Ilustrasi Sederhana Cara Kerja Web

Halo Sobat Sederhana, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara kerja web secara sederhana dengan ilustrasi yang mudah dipahami. Sebelum kita memulai, mari kita definisikan dulu apa itu web.

Pengertian Web

Web adalah singkatan dari World Wide Web yang merupakan layanan internet yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dengan menggunakan browser. Web terdiri dari berbagai macam halaman website yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan hyperlink.

Sekarang kita sudah memiliki gambaran umum tentang web, mari kita lanjut ke cara kerja web.

Komponen Dasar Web

Setiap website terdiri dari beberapa komponen dasar yang harus dipahami sebelum mempelajari cara kerja web. Berikut adalah komponen-komponen dasar web:

Komponen
Deskripsi
HTML
Merupakan bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur dan konten website
CSS
Merupakan bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan website
JavaScript
Merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat interaksi dan animasi pada website
Server
Merupakan komputer yang menyimpan dan mengirimkan data website ke browser pengguna
Database
Merupakan tempat penyimpanan data website seperti artikel, gambar, dan video

Dengan memahami komponen-komponen dasar tersebut, kita dapat lebih mudah memahami cara kerja web. Mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Cara Kerja Web

Secara umum, cara kerja web dibagi menjadi dua bagian yaitu saat browser meminta halaman web dan saat server mengirimkan halaman web. Berikut adalah ilustrasi sederhana cara kerja web.

Saat Browser Meminta Halaman Web

1. Pengguna membuka browser dan memasukkan alamat website pada URL bar.

2. Browser mengirimkan request ke server yang mengandung alamat website tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Burger Sederhana untuk Dijual

3. Server mengirimkan response berupa data HTML, CSS, JavaScript, dan gambar-gambar yang ada pada halaman web tersebut ke browser.

4. Browser menerima response dari server dan mulai mengolah data HTML, CSS, dan JavaScript untuk menampilkan halaman web dengan tampilan yang sesuai.

Saat Server Mengirimkan Halaman Web

1. Server menerima request dari browser yang mengandung alamat website yang diminta oleh pengguna.

2. Server mengambil data HTML, CSS, dan JavaScript dari database dan menggabungkannya menjadi satu halaman web.

3. Server mengirimkan response berupa halaman web yang telah digabungkan ke browser.

4. Browser menerima response dari server dan mulai mengolah data HTML, CSS, dan JavaScript untuk menampilkan halaman web dengan tampilan yang sesuai.

Dengan memahami cara kerja web secara sederhana seperti ini, kita dapat lebih mudah memahami bagaimana website dapat diakses dan ditampilkan di browser pengguna.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering muncul terkait dengan cara kerja web:

Apa itu URL?

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator yang merupakan alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu halaman web di internet.

Apa itu Hyperlink?

Hyperlink adalah tautan yang digunakan untuk menghubungkan satu halaman web dengan halaman web lainnya. Hyperlink dapat berupa teks, gambar, atau objek lainnya yang dapat diklik oleh pengguna.

Apa itu Browser?

Browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman web. Contoh browser yang populer adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge.

Apa itu Server?

Server adalah komputer yang menyimpan dan mengirimkan data website ke browser pengguna. Server dapat berupa komputer lokal atau cloud server yang disediakan oleh penyedia layanan hosting.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Tart Sederhana Tanpa Oven

Apa itu Database?

Database adalah tempat penyimpanan data website seperti artikel, gambar, dan video. Database dapat berupa database lokal atau cloud database yang disediakan oleh penyedia layanan hosting.

Apa itu HTML?

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yang merupakan bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur dan konten website.

Apa itu CSS?

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets yang merupakan bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan website.

Apa itu JavaScript?

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat interaksi dan animasi pada website.

Bagaimana cara mempelajari pembuatan website?

Untuk mempelajari pembuatan website, Anda dapat mulai belajar dari dasar-dasar HTML, CSS, dan JavaScript terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mempelajari teknik-teknik pengembangan website seperti responsive design, SEO, dan lainnya.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara kerja web secara sederhana dengan ilustrasi yang mudah dipahami. Dengan memahami cara kerja web, kita dapat lebih mudah memahami bagaimana website dapat diakses dan ditampilkan di browser pengguna. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Ilustrasi Sederhana Cara Kerja Web