Teknik Membuat Periskop Sederhana – Sobat Sederhana

Teknik Membuat Periskop Sederhana – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat periskop sederhana yang dapat dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Periskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat objek dari jarak jauh. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari cara membuat periskop sederhana menggunakan bahan seperti karton dan cermin.

Persiapan Membuat Periskop

Persiapan adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang baik dalam membuat periskop sederhana. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Sobat Sederhana lakukan sebelum memulai proses pembuatan periskop:

  1. Persiapkan bahan-bahan yang akan digunakan, seperti kardus atau bahan serupa, gunting, lem, kertas aluminium atau foil aluminium, dua cermin datar dengan ukuran yang sama dan benang jahit.
  2. Buatlah sketsa atau gambar periskop pada kardus. Pastikan bahwa ukuran lubang di kedua ujung periskop sama dengan ukuran cermin.
  3. Guntinglah kardus sesuai dengan sketsa atau gambar yang telah dibuat. Pastikan bahwa kedua bagian kardus yang akan digunakan untuk membuat periskop memiliki ukuran yang sama.

Membentuk Periskop

Setelah persiapan selesai, Sobat Sederhana dapat melanjutkan proses pembuatan periskop dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pemasangan Kertas Aluminium

Kemudian, lipatlah kertas aluminium atau foil aluminium menjadi dua dan tempelkan pada kardus yang sudah dipotong sesuai dengan sketsa. Bahan ini akan digunakan untuk memantulkan cahaya pada cermin, sehingga objek yang dilihat bisa terlihat jelas.

Sobat Sederhana dapat menggunakan lem atau perekat kertas untuk menempelkan kertas aluminium pada kardus. Pastikan bahwa kertas aluminium menempel sempurna, tanpa ada kerutan atau lipatan yang terbentuk, sehingga permukaannya rata dan bersih.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Pecahan Campuran Persen

2. Memasang Cermin

Jika kertas aluminium sudah dipasang, Sobat Sederhana dapat memasang cermin pada ujung bagian atas kardus yang telah dipotong. Pastikan bahwa cermin ditempatkan dengan posisi yang tepat dan ukurannya sesuai dengan lubang yang sudah dibuat pada kardus.

Setelah itu, gunakan benang jahit untuk mengikat cermin dan kardus secara rapat dan erat. Hal ini bertujuan untuk menghindari cermin bergeser atau lepas dari posisi semula saat periskop digunakan. Ulangi proses yang sama pada ujung bagian bawah kardus.

3. Menyelesaikan Periskop

Setelah kedua cermin terpasang pada kardus, Sobat Sederhana dapat menguji periskop dengan melihat objek dari kejauhan melalui lubang di bagian atas kardus. Pastikan bahwa cermin menghasilkan pantulan yang jelas dan objek yang dilihat terlihat jelas melalui lubang di bagian bawah kardus.

Jika periskop sudah selesai dibuat, Sobat Sederhana dapat menambahkan sentuhan personal melalui dekorasi seperti warna-warna atau stiker untuk membuat periskop lebih menarik untuk dipakai.

FAQ

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Mengapa periskop dianggap penting dalam bidang astronomi?
Periskop memungkinkan pengamat melihat objek dari jarak jauh tanpa harus berada di dekat objek itu sendiri. Hal ini membuat periskop menjadi alat yang sangat berguna dalam bidang astronomi untuk melihat benda-benda langit seperti planet atau bintang.
2
Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat periskop?
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat periskop sederhana adalah kardus atau bahan serupa, gunting, lem, kertas aluminium atau foil aluminium, dua cermin datar dengan ukuran yang sama dan benang jahit.
3
Seberapa jauh jarak pandang yang dapat dilihat melalui periskop?
Jarak pandang yang dapat dilihat melalui periskop tergantung pada kualitas dan ukuran cermin. Namun, dalam periskop sederhana seperti yang kita buat, jarak pandang yang bisa dilihat biasanya tidak terlalu jauh.
TRENDING 🔥  Cara Buat Kulit Lumpia Basah Sederhana

Itulah cara membuat periskop sederhana yang bisa Sobat Sederhana praktikkan di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, Sobat Sederhana bisa membuat periskop sendiri dan memperluas pandangan mata dengan melihat objek dari jarak jauh. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Teknik Membuat Periskop Sederhana – Sobat Sederhana