Cara Sederhana Mencari IP Valid

Salam Sobat Sederhana, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara sederhana untuk mencari IP valid. IP atau Internet Protocol adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima data di internet. Setiap perangkat yang terhubung ke internet memiliki sebuah IP address yang unik.

Apa itu IP Valid?

IP valid adalah IP yang benar-benar dapat digunakan dan terdaftar di jaringan internet. Ada beberapa jenis IP yang bisa digunakan di internet seperti IP public, IP private, dan IP loopback. Namun, tidak semua IP tersebut dapat digunakan untuk mengakses internet atau melakukan koneksi ke jaringan lain.

Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mencari IP valid yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengakses website, menjalankan aplikasi, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah cara sederhana untuk mencari IP valid.

Cara Mencari IP Valid

1. Menggunakan Command Prompt

Salah satu cara yang paling mudah untuk mencari IP valid adalah melalui Command Prompt di Windows. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah
Cara Melakukannya
Buka Command Prompt
Tekan tombol Windows + R, ketik “cmd”, lalu tekan Enter
Ketik “ipconfig”
Ketik perintah “ipconfig” di Command Prompt, lalu tekan Enter
Cari IP Address
Temukan bagian “IPv4 Address” dan cari alamat IP yang tertera di sana

Dengan cara ini, kita dapat dengan mudah mengetahui alamat IP yang valid dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

2. Menggunakan Website Penyedia Layanan IP Lookup

Selain melalui Command Prompt, kita dapat juga mencari IP valid melalui website penyedia layanan IP Lookup. Beberapa website tersebut antara lain:

  • www.whatismyip.com
  • www.iplocation.net
  • www.ipchicken.com
TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Pembelajaran Sederhana untuk Anak TK

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kita hanya perlu mengunjungi website tersebut kemudian alamat IP akan ditampilkan di layar.

3. Menggunakan Perangkat Lunak

Jika kita memerlukan cara yang lebih canggih untuk mencari IP valid, kita dapat menggunakan perangkat lunak seperti Advanced IP Scanner, Angry IP Scanner, atau Fing. Dengan perangkat lunak tersebut, kita dapat melihat IP address yang terhubung ke jaringan kita dan mengetahui apakah alamat IP tersebut valid atau tidak.

FAQ

Apa itu IP Address?

IP address adalah sebuah alamat unik yang diberikan kepada sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Alamat IP digunakan untuk mengidentifikasi perangkat tersebut di internet dan memungkinkan perangkat tersebut untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan.

Apa itu IP Valid?

IP valid adalah IP yang benar-benar dapat digunakan dan terdaftar di jaringan internet. IP tersebut dapat digunakan untuk mengakses internet atau melakukan koneksi ke jaringan lain.

Bagaimana cara mengetahui IP Address saya?

Untuk mengetahui IP address pada komputer Windows, kamu dapat membuka Command Prompt dan mengetikkan “ipconfig” kemudian mencari bagian “IPv4 Address”. Sedangkan pada perangkat Android, kamu dapat membuka Pengaturan dan mencari bagian “Wi-Fi”. Klik pada jaringan yang sedang terhubung dan alamat IP akan ditampilkan di sana.

Kesimpulan

Mencari IP valid memang penting dilakukan jika kita ingin menggunakan internet atau melakukan koneksi ke jaringan lain. Kita dapat mencari IP valid dengan mudah melalui Command Prompt, website penyedia layanan IP Lookup, atau menggunakan perangkat lunak khusus. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Pancake Sederhana

Cara Sederhana Mencari IP Valid