Cara Print Form HTML Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara print form HTML sederhana. Bagi Anda yang masih belum familiar dengan HTML, artikel ini akan menjadi panduan yang berguna untuk mencetak form di web Anda. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Apa itu Form HTML?

Form HTML adalah element HTML yang berfungsi sebagai alat input data dari pengguna ke server. Form HTML dapat mengumpulkan informasi seperti nama, alamat, email, bahkan file. Form ini akan diproses oleh script yang ditulis oleh developer untuk kemudian disimpan di server.

Jadi, dengan form HTML, Anda dapat mengumpulkan informasi apa pun yang Anda butuhkan dari pengguna dan menyimpannya ke server. Nah, bagaimana cara mencetak form HTML ini? Mari kita simak bersama-sama.

1. Persiapan HTML

Langkah pertama adalah menyiapkan HTML yang akan di-print. Pastikan konten HTML yang ingin Anda print terlihat seperti yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk mengatur styling dan posisi elemen agar tampilan printout menjadi baik. Berikut adalah contoh HTML yang disiapkan:

Nama
Alamat
Email

Pada contoh di atas, kita memiliki sebuah form yang terdiri dari tiga input, yaitu nama, alamat, dan email. Anda dapat menambahkan input atau field lainnya sesuai dengan kebutuhan.

2. Menggunakan CSS untuk mengatur tampilan print

Selanjutnya, kita akan menggunakan CSS untuk mengatur tampilan print form HTML. Kita akan membuat stylesheet khusus untuk tampilan printout. Berikut adalah contoh CSS yang dapat digunakan:

@media print {input[type="text"], textarea, input[type="email"] {border: none;font-size: 14px;margin-bottom: 5px;width: 100%;}table {border-collapse: collapse;margin-bottom: 10px;width: 100%;}th, td {border: 1px solid #ccc;padding: 8px;text-align: left;}}

Dalam contoh CSS di atas, kita mengatur tampilan input dan text area dengan menghilangkan border, menambahkan margin, dan mengatur lebar. Kita juga mengatur tampilan table dan cell dengan menambahkan border dan padding. Selain itu, kita menggunakan @media print agar styling hanya berlaku saat tampilan printout.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Penjernih Air dari Bahan Sederhana

3. Menggunakan JavaScript untuk print form HTML

Setelah HTML dan CSS siap, kita akan menggunakan JavaScript untuk mengatur proses print. Berikut adalah contoh JavaScript untuk print form HTML:

function printForm() {var printContents = document.getElementById("form-to-print").innerHTML;var originalContents = document.body.innerHTML;document.body.innerHTML = printContents;window.print();document.body.innerHTML = originalContents;}

Pada contoh di atas, kita membuat sebuah fungsi bernama printForm() yang akan menyalin isi dari form HTML ke variabel printContents menggunakan metode innerHTML. Kemudian, kita menyimpan isi asli dari body HTML ke variabel originalContents dan mengganti body dengan isi dari form HTML.

Setelah proses print selesai, kita menghapus isi body dan mengembalikan isi aslinya menggunakan variabel originalContents.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah saya bisa mencetak form HTML tanpa menggunakan JavaScript?

Tentu saja bisa. Anda dapat menggunakan fitur print pada browser untuk mencetak halaman web secara keseluruhan atau memilih elemen yang ingin dicetak. Namun, dengan menggunakan JavaScript, Anda dapat mengatur tampilan print secara lebih spesifik dan praktis.

2. Apakah semua elemen HTML dapat dicetak?

Tidak semua elemen HTML dapat dicetak dengan baik. Beberapa elemen seperti video dan audio tidak dapat dicetak. Oleh karena itu, pastikan konten HTML yang ingin Anda cetak dapat diakses melalui printout.

3. Bagaimana jika saya ingin mencetak form HTML dengan data yang sudah diisi pengguna?

Anda dapat menggunakan JavaScript untuk menyalin nilai dari input dan menambahkan nilai itu ke form HTML sebelum melakukan proses print. Berikut adalah contoh script:

function printForm() {// mengambil nilai inputvar nama = document.getElementById("nama").value;var alamat = document.getElementById("alamat").value;var email = document.getElementById("email").value;// menambahkan nilai ke form HTMLdocument.getElementById("nama-print").innerHTML = nama;document.getElementById("alamat-print").innerHTML = alamat;document.getElementById("email-print").innerHTML = email;// proses printwindow.print();}

Pada contoh di atas, kita mengambil nilai dari input nama, alamat, dan email lalu menambahkan nilai itu ke form HTML dengan menggunakan innerHTML.

Conclusion

Demikianlah cara print form HTML sederhana yang dapat Anda praktikkan di web Anda. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengatur tampilan print dengan lebih baik dan akurat. Jangan lupa untuk melakukan uji coba sebelum melakukan proses print agar Anda mendapatkan hasil yang optimal.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Basah Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Print Form HTML Sederhana