Tata Cara Lamaran yang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu sedang mencari pekerjaan namun bingung dengan tata cara melamar yang benar? Jangan khawatir, dalam artikel ini akan dibahas mengenai tata cara lamaran yang sederhana agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu dengan mudah.

1. Buat Daftar Perusahaan yang Diinginkan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar perusahaan yang ingin kamu lamar. Carilah informasi mengenai perusahaan tersebut seperti jenis pekerjaan yang tersedia, kualifikasi yang dibutuhkan, lokasi, dan lain sebagainya.

Setelah itu, pilih beberapa perusahaan yang sesuai dengan kriteria kamu dan jangan lupa untuk mencari tahu alamat email atau nomor telepon yang bisa dihubungi untuk mengirimkan lamaran.

Contoh:

Nama Perusahaan
Alamat Email
Nomor Telepon
Lokasi
PT ABC
recruitment@ptabc.com
021-123456
Jakarta
PT XYZ
hrd@ptxyz.com
022- 987654
Bandung

2. Siapkan CV dan Lamaran Kerja

Cara membuat CV yang baik dan benar sangat penting untuk menarik perhatian perusahaan. Pastikan kamu menyertakan informasi yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar seperti pengalaman kerja, pendidikan, dan keahlian.

Jangan lupa untuk menyertakan foto terbaru dan pastikan penempatannya rapi dan profesional. Selain itu, buat surat lamaran kerja yang singkat namun mencantumkan alasan mengapa kamu cocok untuk posisi yang dilamar.

FAQ:

Q: Apakah perlu menyertakan sertifikat pendukung dalam lamaran kerja?
A: Tidak selalu, namun jika sertifikat tersebut relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, maka disarankan untuk menyertakannya.
Q: Apakah harus menggunakan bahasa formal dalam surat lamaran kerja?
A: Ya, gunakan bahasa formal namun jangan terlalu kaku sehingga terlihat natural.

3. Kirim Lamaran Melalui Email atau Pos

Setelah CV dan surat lamaran kerja sudah siap, kirimkan ke alamat email atau pos yang tertera pada website perusahaan atau iklan lowongan pekerjaan. Pastikan kamu mencantumkan subjek email atau judul surat lamaran yang menarik perhatian.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pancake Sederhana Tanpa Baking Powder

Tunggu beberapa hari atau satu minggu untuk mendapatkan tanggapan dari perusahaan. Jika tidak mendapatkan tanggapan, kamu bisa mengirimkan email atau telepon langsung ke perusahaan untuk menanyakan status lamaranmu.

4. Persiapkan Diri untuk Interview

Jika kamu diterima untuk tahap berikutnya, yaitu wawancara, persiapkan diri dengan baik. Baca informasi mengenai perusahaan dan posisi yang kamu lamar, bahasa tubuh, dan pertanyaan umum yang biasanya diajukan dalam wawancara.

FAQ:

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tanggapan dari perusahaan setelah mengirimkan lamaran?
A: Waktu yang dibutuhkan bervariasi tergantung dari jumlah lamaran yang diterima dan proses seleksi perusahaan. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah satu minggu hingga satu bulan.
Q: Bagaimana cara menjawab pertanyaan di wawancara kerja?
A: Jawablah pertanyaan dengan jujur dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jangan lupa untuk memberikan contoh dari pengalaman kerjamu yang relevan dengan posisi yang dilamar.

5. Tanyakan Keterkaitan dalam Bidang Pekerjaanmu

Setelah wawancara, tanyakan keterkaitan dalam bidang pekerjaanmu dengan posisi yang kamu lamar. Ini akan memberikan kesan positif kepada perusahaan dan menunjukkan keinginanmu untuk mengembangkan diri dalam bidang yang kamu minati.

Demikianlah artikel mengenai tata cara lamaran yang sederhana. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Tata Cara Lamaran yang Sederhana