Cara Merias Wajah Sederhana bagi Pemula

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sering mengalami kesulitan dalam merias wajah? Tenang saja, kamu tidak sendirian! Banyak orang merasa kesulitan dalam hal ini, terutama bagi pemula. Namun, merias wajah sebenarnya tidak serumit yang kamu bayangkan. Artikel ini akan membahas cara merias wajah sederhana bagi pemula dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami. Yuk, simak selengkapnya!

Mengenal Jenis Kulit

Sebelum kita memulai tutorial merias wajah, ada baiknya kita mengenal dulu jenis kulit yang kita miliki. Hal ini penting agar kita bisa memilih produk dan teknik rias yang tepat.

Kulit Normal

Kulit normal cenderung memiliki tekstur halus dan tidak berminyak. Jika kamu memiliki jenis kulit ini, kamu cukup beruntung karena kamu bisa memilih berbagai jenis produk riasan dengan mudah.

Kulit Kering

Jika kulitmu terasa kering dan bersisik, maka kamu memiliki jenis kulit kering. Kamu perlu memilih produk riasan yang mengandung pelembap agar kulitmu tidak kering dan terlihat lebih segar.

Kulit Berminyak

Jika wajahmu terlihat berminyak di sebagian besar waktu, maka kamu memiliki jenis kulit berminyak. Kamu perlu memilih produk riasan yang tidak menyumbat pori-pori agar kulitmu tidak semakin berminyak.

Kulit Sensitif

Jika kulitmu rentan terhadap iritasi dan reaksi alergi, maka kamu memiliki jenis kulit sensitif. Kamu perlu memilih produk riasan yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Langkah-Langkah Merias Wajah

Langkah 1: Bersihkan Wajah

Sebelum mulai merias wajah, pastikan wajahmu bersih terlebih dahulu. Cuci wajahmu dengan air hangat dan sabun wajah yang lembut. Usahakan untuk menghindari penggunaan sabun yang mengandung alkohol atau bahan kimia yang berbahaya untuk kulitmu. Setelah selesai, bilas wajahmu dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Mesin Penetas Telur Sederhana

Langkah 2: Gunakan Pelembap

Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulitmu. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Gunakan pelembap secara merata pada seluruh wajahmu dan biarkan meresap selama beberapa menit sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Gunakan Primer

Primer adalah produk riasan yang digunakan sebelum penggunaan foundation atau bedak. Primer membantu menyerap minyak pada kulitmu, membuat riasanmu lebih tahan lama, dan membuat kulitmu terlihat lebih halus. Gunakan primer secara merata pada seluruh wajahmu sebelum menggunakan foundation atau bedak.

Langkah 4: Gunakan Foundation

Foundation adalah produk riasan yang digunakan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada kulitmu seperti jerawat, bekas luka, dan noda hitam. Pilihlah foundation yang sesuai dengan warna kulitmu untuk hasil yang natural. Gunakan foundation secara merata pada seluruh wajahmu dengan menggunakan spons atau kuas makeup yang bersih.

Langkah 5: Gunakan Concealer

Concealer adalah produk riasan yang digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, bekas jerawat, atau noda pada wajah. Pilihlah concealer yang sesuai dengan warna kulitmu untuk hasil yang natural. Gunakan concealer dengan kuas kecil pada area yang ingin kamu tutupi.

Cara Merias Mata

Langkah 1: Gunakan Eyeshadow

Eyeshadow adalah produk riasan yang digunakan pada kelopak mata untuk memberikan efek warna yang berbeda. Pilihlah warna eyeshadow yang sesuai dengan warna kulitmu dan warna baju yang kamu pakai. Gunakan eyeshadow dengan kuas kecil dan aplikasikan pada kelopak mata secara merata.

Langkah 2: Gunakan Eyeliner

Eyeliner adalah produk riasan yang digunakan pada garis bulu mata untuk membuat mata terlihat lebih besar dan tegas. Pilihlah warna eyeliner yang sesuai dengan warna kulitmu dan warna riasan mata yang kamu inginkan. Gunakan eyeliner pada garis bulu mata secara hati-hati dan jangan terlalu tebal.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Filter Air Sederhana dari Botol

Langkah 3: Gunakan Maskara

Maskara adalah produk riasan yang digunakan pada bulu mata untuk membuat bulu mata terlihat lebih panjang dan tebal. Pilihlah maskara yang sesuai dengan warna bulu mata dan pilihlah jenis maskara yang kamu inginkan (volume atau panjang). Gunakan maskara pada bulu mata secara merata dan hindari penggunaan yang terlalu tebal.

Cara Merias Bibir

Langkah 1: Gunakan Lipstik

Lipstik adalah produk riasan yang digunakan pada bibir untuk memberikan warna yang berbeda. Pilihlah warna lipstik yang sesuai dengan warna kulitmu dan warna baju yang kamu pakai. Gunakan lipstik dengan kuas kecil dan aplikasikan pada bibir secara merata.

Langkah 2: Gunakan Lip Balm

Lip balm adalah produk riasan yang digunakan untuk menjaga kelembapan bibirmu. Pilihlah lip balm yang mengandung pelembap agar bibirmu tetap lembut dan terhidrasi. Gunakan lip balm secara merata pada bibirmu sebelum menggunakan lipstik.

Tips dan Trik Merias Wajah

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik merias wajah yang bisa kamu terapkan untuk hasil riasan yang lebih maksimal:

No.
Tips Merias Wajah
1.
Gunakan kuas makeup yang bersih dan teratur membersihkannya.
2.
Gunakan produk riasan yang berkualitas dan sesuai dengan jenis kulitmu.
3.
Hindari penggunaan produk riasan yang terlalu tebal.
4.
Gunakan pelembap dan sunscreen sebelum merias wajahmu.
5.
Gunakan warna riasan yang sesuai dengan suasana dan acara yang kamu hadiri.

FAQ

1. Apakah produk riasan mahal selalu lebih baik?

Tidak. Produk riasan yang mahal tidak selalu memberikan hasil yang lebih baik. Selalu cek bahan dan kualitas produk sebelum membeli.

2. Apakah makeup bisa membuat jerawat semakin parah?

Ya, penggunaan makeup yang terlalu tebal dan tidak dibersihkan dengan baik bisa membuat jerawat semakin parah. Pastikan untuk membersihkan wajah secara teratur.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Rujak Ulek Sederhana

3. Apa yang harus dilakukan jika makeup terkena air?

Jangan usap wajah dengan handuk. Gunakan tisu atau kain bersih dan tekan-tekan secara perlahan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Merias Wajah Sederhana bagi Pemula

https://youtube.com/watch?v=nsLPw43LKsA