur. Gunakan warna yang kontras dan menarik agar brosur terlihat lebih hidup. Pilih warna yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Misalnya, jika perusahaan menjual produk makanan, gunakan warna merah atau kuning yang bisa menarik perhatian calon konsumen.

Tip 2: Gunakan Font yang Jelas dan Mudah Dibaca

Font yang digunakan pada brosur haruslah jelas dan mudah dibaca. Pilih font yang tidak terlalu kecil dan jangan gunakan lebih dari dua jenis font pada brosur. Hindari juga menggunakan font yang terlalu dekoratif atau sulit dibaca.

Tip 3: Gunakan Gambar Produk atau Jasa yang Menarik

Gambar produk atau jasa adalah elemen penting dalam brosur. Gunakan gambar yang menarik dan berkualitas tinggi agar calon konsumen dapat melihat dengan jelas produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Jangan lupa untuk menambahkan caption atau deskripsi singkat pada gambar tersebut.

Tip 4: Buat Layout yang Simpel dan Mudah Dipahami

Layout brosur haruslah simpel dan mudah dipahami oleh calon konsumen. Jangan terlalu banyak memasukkan informasi pada brosur, cukup sampaikan informasi penting saja. Bagi informasi tersebut dalam beberapa bagian dan gunakan heading atau sub-heading untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi brosur.

Setelah mengikuti tips di atas, kita sudah bisa mulai membuat desain brosur yang menarik menggunakan Corel Draw X4.

Langkah 3: Membuat Desain Brosur menggunakan Corel Draw X4

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat desain brosur menggunakan Corel Draw X4:

Langkah 1: Buat Background Brosur

Pertama, buatlah background brosur menggunakan Rectangle Tool. Pilih warna yang sesuai dengan produk atau jasa yang ingin ditampilkan pada brosur.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sekat Sendiri dengan Bahan Sederhana untuk Pameran

Langkah 2: Tambahkan Gambar Produk

Tambahkan gambar produk atau jasa menggunakan Import Tool. Atur posisi dan ukuran gambar tersebut agar pas dengan layout brosur.

Langkah 3: Tambahkan Logo Perusahaan

Tambahkan logo perusahaan pada brosur. Letakkan logo pada posisi yang tepat agar mudah terlihat oleh calon konsumen.

Langkah 4: Tambahkan Heading dan Sub-Heading

Tambahkan heading dan sub-heading pada brosur. Gunakan font yang sesuai dan jelas dibaca. Atur posisi dan ukuran heading dan sub-heading agar mudah dipahami oleh calon konsumen.

Langkah 5: Tambahkan Informasi Produk atau Jasa

Tambahkan informasi produk atau jasa pada brosur. Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca. Bagi informasi tersebut dalam beberapa bagian dan gunakan heading atau sub-heading untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi brosur.

Langkah 6: Tambahkan Call to Action

Tambahkan call to action pada brosur. Buatlah tampilan yang menarik dan jelas agar calon konsumen tertarik untuk menghubungi perusahaan atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Setelah desain brosur selesai dibuat, simpan file tersebut dalam format PDF agar mudah dibagikan dan dicetak oleh perusahaan.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah Corel Draw X4 masih bisa digunakan untuk membuat brosur?
Ya, Corel Draw X4 masih bisa digunakan untuk membuat brosur. Meski sudah ada versi terbaru, Corel Draw X4 masih sering digunakan oleh banyak orang karena mudah digunakan dan tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi.
Bagaimana cara memilih warna yang sesuai untuk brosur?
Pilihlah warna yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Misalnya, jika perusahaan menjual produk makanan, gunakan warna merah atau kuning yang bisa menarik perhatian calon konsumen. Hindari juga warna yang terlalu gelap atau terlalu cerah.
Bagaimana cara membuat layout yang simpel dan mudah dipahami?
Bagi informasi pada brosur dalam beberapa bagian dan gunakan heading atau sub-heading untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi brosur. Hindari terlalu banyak memasukkan informasi pada brosur, cukup sampaikan informasi penting saja.
TRENDING 🔥  Cara Merakit Mixer Mini Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Tutorial Cara Membuat Brosur Paling Sederhana Menggunakan Corel Draw X4