Cara Sederhana Membuat Onigiri Isi Telur

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu mencoba sarapan atau makan siang dengan onigiri? Onigiri adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi yang dibentuk seperti segitiga atau bulat dan diisi dengan berbagai macam bahan seperti umeboshi, ikan, sayuran, dan telur. Namun, kali ini kita akan fokus pada bagaimana cara membuat onigiri isi telur. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita masuk ke tahap pembuatan onigiri isi telur, kita perlu menyiapkan terlebih dahulu semua alat dan bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftarnya:

Alat
Bahan
Mangkok
Nasi Jepang
Sendok
Telur
Plastik Wrap
Saus Sambal
Acuan Onigiri
Garam
Pisau
Kaldu Ayam

Tahapan Membuat Onigiri Isi Telur

1. Memasak Nasi

Langkah pertama dalam membuat onigiri isi telur adalah memasak nasi terlebih dahulu. Pastikan kamu menggunakan nasi Jepang yang khas memiliki tekstur yang lebih kenyal dan kering. Cuci beras sebanyak dua kali dan tambahkan air sesuai dengan takaran yang disarankan di kemasan. Masak nasi dalam rice cooker selama 20-30 menit hingga matang.

2. Membuat Telur Dadar

Sambil menunggu nasi matang, kamu bisa membuat telur dadar sebagai isian onigiri. Kocok telur dalam sebuah mangkok dan tambahkan garam secukupnya. Panaskan wajan dan olesi dengan sedikit minyak goreng. Tuangkan adonan telur ke wajan dan biarkan hingga matang. Setelah itu, potong telur dadar menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

3. Menambahkan Kaldu Ayam pada Nasi

Setelah nasi matang, campurkan kaldu ayam secukupnya pada nasi dan aduk hingga rata. Kaldu ayam memberikan aroma yang khas dan membuat nasi lebih gurih.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Antena TV Sederhana dari Kaleng

4. Membentuk Onigiri dengan Acuan

Ambil sejumput nasi dan letakkan di dalam acuan. Tambahkan telur dadar yang sudah dipotong tadi dan tutupi kembali dengan sejumput nasi. Tekan dengan lembut menggunakan acuan hingga nasi menjadi padat dan berbentuk segitiga atau bulat sesuai dengan bentuk acuan. Ulangi langkah ini hingga nasi dan telur dadar habis.

5. Mengaplikasikan Plastik Wrap

Siapkan selembar plastik wrap dan letakkan di atas meja. Ambil satu onigiri dan letakkan di tengah-tengah plastik wrap. Rapatkan plastik wrap ke arah dalam dan boleh di bentuk beberapa bentuk agar lebih cantik

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa nasi Jepang itu?

Nasi jepang adalah jenis nasi yang memiliki tekstur yang lebih kenyal dan kering dibandingkan dengan nasi biasa.

2. Apakah onigiri bisa disimpan dalam lemari es?

Ya, onigiri dapat disimpan dalam lemari es untuk beberapa waktu.

3. Apa saja bahan yang bisa dijadikan isi onigiri?

Bahan yang bisa dijadikan isi onigiri antara lain umeboshi, ikan, sayuran, dan telur.

4. Bisakah onigiri disajikan sebagai menu sarapan?

Ya, onigiri bisa disajikan sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam.

5. Apa yang bisa dijadikan sebagai pengganti kaldu ayam?

Anda bisa menggunakan kaldu jamur atau kaldu sayuran sebagai pengganti kaldu ayam.

Kesimpulan

Nah, itulah sobat sederhana, cara sederhana membuat onigiri isi telur yang bisa kamu coba di rumah. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat sesuatu yang enak dan sehat. Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Sederhana Membuat Onigiri Isi Telur