Cara Sederhana Membuat Donat Kentang

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka donat? Pasti hampir semua orang suka dengan donat. Donat adalah salah satu jenis kue yang mudah dijumpai di mana-mana. Ada berbagai macam varian rasa dan bentuk donat yang bisa kamu pilih.

Tapi, apakah kamu tahu bahwa kamu bisa membuat donat kentang sendiri di rumah dengan mudah? Donat kentang memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Yuk, simak cara sederhana membuat donat kentang berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat 10 hingga 12 buah donat kentang:

Bahan
Jumlah
Kentang
300 gram
Tepung terigu protein sedang
250 gram
Kuning telur
2 butir
Gula pasir
50 gram
Ragi instan
1 sendok makan
Garam
1/2 sendok teh
Susu cair
100 ml
Margarin
50 gram
Air matang
80 ml

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mulai membuat donat kentang yang lezat!

Cara membuat donat kentang:

1. Mengolah kentang:

Pertama-tama, kentang harus dikukus terlebih dahulu hingga matang. Setelah itu, haluskan kentang dengan menggunakan garpu atau saringan halus.

2. Membuat adonan:

Campurkan kentang yang sudah dihaluskan dengan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

Tambahkan kuning telur, margarin, susu cair, dan air matang ke dalam campuran tepung dan kentang. Aduk rata hingga membentuk adonan yang lembut dan tidak lengket di tangan. Tutup adonan dengan kain dan diamkan selama 2 jam hingga adonan mengembang.

3. Membentuk donat:

Setelah adonan mengembang, ambil sejumput adonan dan giling hingga pipih dengan menggunakan rolling pin. Bentuk adonan yang sudah digilas dengan menggunakan cetakan donat. Lakukan sampai adonan habis.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Komunikasi Data Sederhana Reza

4. Menggoreng donat:

Panaskan minyak dalam wajan dan goreng donat hingga keemasan di kedua sisinya. Angkat dan tiriskan. Donat kentang siap disajikan!

FAQ:

1. Apakah tepung terigu protein sedang bisa diganti dengan tepung terigu protein rendah atau tinggi?

Bisa. Namun, tekstur donat mungkin akan berbeda jika menggunakan tepung terigu dengan kadar protein yang berbeda.

2. Berapa lama donat kentang bisa disimpan?

Donat kentang bisa bertahan selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan. Jika ingin mempertahankan kelembutan donat, kamu bisa menyimpannya dalam kulkas.

3. Bagaimana cara membuat donat kentang yang lebih manis?

Kamu bisa menambahkan gula pasir sesuai selera atau mengganti susu cair dengan susu kental manis.

Kesimpulan:

Sekarang kamu bisa membuat donat kentang sendiri di rumah dengan mudah. Selain lebih murah, kamu juga bisa menyesuaikan rasa donat sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk membagikan resep cara sederhana membuat donat kentang ini kepada teman-temanmu ya, Sobat Sederhana! Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Sederhana Membuat Donat Kentang