Cara Tandon Oven Sederhana Bebek Panggang untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana, apa kabar? Di artikel ini, kita akan membahas cara membuat bebek panggang yang lezat dan sederhana dengan menggunakan oven. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk menyiapkan bebek, menghilangkan bau amisnya, membuat saus, dan memasak bebek panggang yang sempurna. Mari kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memasak bebek panggang, pastikan kita memiliki semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang kita perlukan adalah sebagai berikut:

Bahan
Jumlah
Bebek
1 ekor
Bawang putih
5 siung
Ketumbar
1 sendok teh
Garam
1 sendok teh
Lada hitam
½ sendok teh
Minyak sayur
2 sendok makan
Bahan untuk saus (sambal matah)
– Bawang merah (3 siung)
– Bawang putih (2 siung)
– Cabai rawit (5 buah)
– Air jeruk nipis (1 sendok makan)
– Garam (1 sendok teh)
– Minyak sayur (2 sendok makan)

Langkah 1: Persiapan Bebek

Langkah pertama dalam memasak bebek panggang adalah membersihkan bebek dan mempersiapkannya. Pertama-tama, bersihkan bebek dan cabut bulunya yang masih menempel. Selanjutnya, cuci dalam air mengalir dan keringkan dengan handuk.

Setelah bebek bersih dan kering, belah bagian perutnya dan bersihkan dari berbagai kotoran atau isi perut yang ada. Kemudian, belah bagian tengahnya untuk meratakan daging bebek.

Cara Menghilangkan Bau Amis pada Bebek

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau amis pada bebek. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan merendam bebek dalam air garam selama beberapa jam. Setelah direndam, bilas bebek dengan air bersih dan keringkan. Selain itu, kita juga bisa menggunakan air jeruk nipis atau cuka untuk merendam bebek.

Langkah 2: Membuat Bumbu untuk Bebek

Setelah bebek bersih, keringkan lagi dengan tissue atau lap bersih supaya air tidak menempel pada daging bebek. Setelah itu, kita siap membuat bumbu untuk bebek, yaitu bawang putih, ketumbar, garam, dan lada hitam.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bumbu Ikan Bakar Sederhana untuk Sobat Sederhana

Haluskan bawang putih, ketumbar, garam, dan lada hitam sampai halus dan daging bebek terus diberikan rasa oleh bumbu tersebut. Jangan lupa untuk mengolesi bekal dengan sedikit minyak sayur dan bumbu yang sudah dihaluskan.

Langkah 3: Memasak Bebek Panggang

Setelah bahan dan bumbu siap, kita siap memasak bebek panggang. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 3.1: Panggang Bebek di Oven

Panggang bebek di oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama sekitar 40 menit atau sampai daging bebek matang dan renyah. Jangan lupa untuk membalikkan bebek setiap 10 menit sekali agar matangnya merata.

Langkah 3.2: Buat Saus untuk Bebek Panggang

Selagi bebek dipanggang, kita bisa membuat saus untuk bebek panggang, yaitu sambal matah. Sambal matah merupakan sambal khas Bali yang terbuat dari iris bawang merah, bawang putih, cabai rawit, air jeruk nipis, garam, minyak sayur, dan juga daun jeruk purut.

Langkah membuat sambal matah adalah sebagai berikut:

  1. Iris bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit dengan tipis.
  2. Campurkan semua bahan ke dalam satu mangkuk, yaitu bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit, air jeruk nipis, garam, minyak sayur, dan daun jeruk purut.
  3. Aduk sampai rata. Sambal matah siap disajikan bersama bebek panggang.

Langkah 3.3: Sajikan Bebek Panggang

Setelah bebek matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit. Potong bebek menjadi potongan dan sajikan dengan sambal matah. Bebek panggang sederhana yang lezat siap dinikmati!

FAQ: Pertanyaan Umum tentang Bebek Panggang

1. Bagaimana membuat bebek panggang agar dagingnya tetap lembut?

Untuk membuat daging bebek panggang tetap lembut, kita bisa merendam bebek dalam air garam selama beberapa jam sebelum dimasak. Selain itu, pastikan kita memanggang bebek dalam waktu yang cukup lama agar dagingnya lunak dan meleleh di mulut.

TRENDING 🔥  Cara Membakar Ayam Sederhana

2. Bisa tidak menghilangkan bau amis pada bebek tanpa harus merendamnya dalam air garam?

Bisa. Kita juga bisa menggunakan air jeruk nipis atau cuka untuk merendam bebek dan menghilangkan bau amisnya. Selain itu, tambahkan bahan-bahan lain seperti bawang putih dan bawang merah untuk menghilangkan bau amis pada bebek.

3. Apa yang harus dilakukan jika bebek terlalu kering saat dipanggang?

Jangan khawatir jika bebek terlalu kering saat dipanggang. Kita bisa menambahkan sedikit air atau minyak sayur pada bagian dada bebek untuk menjaga kelembapan dagingnya. Selain itu, pastikan suhu oven tidak terlalu tinggi dan jangan biarkan bebek terlalu lama di dalam oven.

4. Apakah bahan pengganti untuk sambal matah?

Jika tidak suka dengan sambal matah, kita juga bisa membuat saus lain untuk bebek panggang. Misalnya saus tomat, saus keju, atau saus rempah-rempah. Selain itu, kita juga dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti jamur, sayuran, atau buah-buahan sebagai pelengkap bebek panggang.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat bebek panggang sederhana dengan oven yang lezat dan mudah untuk diikuti. Jangan lupa untuk mencoba di rumah dan rasakan sensasi lezatnya bebek panggang yang renyah dan gurih.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Sederhana semua. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman Sobat Sederhana yang lain. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Tandon Oven Sederhana Bebek Panggang untuk Sobat Sederhana