Cara Menyederhanakan Penjumlahan Pecahan Campuran

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah merasa kesulitan ketika harus menjumlahkan pecahan campuran? Jangan khawatir, pada artikel kali ini kita akan membahas cara menyederhanakan penjumlahan pecahan campuran dengan mudah dan cepat.

Apa itu Pecahan Campuran?

Sebelum kita membahas cara menyederhanakan penjumlahan pecahan campuran, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu pecahan campuran. Pecahan campuran merupakan jenis pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Contohnya adalah 3 2/3, 5 1/4, dan 7 3/5.

Untuk menyederhanakan atau mempermudah penjumlahan pecahan campuran, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa.

Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa

Untuk mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kita perlu mengalikan bilangan bulat dengan penyebut dan menambahkan pembilang ke hasilnya. Contohnya, jika kita ingin mengubah 3 2/3 menjadi pecahan biasa, maka kita perlu melakukan perhitungan sebagai berikut:

Langkah
Perhitungan
Hasil
1
3 x 3
9
2
9 + 2
11
3
11 / 3
3 2/3

Dari perhitungan di atas, kita dapat mengubah 3 2/3 menjadi pecahan biasa dengan hasil 11/3.

Menjumlahkan Pecahan Biasa

Setelah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kita dapat langsung menjumlahkan pecahan tersebut seperti menjumlahkan biasanya. Namun, untuk mempermudah perhitungan, kita perlu mencari denominasi yang sama terlebih dahulu.

Mencari Denominasi yang Sama

Denominasi adalah penyebut pada pecahan. Untuk menjumlahkan pecahan, kita perlu mencari denominasi yang sama terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencari kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari penyebut pada pecahan tersebut.

Contohnya, jika kita ingin menjumlahkan 1/3 dengan 1/4, maka kita perlu mencari KPK dari 3 dan 4, yaitu 12. Kemudian, kita perlu mengubah pecahan tersebut agar memiliki denominasi 12. Caranya adalah dengan mengalikan pembilang dan penyebut pada masing-masing pecahan dengan bilangan yang sesuai.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Karbit Sederhana - Sobat Sederhana
Pecahan
Pembilang
Penyebut
Hasil
1/3
4
12
4/12
1/4
3
12
3/12

Setelah mengubah pecahan tersebut, kita dapat langsung menjumlahkannya, yaitu 4/12 + 3/12 = 7/12.

Menyederhanakan Pecahan Hasil Jumlah

Setelah menjumlahkan pecahan, kita perlu menyederhanakan pecahan menjadi bentuk paling sederhana agar lebih mudah dipahami. Caranya adalah dengan mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari pembilang dan penyebut pada pecahan tersebut, lalu membagi keduanya dengan FPB tersebut.

Contohnya, jika hasil penjumlahan pecahan adalah 7/12, maka kita perlu mencari FPB dari 7 dan 12, yaitu 1. Kemudian, kita perlu membagi keduanya dengan 1, sehingga hasil penyederhanaannya adalah 7/12.

Menerapkan pada Penjumlahan Pecahan Campuran

Setelah memahami cara menyederhanakan penjumlahan pecahan biasa, kita dapat menerapkannya pada penjumlahan pecahan campuran dengan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu, kemudian menjumlahkan pecahan biasa tersebut seperti biasanya, dan menyederhanakan hasil penjumlahannya.

FAQ

1. Apa bedanya pecahan campuran dan pecahan biasa?

Pecahan campuran merupakan pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa, sedangkan pecahan biasa hanya terdiri dari pembilang dan penyebut.

2. Apa yang harus dilakukan untuk menyederhanakan penjumlahan pecahan campuran?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kemudian menjumlahkan pecahan biasa tersebut seperti biasanya, dan menyederhanakan hasil penjumlahannya.

3. Apa yang dimaksud dengan denominasi pada pecahan?

Denominasi pada pecahan adalah penyebut pada pecahan.

4. Bagaimana cara mencari denominasi yang sama pada penjumlahan pecahan?

Caranya adalah dengan mencari kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari penyebut pada pecahan tersebut.

5. Apa yang harus dilakukan setelah menjumlahkan pecahan?

Setelah menjumlahkan pecahan, kita perlu menyederhanakan pecahan menjadi bentuk paling sederhana agar lebih mudah dipahami.

TRENDING 🔥  Cara Mengolah Biji Coklat Sederhana

Penutup

Demikian artikel ini tentang cara menyederhanakan penjumlahan pecahan campuran. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan kamu dapat lebih mudah dan cepat dalam menjumlahkan pecahan campuran. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menyederhanakan Penjumlahan Pecahan Campuran