Cara Menyederhanakan Pecahan Pembagian

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara menyederhanakan pecahan pembagian. Pecahan adalah bentuk bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembagian pada pecahan adalah operasi untuk membagi pembilang dan penyebut pada dua pecahan. Kadang-kadang hasilnya dapat disederhanakan dengan cara membagi bilangan tersebut dengan bilangan yang sama. Mari kita lihat lebih lanjut.

Apa itu Pecahan?

Pecahan adalah bilangan yang merupakan pembagian antara dua bilangan bulat. Pecahan biasa terdiri dari pembilang dan penyebut, dipisahkan oleh garis pecahan. Sebagai contoh, pecahan 3/4 memiliki pembilang 3 dan penyebut 4.

Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Sebagai contoh, pecahan campuran 2 1/2 terdiri dari bilangan bulat 2 dan pecahan 1/2.

Bagaimana Cara Membagi Pecahan?

Untuk membagi pecahan, kita dapat menggunakan rumus berikut:

Rumus Pembagian Pecahan
a/b ÷ c/d = (a/b) × (d/c)

Dalam rumus di atas, a dan b adalah pembilang dan penyebut pecahan pertama, sedangkan c dan d adalah pembilang dan penyebut pecahan kedua. Hasil dari pembagian pecahan adalah pecahan baru yang disederhanakan jika mungkin.

Cara Menyederhanakan Pecahan Pembagian

Untuk menyederhanakan pecahan hasil pembagian, kita dapat menggunakan cara-cara berikut:

1. Bagi Pembilang dan Penyebut dengan Faktor yang Sama

Cara ini digunakan ketika pembilang dan penyebut dapat dibagi dengan faktor yang sama. Sebagai contoh, pecahan 12/24 dan 9/27 dapat disederhanakan menjadi 1/2 dan 1/3

2. Simplifikasi Pecahan

Cara ini digunakan ketika pecahan dapat disederhanakan menjadi bentuk paling sederhana. Sebagai contoh, pecahan 15/30 dapat disederhanakan menjadi 1/2.

3. Ubah ke Pecahan Campuran

Cara ini digunakan ketika pecahan hasil pembagian dapat diubah menjadi pecahan campuran. Sebagai contoh, pecahan 7/4 dapat diubah menjadi pecahan campuran 1 3/4.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pisang Goreng Keju Sederhana

4. Gunakan Angka Desimal

Cara ini digunakan ketika hasil pembagian pecahan dapat diubah ke dalam angka desimal. Sebagai contoh, hasil pembagian pecahan 3/4 dengan 2/3 adalah 1 1/2 atau 1,5 dalam bentuk angka desimal.

FAQ

1. Apa itu pecahan?

Pecahan adalah bilangan yang merupakan pembagian antara dua bilangan bulat. Pecahan biasa terdiri dari pembilang dan penyebut, dipisahkan oleh garis pecahan.

2. Bagaimana cara membagi pecahan?

Untuk membagi pecahan, kita dapat menggunakan rumus (a/b) ÷ (c/d) = (a/b) × (d/c). Hasil dari pembagian pecahan adalah pecahan baru yang disederhanakan jika mungkin.

3. Bagaimana cara menyederhanakan pecahan hasil pembagian?

Kita dapat menggunakan cara-cara berikut untuk menyederhanakan pecahan hasil pembagian: membagi pembilang dan penyebut dengan faktor yang sama, simplifikasi pecahan, ubah ke pecahan campuran, atau gunakan angka desimal.

Penutup

Demikianlah cara menyederhanakan pecahan pembagian. Dengan menggunakan cara-cara tersebut, kita dapat dengan mudah menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan pecahan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Menyederhanakan Pecahan Pembagian