DIY Cara Sederhana Membuat Dispenser Minuman

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bersemangat ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara sederhana membuat dispenser minuman sendiri. Siapa yang suka membuat minuman sendiri di rumah? Tentunya banyak di antara kita yang suka membuat minuman sendiri di rumah agar lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Apa Itu Dispenser Minuman?

Sebelum kita membahas tentang cara membuat dispenser minuman sendiri, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu dispenser minuman. Dispenser minuman adalah alat yang digunakan untuk menyimpan dan menjaga minuman dalam keadaan dingin serta memudahkan dalam mengambil minuman tersebut. Biasanya, dispenser minuman banyak digunakan pada acara-acara seperti pesta ulang tahun, pernikahan, dan sebagainya.

Apa Saja Bahan-Bahan yang Diperlukan?

Sebelum memulai membuat dispenser minuman, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:

Bahan-Bahan
Jumlah
Botol Plastik Bekas
2 Buah
Pipet Plastik
2 Buah
Kawat
1 Buah
Kertas Amplop Bekas
1 Buah
Plastik Mika
1 Buah
Pisau
1 Buah
Lem
Secukupnya
Isi Minuman
Secukupnya

Bagaimana Cara Membuatnya?

Selanjutnya, untuk membuat dispenser minuman sendiri, ikuti tahapan-tahapan berikut ini:

1. Potong Botol Plastik Menjadi Dua Bagian

Pertama-tama, potong botol plastik menjadi dua bagian menggunakan pisau. Potongan tersebut nantinya akan digunakan sebagai bagian atas dan bawah dari dispenser minuman.

2. Buat Lubang pada Bagian Atas Botol Plastik

Setelah itu, buatlah dua lubang pada bagian atas botol plastik menggunakan pisau. Lubang tersebut nantinya akan digunakan sebagai tempat memasukkan pipet plastik.

3. Pasang Pipet Plastik pada Lubang yang Telah Dibuat

Pasang pipet plastik pada lubang yang telah dibuat pada bagian atas botol plastik. Dalam hal ini, pipet plastik akan berguna sebagai tempat keluarnya minuman. Pastikan pipet plastik pas dan tidak mudah bergerak agar nantinya tidak terjadi tumpahan minuman.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Mie Telur Sederhana

4. Pasang Kawat pada Bagian Bawah Botol Plastik

Selanjutnya, pasang kawat pada bagian bawah botol plastik. Kawat tersebut berguna sebagai tempat menyangga bagian atas dispenser minuman agar tidak terjatuh. Pastikan kawat pas dan kuat menyangga dispenser minuman.

5. Buat Tutup Dispenser Minuman

Buatlah tutup dispenser minuman dari kertas amplop bekas. Potong kertas amplop menjadi bentuk bulat dan pasang pada bagian atas dispenser minuman. Tutup tersebut akan berguna untuk melindungi minuman dari debu atau kotoran lainnya.

6. Masukkan Isi Minuman

Masukkan isi minuman ke dalam dispenser yang telah dibuat tersedia. Pastikan jumlah air atau minuman yang dimasukkan pas dan tidak berlebihan agar tidak terjadi tumpahan minuman.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah dispenser minuman dapat digunakan untuk minuman dingin dan panas?

Tidak, dispenser minuman hanya dapat digunakan untuk menyimpan dan menjaga minuman dalam keadaan dingin. Jika dispenser digunakan untuk minuman panas, maka akan mengakibatkan kerusakan pada dispenser.

2. Bahan apa saja yang dapat digunakan untuk membuat dispenser minuman?

Bahan yang dapat digunakan untuk membuat dispenser minuman antara lain botol plastik bekas, pipet plastik, kawat, kertas amplop bekas, plastik mika, dan lem.

3. Bagaimana cara membersihkan dispenser minuman?

Untuk membersihkan dispenser minuman, pertama-tama keluarkan semua isi minuman dari dalam dispenser. Setelah itu, cuci bagian dalam dan luar dispenser menggunakan sabun cuci piring. Bilas hingga bersih, dan keringkan menggunakan lap yang bersih dan kering.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara sederhana membuat dispenser minuman sendiri yang dapat Sobat Sederhana praktikkan di rumah. Dengan membuat dispenser minuman sendiri di rumah, Sobat Sederhana dapat memastikan kebersihan dan kesehatan dari minuman yang dikonsumsi. Selamat mencoba ya Sobat Sederhana!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Penyangga HP Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

DIY Cara Sederhana Membuat Dispenser Minuman