Cara Tapper Shaft Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tapper shaft sederhana. Bagi kalian yang suka membuat alat-alat rumah tangga atau mesin-mesin kecil, tentunya sudah tidak asing lagi dengan komponen bernama tapper shaft. Tapper shaft salah satu komponen yang sangat penting dalam pembuatan mesin-mesin kecil. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat tapper shaft sederhana yang bisa kalian buat sendiri di rumah.

Apa Itu Tapper Shaft?

Sebelum kita membahas tentang cara membuat tapper shaft, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu tapper shaft. Tapper shaft adalah sebuah poros yang mempunyai bentuk yang melebar pada bagian ujungnya. Fungsi dari tapper shaft ini adalah sebagai pengunci atau penyambung antara dua bagian mesin. Biasanya, tapper shaft digunakan pada mesin-mesin kecil seperti mesin bor atau mesin gerinda.

Bagian-Bagian Tapper Shaft

Sebelum kita membahas tentang cara membuat tapper shaft, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dari tapper shaft ini. Berikut ini adalah bagian-bagian dari tapper shaft:

Nama Bagian
Fungsi
Ujung melebar
Sebagai pengunci atau penyambung antara dua bagian mesin
Sumbu poros
Bagian tengah dari tapper shaft yang berfungsi sebagai poros utama
Roda gigi
Bagian dari tapper shaft yang berfungsi untuk menghasilkan gerakan rotasi

Cara Membuat Tapper Shaft Sederhana

Kini saatnya kita membahas tentang cara membuat tapper shaft sederhana. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Siapkan Bahan dan Alat

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan dan alat yang perlu disiapkan:

TRENDING 🔥  Cara Menyablon Sendiri dengan Alat Sederhana untuk Sobat Sederhana
Bahan
Alat
Besi baja
Mesin bubut
Gerinda
Pisau bubut
Minyak pemotong
Baut dan mur
Tetesan minyak
Guntingan kawat
Penggaris

2. Potong Bahan

Kedua, potong bahan besi baja sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Ukuran yang tepat tergantung pada kebutuhan mesin yang akan kalian buat. Gunakan mesin gerinda untuk memperhalus permukaan bahan besi baja agar hasil potongan rapi dan halus.

3. Bubut Bahan

Setelah bahan dipotong, selanjutnya bubut bahan dengan menggunakan mesin bubut. Pastikan ukuran dan bentuknya sesuai dengan desain yang sudah kalian buat.

4. Buat Ujung Melebar

Setelah bahan besi baja dibubut, selanjutnya buat ujung melebar pada poros tapper shaft. Bisa dilakukan dengan alat kawat atau bubut.

5. Pasang Roda Gigi

Langkah terakhir, pasang roda gigi pada poros tapper shaft. Pastikan roda gigi terpasang dengan kuat dan rapat. Gunakan baut dan mur untuk memasang roda gigi pada poros tapper shaft.

FAQ

1. Apa Fungsi Tapper Shaft?

Tapper shaft berfungsi sebagai pengunci atau penyambung antara dua bagian mesin. Biasanya, tapper shaft digunakan pada mesin-mesin kecil seperti mesin bor atau mesin gerinda.

2. Apa Itu Ujung Melebar Pada Tapper Shaft?

Ujung melebar pada tapper shaft adalah bagian ujung dari poros tapper shaft yang mempunyai bentuk yang melebar pada bagian ujungnya. Fungsinya adalah sebagai pengunci atau penyambung antara dua bagian mesin.

3. Apa Saja Bagian-Bagian Tapper Shaft?

Bagian-bagian tapper shaft meliputi ujung melebar, sumbu poros, dan roda gigi.

4. Apa yang Perlu Disiapkan untuk Membuat Tapper Shaft Sederhana?

Untuk membuat tapper shaft sederhana, kalian perlu menyiapkan bahan besi baja, mesin bubut, gerinda, pisau bubut, minyak pemotong, baut dan mur, guntingan kawat, dan penggaris.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Website Gratis Sederhana

5. Bagaimana Cara Membuat Tapper Shaft Sederhana?

Untuk membuat tapper shaft sederhana, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Siapkan bahan dan alat
  2. Potong bahan
  3. Bubut bahan
  4. Buat ujung melebar
  5. Pasang roda gigi

Penutup

Itulah cara membuat tapper shaft sederhana yang bisa kalian buat sendiri di rumah. Dengan membuat sendiri tapper shaft, tentunya bisa menghemat biaya pembuatan mesin yang membutuhkan komponen ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin membuat tapper shaft sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Tapper Shaft Sederhana