Cara Sederhana Ngukus Tahu

Sobat Sederhana, apakah kamu suka makan tahu? Tahu adalah makanan yang cukup populer di Indonesia karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak. Namun, tidak semua orang tahu cara mengolah tahu dengan benar. Salah satu cara yang mudah dan sederhana adalah dengan mengukusnya. Yuk simak cara sederhana ngukus tahu di artikel ini.

Persiapan Bahan-bahan

Sebelum memulai mengukus tahu, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu:

Bahan
Jumlah
Tahu
1 blok
Air
secukupnya
Garam
secukupnya

Tahu yang Cocok untuk diukus

Sebelum memulai cara sederhana ngukus tahu, Sobat Sederhana perlu tahu jenis tahu apa yang cocok untuk diukus. Tahu yang cocok untuk diukus adalah tahu yang agak keras dengan tekstur yang padat. Jangan gunakan tahu yang terlalu lembut karena akan mudah hancur saat diukus.

Cara Memotong Tahu

Setelah mengetahui jenis tahu yang cocok untuk diukus, langkah selanjutnya adalah memotong tahu. Sobat Sederhana bisa memotong tahu sesuai selera, baik itu kotak-kotak, dadu, atau irisan tipis. Pastikan ukuran potongan tahu seragam agar matangnya merata.

Cara Menyimpan Tahu

Sebelum diukus, pastikan tahu yang akan digunakan dalam keadaan segar. Jika Sobat Sederhana membeli tahu dalam kemasan, sebaiknya segera dipakai dalam waktu 1-2 hari agar tidak basi. Jika ingin menyimpannya lebih lama, tahu bisa disimpan dalam kulkas dalam wadah tertutup selama 3-4 minggu.

Cara Sederhana Ngukus Tahu dengan Rice Cooker

Meskipun namanya rice cooker, tapi alat ini bisa juga digunakan untuk mengukus. Berikut adalah cara sederhana ngukus tahu dengan rice cooker:

Langkah 1: Siapkan Rice Cooker

Pertama-tama, siapkan rice cooker yang berukuran sedang. Penuhi bagian bawah rice cooker dengan air hingga setinggi 5 cm.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Olahan Udang Sederhana

Langkah 2: Taruh Tahu di Dalam Kukusan

Siapkan wadah kukusan yang dimasukkan ke dalam rice cooker. Taruh potongan tahu di atas wadah kukusan tersebut. Jangan menumpuk tahu agar matangnya merata.

Langkah 3: Tambahkan Garam

Setelah tahu diletakkan di atas wadah kukusan, taburkan garam secukupnya di atas tahu. Jangan terlalu banyak karena tahu yang dipotong kecil biasanya sudah memiliki rasa yang cukup asin.

Langkah 4: Tutup Rice Cooker

Tutup rice cooker dan nyalakan dengan api sedang. Biarkan tahu diukus selama 15-20 menit atau sampai matang. Jangan membuka tutup rice cooker terlalu sering karena uap panasnya bisa keluar dan memperpanjang waktu pengukusan.

Langkah 5: Angkat Tahu

Setelah tahu matang, angkat wadah kukusan dari rice cooker. Tahu siap disajikan sebagai bahan tambahan untuk berbagai masakan, seperti capcay, lontong sayur, atau sate tahu.

Cara Sederhana Ngukus Tahu dengan Panci Kukusan

Selain rice cooker, Sobat Sederhana juga bisa mengukus tahu dengan panci kukusan. Berikut adalah cara sederhana ngukus tahu dengan panci kukusan:

Langkah 1: Siapkan Panci Kukusan

Pertama-tama, siapkan panci kukusan yang berukuran sedang. Penuhi bagian bawah panci dengan air hingga setinggi 5 cm.

Langkah 2: Taruh Tahu di Dalam Kukusan

Taruh potongan tahu di atas wadah kukusan yang sudah diletakkan di atas panci. Jangan menumpuk tahu agar matangnya merata.

Langkah 3: Tambahkan Garam

Taburkan garam secukupnya di atas tahu. Jangan terlalu banyak karena tahu yang dipotong kecil biasanya sudah memiliki rasa yang cukup asin.

Langkah 4: Tutup Panci

Tutup panci dengan rapat dan nyalakan dengan api sedang. Biarkan tahu diukus selama 15-20 menit atau sampai matang. Jangan membuka tutup panci terlalu sering karena uap panasnya bisa keluar dan memperpanjang waktu pengukusan.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Pondasi Rumah Sederhana

Langkah 5: Angkat Tahu

Setelah tahu matang, matikan api dan angkat wadah kukusan dari panci. Tahu siap disajikan sebagai bahan tambahan untuk berbagai masakan, seperti capcay, lontong sayur, atau sate tahu.

FAQ Cara Sederhana Ngukus Tahu

1. Apakah bisa mengukus tahu dengan microwave?

Bisa, namun cara ini kurang disarankan karena tahu akan kehilangan kandungan airnya dan teksturnya menjadi kering.

2. Apakah tahu harus direbus sebelum diukus?

Tidak harus, Sobat Sederhana bisa langsung mengukus tahu tanpa direbus terlebih dahulu. Namun, jika ingin tahu menjadi lebih empuk, tahu bisa direbus sebentar sebelum diukus.

3. Apa yang sebaiknya ditambahkan ke dalam tahu sebelum diukus?

Sobat Sederhana bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti ketumbar, merica, atau bawang putih yang sudah dihaluskan untuk menambah rasa tahu. Namun, jangan terlalu banyak karena tahu sendiri sudah memiliki cita rasa yang cukup enak.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengukus tahu?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus tahu bervariasi tergantung pada ukuran potongan tahu. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah 15-20 menit.

5. Bagaimana mengetahui jika tahu sudah matang?

Untuk mengetahui jika tahu sudah matang, Sobat Sederhana bisa mengecek kematangannya dengan menusuk tahu menggunakan garpu atau tusuk gigi. Jika tusukannya mudah masuk dan tahu terasa empuk, maka tahu sudah matang.

Kesimpulan

Itulah cara sederhana ngukus tahu yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan mengukus tahu, Sobat Sederhana bisa mendapatkan tahu yang lebih sehat dan lezat. Selain itu, tahu yang sudah diukus juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat.

Nah, itu tadi cara sederhana ngukus tahu yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Penguat Sinyal Sederhana Modem

Cara Sederhana Ngukus Tahu