Skema Cara Membuat Radio FM Sederhana 9V

Halo Sobat Sederhana! Di artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat radio FM sederhana dengan menggunakan baterai 9V. Radio FM ini bisa kita gunakan untuk mendengarkan siaran radio favorit kita kapan saja dan di mana saja.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai proses pembuatan radio FM sederhana, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Nama Bahan
Jumlah
Transistor BC547
1 buah
Resistor 6,8 kOhm
1 buah
Resistor 270 Ohm
1 buah
Resistor 10 kOhm
1 buah
Kapasitor 10 nF
2 buah
Kapasitor 100 nF
1 buah
Induktor 10uH
1 buah
Antena
1 buah
Baterai 9V
1 buah
Breadboard
1 buah
Kabel jumper
Beberapa buah
Speaker
1 buah

Dengan mempersiapkan bahan-bahan tersebut, kita sudah siap untuk memulai proses pembuatan radio FM sederhana.

Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan radio FM sederhana:

1. Rangkaian Pendahuluan

Pertama-tama, kita akan membuat rangkaian pendahuluan sebagai filter frekuensi. Rangkaian ini terdiri dari resistor 6,8 kOhm, kapasitor 10 nF, dan kapasitor 100 nF.

Langkah 1: Pasang resistor 6,8 kOhm pada breadboard. Kita akan menggunakan 2 baris pada breadboard untuk rangkaian ini.

Langkah 2: Pasang kapasitor 10 nF pada breadboard. Satu ujung kapasitor dihubungkan pada baris yang sama dengan salah satu kaki resistor, sedangkan ujung kapasitor lainnya dihubungkan pada baris yang berdekatan dengan kaki resistor yang lain.

Langkah 3: Pasang kapasitor 100 nF pada breadboard. Satu ujung kapasitor dihubungkan pada baris yang sama dengan kaki kapasitor 10 nF, sedangkan ujung kapasitor lainnya dihubungkan pada baris yang sama dengan kaki resistor yang lain.

Langkah 4: Pasang kabel jumper dari titik antara kedua kapasitor ke ground pada breadboard.

TRENDING 🔥  Cara Buat Alat Perah Susu Sapi Murah Sederhana

2. Rangkaian Penguat Audio

Setelah rangkaian pendahuluan selesai, kita akan membuat rangkaian penguat audio. Rangkaian ini terdiri dari resistor 270 Ohm, transistor BC547, resistor 10 kOhm, dan speaker.

Langkah 5: Pasang resistor 270 Ohm pada breadboard. Kita akan menggunakan 2 baris pada breadboard untuk rangkaian ini.

Langkah 6: Pasang transistor BC547 pada breadboard. Pastikan orientasi transistor sudah benar dan semua kaki terhubung dengan breadboard.

Langkah 7: Pasang resistor 10 kOhm pada breadboard. Satu ujung resistor dihubungkan pada baris yang sama dengan salah satu kaki transistor, sedangkan ujung resistor lainnya dihubungkan pada baris yang berdekatan dengan kaki transistor yang lain.

Langkah 8: Pasang kabel jumper dari titik antara transistor dan resistor 10 kOhm ke ground pada breadboard.

Langkah 9: Pasang speaker pada breadboard. Satu ujung speaker dihubungkan pada baris yang sama dengan ujung resistor 270 Ohm, sedangkan ujung speaker lainnya dihubungkan pada ground pada breadboard.

3. Rangkaian Oszilator

Setelah rangkaian penguat audio selesai, kita akan membuat rangkaian oskilator. Rangkaian ini terdiri dari transistor BC547, kapasitor 10 nF, kapasitor 100 nF, induktor 10uH, dan antena.

Langkah 10: Pasang transistor BC547 pada breadboard. Kita akan menggunakan 2 baris pada breadboard untuk rangkaian ini.

Langkah 11: Pasang kapasitor 10 nF pada breadboard. Satu ujung kapasitor dihubungkan pada baris yang sama dengan salah satu kaki transistor, sedangkan ujung kapasitor lainnya dihubungkan pada baris yang berdekatan dengan kaki transistor yang lain.

Langkah 12: Pasang kapasitor 100 nF pada breadboard. Satu ujung kapasitor dihubungkan pada baris yang sama dengan ujung kapasitor 10 nF yang tidak terhubung dengan transistor, sedangkan ujung kapasitor lainnya dihubungkan pada baris yang sama dengan kaki transistor yang lain.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Martabak Manis Sederhana di Rumah Tanpa Mixer untuk Sobat Sederhana

Langkah 13: Pasang induktor 10uH pada breadboard. Satu ujung induktor dihubungkan pada baris yang sama dengan ujung kapasitor 100 nF yang tidak terhubung dengan transistor, sedangkan ujung induktor lainnya dihubungkan pada baris yang sama dengan kaki transistor yang lain.

Langkah 14: Pasang antena pada breadboard. Satu ujung antena dihubungkan pada baris yang sama dengan ujung kapasitor 10 nF yang tidak terhubung dengan transistor, sedangkan ujung antena lainnya dihubungkan pada baris yang terpisah dari kaki transistor.

Langkah 15: Pasang kabel jumper dari baris antara kapasitor 10 nF dan antena ke positif pada baterai 9V.

Setelah semua langkah-langkah di atas selesai dilakukan, maka rangkaian radio FM sederhana sudah berhasil dibuat.

FAQ

1. Apa saja yang perlu disiapkan sebelum membuat radio FM sederhana?

Beberapa bahan yang perlu disiapkan sebelum membuat radio FM sederhana antara lain transistor BC547, resistors, kapasitor, induktor, antena, baterai 9V, breadboard, kabel jumper, dan speaker.

2. Berapa jumlah resistor yang diperlukan?

Ada 3 jenis resistor yang diperlukan, yaitu resistor 6,8 kOhm, resistor 270 Ohm, dan resistor 10 kOhm. Masing-masing resistor hanya diperlukan 1 buah.

3. Apa fungsi dari rangkaian pendahuluan?

Rangkaian pendahuluan berfungsi sebagai filter frekuensi untuk menghilangkan noise dan interferensi.

4. Apa yang harus dilakukan jika radio FM sederhana tidak berfungsi?

Beberapa tahap yang dapat dilakukan untuk memperbaiki radio FM sederhana antara lain memeriksa koneksi pada breadboard, memeriksa polaritas transistor, mengganti baterai, dan memeriksa antena.

5. Bisakah mencari siaran radio dari frekuensi yang berbeda?

Ya, bisa. Pada rangkaian oskilator terdapat trimmer capacitor yang dapat disesuaikan dengan frekuensi yang ingin kita dengarkan.

TRENDING 🔥  Cara Menganalisis Regresi Linear Sederhana dengan SPSS

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Skema Cara Membuat Radio FM Sederhana 9V