Download PPT Cara Membuat Antena Omni Sederhana

Halo Sobat Sederhana, selamat datang di artikel yang akan membahas tentang cara membuat antena omni sederhana. Antena omni merupakan jenis antena yang digunakan untuk memperkuat sinyal pada beberapa jenis komunikasi wireless, seperti WiFi, Bluetooth, dan lain-lain.

Pengenalan Antena Omni

Antena omni merupakan antena yang memiliki pola radiasi melingkar atau 360 derajat, sehingga dapat menjangkau setiap arah secara merata. Antena omni sangat cocok digunakan dalam jaringan Wireless Local Area Network (WLAN) karena dapat mengirimkan sinyal ke setiap arah di sekitar antena.

Antena omni memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

Keunggulan
Keterangan
Meningkatkan jangkauan sinyal
Antena omni dapat mengirimkan sinyal ke segala arah, sehingga meningkatkan jangkauan sinyal.
Mengurangi interferensi
Ketika antena omni beroperasi pada frekuensi yang sama dengan antena lain, maka kemungkinan interferensi dapat dikurangi.
Meningkatkan throughput
Antena omni dapat meningkatkan throughput pada jaringan wireless, sehingga memungkinkan untuk mentransfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat antena omni, berikut adalah beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Kabel coaxial
  • Kabel tembaga berdiameter 6mm
  • Cincin tembaga
  • Baut dan mur
  • Bolt pancing
  • Drill dan mata bor
  • Tang dan papan pemotong
  • Celupan cat tembaga

Langkah-Langkah Membuat Antena Omni Sederhana

Langkah 1: Persiapan Alat dan Bahan

Pertama-tama, persiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Langkah 2: Potong Kabel Tembaga

Potong kabel tembaga sepanjang 19 cm dan bentuk menjadi satu lingkaran yang akan digunakan sebagai elemen aktif. Pastikan ujung-ujungnya terhubung dengan cincin tembaga.

Langkah 3: Buat Dukungan Elemen Aktif

Gunting cincin tembaga menjadi bentuk persegi panjang. Kemudian, lubangi bagian tengahnya dengan mata bor.

Langkah 4: Pasang Elemen Aktif pada Dukungan

Lalu, pasang elemen aktif pada dukungan yang sudah dibuat dalam langkah 3 dengan menggunakan baut dan mur. Pastikan elemen aktif berada pada titik tengah dan sejajar dengan sisi-sisi persegi panjang.

Langkah 5: Siapkan Kabel Coaxial

Siapkan kabel coaxial dan potong menjadi dua bagian dengan ukuran sama. Kupas lapisan luar kabel sepanjang 1 cm dan lipat sedikit ke dalam. Kemudian, kupas lapisan di dalamnya sepanjang 3 mm dan keluarkan tembaga penghantar yang ada di dalamnya. Lipat tembaga penghantar menjadi satu dan masukkan ke dalam cincin tembaga yang ada pada elemen aktif.

Langkah 6: Buat Kaki-Kaki Antena

Selanjutnya, buat kaki-kaki antena dengan menggunakan kabel tembaga. Potong kabel tembaga menjadi 4 bagian dengan panjang masing-masing 18 cm. Lalu, tuliskan tanda pada setiap ujung kabel dengan nomor 1 sampai 4.

Langkah 7: Hubungkan Kabel Coaxial dengan Kaki-Kaki Antena

Hubungkan kabel coaxial yang sudah dipersiapkan sebelumnya dengan kabel tembaga pada langkah 6. Pastikan kabel tembaga nomor 1 terhubung dengan kabel coaxial nomor 1, begitu juga dengan nomor 2, 3, dan 4.

Langkah 8: Pasang Bolt Pancing pada Kaki-Kaki Antena

Terakhir, pasang bolt pancing pada setiap ujung kaki-kaki antena. Bolt pancing ini berfungsi untuk memperkuat kaki-kaki antena dan menempelkan antena pada posisi yang diinginkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu antena omni?

Antena omni merupakan jenis antena yang memiliki pola radiasi melingkar atau 360 derajat, sehingga dapat menjangkau setiap arah secara merata.

2. Apa keuntungan menggunakan antena omni?

Antena omni memiliki keuntungan dalam meningkatkan jangkauan sinyal, mengurangi interferensi, serta meningkatkan throughput pada jaringan wireless.

3. Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat antena omni sederhana?

Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain kabel coaxial, kabel tembaga berdiameter 6mm, cincin tembaga, baut dan mur, bolt pancing, drill dan mata bor, tang dan papan pemotong, serta celupan cat tembaga.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, Sobat Sederhana dapat membuat antena omni sederhana sendiri. Dengan adanya antena omni, jangkauan sinyal WiFi atau jenis komunikasi wireless lainnya dapat diperkuat dan meningkatkan throughput pada jaringan wireless. Selain itu, Sobat Sederhana juga dapat menghemat biaya dengan membuat sendiri antena omni sederhana ini.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Download PPT Cara Membuat Antena Omni Sederhana

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Instalasi Listrik Ruang Sederhana