Cara Sederhana Membuat Grease Trap ala Mahasiswa

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan berbicara tentang cara sederhana membuat grease trap ala mahasiswa. Grease trap atau penangkap lemak adalah alat yang digunakan untuk menangkap lemak dan minyak yang berada di dalam air limbah dapur. Dengan membuat grease trap, kita dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan mengurangi biaya pengolahan air limbah. Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai pembuatan grease trap, pastikan kamu telah mempersiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Berikut bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Alat
Ember plastik
Pisau
Besar cor
Tempat pensil
Pasir
Talang air
Kerikil
Timbangan
Lem PVC
Ember tahan panas

Setelah semua bahan dan alat telah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah memulai pembuatan grease trap.

2. Membuat Ember Plastik Menjadi Grease Trap

Yang pertama harus dilakukan adalah memotong bagian atas ember plastik sampe setengah atau lebih, tergantung besar lubang yang diinginkan. Setelah itu, buatlah lubang pada bagian bawah ember yang cukup besar untuk memasukkan talang air. Kemudian, pasanglah ember plastik di atas tempat pensil agar mudah dipegang saat sedang digunakan.

3. Menambahkan Media Penyaringan

Setelah ember plastik sudah siap, langkah selanjutnya adalah menambahkan media penyaringan. Campurkan pasir dan kerikil dengan perbandingan 1:1 dan timbanglah sekitar 2-3 kg. Kemudian, tambahkan campuran pasir dan kerikil ke dalam ember plastik hingga setengah atau lebih. Pastikan campuran pasir dan kerikil sudah merata di dalam ember plastik.

4. Memasang Talang Air

Setelah media penyaringan sudah ditambahkan, langkah selanjutnya adalah memasang talang air di bawah lubang yang dibuat pada bagian bawah ember plastik. Talang air berfungsi untuk menampung air limbah dapur yang telah dilewatkan melalui media penyaringan.

TRENDING 🔥  Cara Penjelasan Gerak Harmonik Sederhana

5. Menutup Ember Plastik dengan Lem PVC

Setelah talang air dipasang, langkah terakhir adalah menutup ember plastik dengan lem PVC. Pastikan lem PVC telah merata di sekitar sambungan ember dan talang air sehingga air limbah dapat tertampung dengan baik di dalam talang air.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apa itu grease trap?

Grease trap atau penangkap lemak adalah alat yang digunakan untuk menangkap lemak dan minyak yang berada di dalam air limbah dapur.

2. Mengapa harus membuat grease trap?

Dengan membuat grease trap, kita dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan mengurangi biaya pengolahan air limbah.

3. Apa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat grease trap?

Bahan yang dibutuhkan antara lain ember plastik, besi cor, pasir, kerikil, dan lem PVC. Alat yang dibutuhkan antara lain pisau, tempat pensil, talang air, timbangan, dan ember tahan panas.

4. Bagaimana cara membuat media penyaringan?

Campurkan pasir dan kerikil dengan perbandingan 1:1 dan timbanglah sekitar 2-3 kg.

5. Apa fungsi talang air?

Talang air berfungsi untuk menampung air limbah dapur yang telah dilewatkan melalui media penyaringan.

Simak Video Tutorial Cara Membuat Grease Trap ala Mahasiswa

Untuk memudahkan pemahaman cara membuat grease trap ala mahasiswa, sobat sederhana dapat menonton video tutorial di bawah ini:

video tutorial disini

Kesimpulan

Dengan membuat grease trap ala mahasiswa, kita dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan mengurangi biaya pengolahan air limbah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi sobat sederhana. Jika masih ada pertanyaan terkait pembuatan grease trap, silakan tulis di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Penilaian Hemodinamik Secara Sederhana

Cara Sederhana Membuat Grease Trap ala Mahasiswa