Cara Menyederhanakan Pecahan Suku Banyak

Hello Sobat Sederhana, dalam matematika, pecahan suku banyak adalah pecahan yang memiliki penyebut yang sama, seperti 2/3, 4/3, dan 5/3. Namun, seringkali kita kesulitan dalam menyederhanakan atau mengubah pecahan suku banyak menjadi bentuk yang lebih sederhana. Namun, jangan khawatir sobat, dalam artikel ini kita akan membahas cara menyederhanakan pecahan suku banyak dengan mudah dan cepat.

Apa itu Pecahan Suku Banyak?

Sebelum kita membahas cara menyederhanakan pecahan suku banyak, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu pecahan suku banyak. Pecahan suku banyak adalah pecahan yang memiliki penyebut yang sama atau sejenis. Contohnya adalah 2/3, 4/3, dan 5/3.

Pecahan suku banyak dapat disederhanakan atau diubah menjadi bentuk yang lebih sederhana, yaitu pecahan biasa atau campuran. Pecahan biasa adalah pecahan yang memiliki penyebut dan pembilang yang berbeda, sedangkan pecahan campuran adalah kombinasi antara bilangan bulat dan pecahan biasa.

Contoh Pecahan Suku Banyak:

Pecahan Suku Banyak
Pecahan yang Disederhanakan
2/3
2/3
4/3
1 1/3
5/3
1 2/3

Cara Menyederhanakan Pecahan Suku Banyak

Berikut ini adalah cara menyederhanakan pecahan suku banyak:

Langkah 1: Temukan Penyebut Terbesar

Langkah pertama dalam menyederhanakan pecahan suku banyak adalah menemukan penyebut terbesar dari ketiga pecahan. Misalnya, kita akan menyederhanakan 2/3, 4/3, dan 5/3.

Penyebut terbesar dari ketiga pecahan tersebut adalah 3. Kita dapat mengubah ketiga pecahan tersebut sehingga memiliki penyebut yang sama, yaitu 3.

Langkah 2: Ubah Pecahan Menjadi Bentuk Yang Sama

Setelah menemukan penyebut terbesar, langkah selanjutnya adalah mengubah ketiga pecahan tersebut menjadi bentuk yang sama. Misalnya, kita akan mengubah 2/3, 4/3, dan 5/3 menjadi bentuk yang sama dengan penyebut 3.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sablon Sederhana
Pecahan Suku Banyak
Pecahan dengan Penyebut 3
2/3
2/3
4/3
4/3 x 1/1 = 4/3
5/3
5/3 x 1/1 = 5/3

Langkah 3: Tambahkan atau Kurangi Pecahan

Setelah memiliki pecahan dengan penyebut yang sama, langkah selanjutnya adalah menambahkan atau mengurangkan pecahan. Misalnya, kita akan menyederhanakan pecahan suku banyak 2/3, 4/3, dan 5/3.

Kita dapat menambahkan pecahan 4/3 dan 5/3 sehingga menjadi 9/3 atau 3. Sehingga, pecahan suku banyak 2/3, 4/3, dan 5/3 dapat disederhanakan menjadi 1 2/3 atau 5/3.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu Pecahan Suku Banyak?

Pecahan suku banyak adalah pecahan yang memiliki penyebut yang sama atau sejenis, seperti 2/3, 4/3, dan 5/3.

2. Bagaimana Cara Menyederhanakan Pecahan Suku Banyak?

Langkah pertama adalah menemukan penyebut terbesar dari ketiga pecahan. Setelah itu, ubah ketiga pecahan menjadi bentuk yang sama. Terakhir, tambahkan atau kurangi pecahan sehingga dapat disederhanakan menjadi bentuk yang lebih sederhana seperti pecahan biasa atau campuran.

3. Bagaimana Cara Mengubah Pecahan Suku Banyak Menjadi Pecahan Biasa?

Untuk mengubah pecahan suku banyak menjadi pecahan biasa, kita perlu menambahkan atau mengurangkan pecahan sehingga memiliki penyebut yang berbeda dari pembilangnya. Misalnya, pecahan suku banyak 2/3, 4/3, dan 5/3 dapat diubah menjadi pecahan biasa seperti 5/3, 4/3, dan 2/3.

Kesimpulan

Dalam matematika, pecahan suku banyak seringkali menyulitkan kita dalam menyederhanakan atau mengubahnya menjadi bentuk yang lebih sederhana. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kita dapat dengan mudah menyederhanakan pecahan suku banyak menjadi bentuk yang lebih sederhana seperti pecahan biasa atau campuran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana dan dapat membantu Sobat dalam memahami cara menyederhanakan pecahan suku banyak. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pesawat Dinamo Sederhana

Cara Menyederhanakan Pecahan Suku Banyak