Kresep Resep: Cara Membuat Dumpling Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Pernah coba membuat dumpling sendiri di rumah? Bagi yang belum pernah, jangan khawatir karena kali ini kita akan berbagi kresep resep cara membuat dumpling sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kita akan membahas dari bahan-bahan yang dibutuhkan hingga tahap-tahap pembuatan. Yuk, langsung saja simak artikel ini!

Bahan-bahan

Sebelum mulai membuat dumpling, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Air dingin
125 ml
Garam
1/2 sendok teh
Minyak wijen
2 sendok teh
Daging ayam cincang
250 gram
Bawang putih cincang halus
2 siung
Daun bawang cincang halus
2 batang
Garam
1 sendok teh
Lada bubuk
1/2 sendok teh
Kecap asin
1 sendok makan
Minyak wijen
1 sendok makan

Bahan-bahan di atas cukup untuk membuat sekitar 20 dumpling. Kalau kamu ingin membuat lebih banyak, tinggal menyesuaikan saja jumlah bahan yang digunakan.

Cara Membuat Dumpling Sederhana

1. Siapkan Adonan Kulit Dumpling

Pertama-tama, siapkan adonan kulit dumpling dengan cara campurkan tepung terigu dan garam dalam sebuah mangkuk. Tuang air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan tercampur rata dan bisa dipulung. Tambahkan minyak wijen dan uleni kembali hingga adonan mulai kenyal. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan biarkan selama 30 menit.

2. Siapkan Isi Dumpling

Sementara adonan kulit dumpling beristirahat, kamu bisa mempersiapkan isi dumpling. Campurkan daging ayam cincang, bawang putih, daun bawang, garam, lada bubuk, kecap asin, dan minyak wijen dalam sebuah mangkuk. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

3. Bentuk Kulit Dumpling

Setelah adonan kulit dumpling istirahat selama 30 menit, ambil sejumput adonan dan pipihkan dengan rolling pin hingga berbentuk lingkaran tipis. Ambil lagi sejumput isi dumpling dan letakkan di tengah lingkaran kulit dumpling tadi. Lipat kulit dumpling menjadi setengah lingkaran dan jepitkan ujungnya agar rapat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Uang Palsu dengan Sederhana

4. Rebus Dumpling

Lihat lah air rebusan dumpling sudah mendidih kemudian masukan dumpling. Rebus dumpling selama 8-10 menit atau sampai matang. Angkat dumpling dan tiriskan.

FAQ

1. Bisa Gak Sih Membuat Dumpling Tanpa Rolling Pin?

Tentu saja bisa. Kalau kamu tidak memiliki rolling pin, kamu bisa mengganti dengan botol kaca yang bersih dan rata. Cara menggunakannya sama seperti rolling pin.

2. Apa Saja Jenis Isi Dumpling yang Bisa Dicoba?

Isi dumpling bisa beragam, tergantung selera. Beberapa jenis isi dumpling yang populer adalah daging babi cincang, udang cincang, jamur cincang, sayuran cincang, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menyesuaikan isi dumpling dengan bahan-bahan yang tersedia di dapurmu.

3. Bagaimana Cara Menyimpan Dumpling Sisa?

Kalau kamu masih memiliki dumpling sisa, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas atau freezer. Dumpling yang disimpan di kulkas bisa bertahan selama 2-3 hari, sedangkan yang disimpan di freezer bisa bertahan selama 1 bulan. Jangan lupa untuk menghangatkannya sebelum disajikan kembali.

Kesimpulan

Itulah kresep resep cara membuat dumpling sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah. Tidak terlalu sulit, bukan? Kamu bisa mencoba membuatnya bersama keluarga atau teman-teman di rumah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Kresep Resep: Cara Membuat Dumpling Sederhana