Cara Menyederhanakan Pecahan Negatif

Hello Sobat Sederhana, apakah kamu pernah merasa kesulitan dalam menyederhanakan pecahan negatif? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara-cara mudah untuk menyederhanakan pecahan negatif secara lengkap dan detail. Simak artikel berikut ini dengan seksama ya!

Apa itu Pecahan Negatif?

Sebelum memulai pembahasan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pecahan negatif. Pecahan negatif adalah pecahan yang memiliki nilai kurang dari nol atau di bawah garis bilangan nol. Contohnya, -1/2, -3/4, dan seterusnya. Sederhananya, pecahan negatif adalah pecahan yang nilainya di bawah nol.

Kenapa Harus Menyederhanakan Pecahan Negatif?

Sebenarnya, menyederhanakan pecahan negatif sama saja dengan menyederhanakan pecahan biasa. Namun, bagi sebagian orang, mengetahui cara menyederhanakan pecahan negatif dapat membantu mempermudah dalam pengerjaan soal matematika. Selain itu, menyederhanakan pecahan negatif juga bisa membantu mempermudah dalam pembacaan dan penulisan pecahan negatif.

Cara Menyederhanakan Pecahan Negatif

Pertama, Cari Faktor Persekutuan Terbesar

Langkah pertama dalam menyederhanakan pecahan negatif adalah mencari faktor persekutuan terbesar antara pembilang dan penyebut. Faktor persekutuan terbesar adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis pembilang dan penyebut.

Contohnya, jika kita memiliki pecahan -8/12, maka kita perlu mencari faktor persekutuan terbesar antara 8 dan 12, yaitu 4. Kemudian, kita dapat membagi kedua bilangan tersebut dengan 4 sehingga pecahan tersebut menjadi -2/3.

Kedua, Sederhanakan Pecahan

Setelah mendapatkan faktor persekutuan terbesar, langkah selanjutnya adalah menyederhanakan pecahan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor persekutuan terbesar yang telah ditemukan.

Contohnya, jika kita memiliki pecahan -20/25, maka faktor persekutuan terbesar antara 20 dan 25 adalah 5. Kemudian, kita dapat membagi kedua bilangan tersebut dengan 5 sehingga pecahan tersebut menjadi -4/5.

TRENDING 🔥  Cara Mengkritingkan Rambut di Rumah dengan Alat Pengeriting Rambut Sederhana

Ketiga, Ubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa

Jika kamu memiliki pecahan campuran yang negatif, maka kamu perlu mengubahnya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu sebelum menyederhanakannya. Caranya adalah dengan mengalikan angka bulat dengan penyebut kemudian menambahkan pembilang. Setelah itu, pecahan tersebut dapat disederhanakan seperti biasa.

Contohnya, jika kita memiliki pecahan campuran -1 1/3, maka kita perlu mengubahnya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengalikan angka bulat (-1) dengan penyebut (3) sehingga diperoleh pembilang -3. Kemudian, tambahkan pembilang -3 dengan pembilang pecahan biasa (1) sehingga diperoleh pembilang -4. Dengan demikian, pecahan campuran -1 1/3 dapat diubah menjadi pecahan biasa -4/3.

Frequently Asked Questions (FAQ)

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Apakah pecahan negatif sama dengan bilangan negatif?
Tidak, pecahan negatif adalah pecahan yang nilai numerator (pembilang) nya kurang dari 0, sedangkan bilangan negatif adalah bilangan yang nilainya kurang dari 0.
2
Apakah langkah menyederhanakan pecahan negatif sama dengan menyederhanakan pecahan biasa?
Ya, langkah-langkah menyederhanakan pecahan negatif sama seperti menyederhanakan pecahan biasa. Yang perlu diperhatikan adalah tanda negatif pada pecahan tersebut.
3
Apakah pecahan negatif bisa disederhanakan menjadi pecahan campuran?
Tidak, pecahan negatif tidak bisa disederhanakan menjadi pecahan campuran. Namun, pecahan campuran yang negatif bisa diubah menjadi pecahan biasa terlebih dahulu sebelum disederhanakan.

Kesimpulan

Dalam melakukan penyederhanaan pecahan negatif, kita perlu mencari faktor persekutuan terbesar antara pembilang dan penyebut, kemudian menyederhanakan pecahan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor persekutuan terbesar yang telah ditemukan. Jika kamu memiliki pecahan campuran yang negatif, maka kamu perlu mengubahnya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu sebelum menyederhanakannya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Menyederhanakan Pecahan Negatif