Cara Pemurnian Air Secara Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara pemurnian air secara sederhana. Air adalah kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia, namun tidak semua air yang tersedia dapat langsung dikonsumsi. Oleh karena itu, pemurnian air menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kita. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk memurnikan air.

1. Saringan Pasir

Saringan pasir adalah salah satu cara sederhana untuk memurnikan air. Pada dasarnya, saringan pasir adalah wadah yang diisi dengan pasir yang berfungsi menyaring kotoran dan partikel-partikel lain dari air. Untuk membuat saringan pasir, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti pasir, kerikil, batu, dan ember. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Bahan
Jumlah
Pasir Kasar
1 karung
Kerikil
1/2 karung
Batu Pecah
1/4 karung
Ember
1 buah

Caranya adalah dengan mengisi ember dengan lapisan kerikil, batu pecah dan pasir kasar berturut-turut. Kemudian, letakkan ember tersebut di tempat yang tinggi dan beri air pada lapisan paling atas. Air akan disaring secara alami melalui lapisan pasir, kerikil, dan batu pecah.

Kelebihan Saringan Pasir

  1. Bahan-bahannya mudah didapatkan
  2. Prosesnya mudah dan sederhana
  3. Tidak membutuhkan tenaga listrik

Kerugian Saringan Pasir

  1. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyaring air
  2. Hanya dapat menyaring partikel-partikel besar di air
  3. Perlu diganti pasirnya secara berkala

2. Penyaring Kain

Cara sederhana lainnya adalah dengan menggunakan penyaring kain atau saringan kopi. Caranya adalah dengan meletakkan kain atau saringan kopi pada atas wadah atau teko, sesudah itu tuangkan air perlahan-lahan pada kain atau saringan kopi tersebut. Air akan mengalir ke dalam wadah atau teko, sedangkan kotoran dan partikel-partikel lain akan tertahan di atas kain atau saringan kopi.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Capcay Kuah Sederhana

Kelebihan Penyaring Kain

  1. Bahan-bahannya mudah didapatkan
  2. Prosesnya mudah dan cepat
  3. Tidak membutuhkan tenaga listrik

Kerugian Penyaring Kain

  1. Hanya dapat menyaring partikel-partikel kecil di air
  2. Perlu diganti secara berkala
  3. Kapasitas penyaringannya terbatas

3. Penjernih Air Tradisional

Penjernih air tradisional sangat sederhana dan mudah dibuat. Caranya adalah dengan mengambil sebatang kayu akasia atau jati, lalu iris kecil-kecil kayu tersebut dengan menggunakan pisau. Setelah itu, masukkan ke dalam air yang akan dijernihkan, tunggu beberapa saat hingga kayu tersebut menyerap kotoran dan partikel lain, kemudian angkat kayu tersebut dari air.

Kelebihan Penjernih Air Tradisional

  1. Prosesnya sangat mudah dan cepat
  2. Bahan-bahannya mudah didapatkan
  3. Tidak membutuhkan tenaga listrik

Kerugian Penjernih Air Tradisional

  1. Hanya dapat menyaring partikel-partikel kecil di air
  2. Perlu diganti secara berkala
  3. Tidak dapat menyaring bakteri dan virus

FAQ

1. Apa saja bahaya air yang tidak dimurnikan?

Air yang tidak dimurnikan dapat mengandung bakteri, virus, parasit, atau partikel-partikel yang dapat membahayakan kesehatan kita. Beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh air yang tidak dimurnikan adalah infeksi saluran pencernaan, diare, typhus, kolera, dan lain-lain.

2. Apakah semua jenis air dapat dimurnikan?

Semua jenis air bisa dimurnikan, namun ada air yang lebih sulit untuk dimurnikan karena kadar kotorannya yang sangat tinggi. Contohnya adalah air yang tercemar limbah industri, limbah pertanian, atau limbah domestik.

3. Apa yang harus dilakukan bila tidak ada air bersih di sekitar kita?

Bila tidak ada air bersih di sekitar kita, kita dapat mencari sumber air yang bersih dari tempat yang jauh dan membawanya ke tempat kita berada menggunakan kendaraan atau wadah untuk menyimpan air tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bakso Aci Kuah Pedas Sederhana

4. Apa yang harus dilakukan setelah air dimurnikan?

Setelah air dimurnikan, air tersebut dapat langsung digunakan untuk memasak atau diminum. Namun, ada baiknya untuk memasaknya terlebih dahulu agar lebih steril.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Pemurnian Air Secara Sederhana