Cara Menyederhanakan Pecahan pada Persamaan Linear

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara menyederhanakan pecahan pada persamaan linear. Persamaan linear merupakan salah satu materi dasar dalam matematika yang sering ditemukan pada pelajaran sekolah. Namun, banyak dari kita yang masih kesulitan dalam menyederhanakan pecahan pada persamaan linear. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang cara menyederhanakan pecahan pada persamaan linear dengan bahasa yang mudah dipahami.

Pengertian Persamaan Linear

Sebelum kita membahas tentang cara menyederhanakan pecahan pada persamaan linear, kita harus terlebih dahulu memahami apa itu persamaan linear. Persamaan linear merupakan persamaan matematika yang hanya memiliki variabel dengan pangkat 1. Contoh persamaan linear sederhana adalah:

2x + 3 = 7

Pada persamaan di atas, variabel x memiliki pangkat 1 sehingga persamaan tersebut disebut persamaan linear. Tujuan dari menyelesaikan persamaan linear adalah untuk mencari nilai variabel yang membuat persamaan tersebut benar.

Menyederhanakan Pecahan dalam Persamaan Linear

Sekarang kita akan masuk ke pembahasan inti dari artikel ini, yakni cara menyederhanakan pecahan pada persamaan linear. Pecahan yang dimaksud di sini adalah pecahan yang muncul pada koefisien variabel. Contoh persamaan linear dengan pecahan pada koefisien variabel adalah:

\frac{3}{4}x + 2 = 5

Pada persamaan di atas, koefisien variabel x memiliki pecahan \frac{3}{4}. Ada beberapa cara untuk menyederhanakan pecahan pada persamaan linear, di antaranya adalah:

Cara 1: Mengalikan dengan Bilangan Pembagi

Cara pertama adalah dengan mengalikan seluruh persamaan dengan bilangan pembagi dari pecahan koefisien variabel. Dalam contoh di atas, bilangan pembagi dari \frac{3}{4} adalah 4. Sehingga persamaan linear menjadi:

3x + 8 = 20

Dalam persamaan di atas, kita telah berhasil menyederhanakan pecahan pada koefisien variabel. Selanjutnya, kita dapat menyelesaikan persamaan linear seperti biasa dengan cara memindahkan konstanta ke sisi sebelah kanan dan membagi kedua sisi persamaan dengan koefisien variabel.

TRENDING 🔥  Cara Budget Pernikahan Sederhana

Cara 2: Mengubah Pecahan Menjadi Desimal

Cara kedua adalah dengan mengubah pecahan pada koefisien variabel menjadi desimal. Dalam contoh di atas, \frac{3}{4} dapat diubah menjadi desimal dengan cara membagi 3 dengan 4, sehingga didapatkan 0,75. Sehingga persamaan linear menjadi:

0,75x + 2 = 5

Dalam persamaan di atas, pecahan pada koefisien variabel telah disederhanakan menjadi desimal. Selanjutnya, kita dapat menyelesaikan persamaan linear seperti biasa dengan cara memindahkan konstanta ke sisi sebelah kanan dan membagi kedua sisi persamaan dengan koefisien variabel.

Tabel Konversi Pecahan ke Desimal

Untuk memudahkan dalam mengubah pecahan menjadi desimal, berikut adalah tabel konversi pecahan ke desimal:

Pecahan
Desimal
\frac{1}{2}
0,5
\frac{1}{4}
0,25
\frac{1}{5}
0,2
\frac{1}{8}
0,125

FAQ

1. Apa itu persamaan linear?

Persamaan linear merupakan persamaan matematika yang hanya memiliki variabel dengan pangkat 1.

2. Apa tujuan dari menyelesaikan persamaan linear?

Tujuan dari menyelesaikan persamaan linear adalah untuk mencari nilai variabel yang membuat persamaan tersebut benar.

3. Bagaimana cara menyederhanakan pecahan pada persamaan linear?

Ada beberapa cara untuk menyederhanakan pecahan pada persamaan linear, di antaranya adalah mengalikan dengan bilangan pembagi dan mengubah pecahan menjadi desimal.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara menyederhanakan pecahan pada persamaan linear. Terdapat dua cara yang dapat dilakukan, yakni mengalikan dengan bilangan pembagi dan mengubah pecahan menjadi desimal. Selain itu, kita juga telah membahas tentang tabel konversi pecahan ke desimal yang dapat memudahkan dalam mengubah pecahan menjadi desimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Sobat Sederhana dalam memahami materi persamaan linear. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menyederhanakan Pecahan pada Persamaan Linear