Resep dan Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang resep dan cara membuat nugget ayam sederhana. Nugget ayam merupakan salah satu camilan favorit banyak orang, terutama anak-anak. Selain lezat dan mudah dibuat, nugget ayam juga dapat disajikan untuk berbagai acara, seperti pesta ulang tahun atau arisan keluarga.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan nugget ayam, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Dada ayam fillet (cincang halus)
500 gram
Tepung roti
200 gram
Tepung terigu
100 gram
Telur ayam (kocok lepas)
2 butir
Bawang putih (cincang halus)
3 siung
Bawang bombay (cincang halus)
1 buah sedang
Daun bawang (iris tipis)
1 batang
Garam
secukupnya
Lada putih bubuk
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana

1. Campurkan Ayam Cincang dengan Bumbu

Langkah pertama dalam membuat nugget ayam sederhana adalah mencampurkan dada ayam fillet yang sudah dicincang halus dengan bawang putih, bawang bombay, daun bawang, garam, dan lada putih bubuk. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.

2. Tambahkan Telur Kocok Lepas

Tambahkan telur ayam yang sudah dikocok lepas ke dalam adonan ayam cincang tadi. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan rata.

3. Buat Adonan Nugget

Setelah semua bahan tercampur dengan rata, buatlah adonan nugget dengan menggunakan sendok makan. Bentuk adonan sesuai selera, bisa menggunakan cetakan atau membentuk dengan tangan.

4. Balur dengan Tepung Roti dan Tepung Terigu

Setelah adonan nugget selesai dibentuk, balurkan dengan tepung roti dan tepung terigu. Pastikan adonan terbaluri dengan merata agar nugget tidak mudah hancur saat digoreng.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Diagram BMD Sederhana

5. Goreng Nugget Ayam

Selanjutnya, goreng nugget ayam dalam minyak panas sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan nugget ayam dari minyak goreng.

6. Nugget Ayam Sederhana Siap Disajikan

Nugget ayam sederhana siap disajikan sebagai camilan atau sebagai menu pelengkap. Sajikan dengan saus tomat atau saus sambal jika diinginkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa menggunakan bagian ayam lain selain dada fillet?

Tentu saja. Sobat Sederhana dapat menggunakan bagian ayam lain yang disukai, seperti paha atau daging ayam giling.

2. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat nugget ayam sederhana?

Waktu yang diperlukan untuk membuat nugget ayam sederhana sekitar 30-45 menit tergantung pada jumlah adonan dan kecepatan pembuatan.

3. Bisakah nugget ayam sederhana disimpan dalam freezer?

Ya, nugget ayam sederhana dapat disimpan dalam freezer selama 1-2 minggu. Sebelum digoreng, biarkan nugget ayam di dalam kulkas selama beberapa jam untuk menghindari terjadinya penggumpalan adonan.

Penutup

Semoga dengan resep dan cara membuat nugget ayam sederhana ini, Sobat Sederhana dapat membuat camilan favorit yang lezat dan bergizi. Jangan lupa untuk mencoba resep kami yang lainnya juga ya! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Resep dan Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana