Cara Menyederhanakan Pecahan Hingga Jutaan

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sedang belajar matematika dan masih bingung dengan pecahan? Tenang saja, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menyederhanakan pecahan hingga jutaan dengan cara yang mudah dipahami. Simak terus ya!

Apa itu Pecahan?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menyederhanakan pecahan, kita harus tahu definisi dari pecahan terlebih dahulu. Pecahan adalah bentuk bilangan yang menyatakan bagian dari suatu bilangan bulat. Contohnya ½ yang berarti satu dari dua bagian.

Pecahan terdiri dari dua bagian, yaitu pembilang dan penyebut. Pembilang adalah bagian atas dari pecahan yang menunjukkan jumlah bagian yang diambil, sedangkan penyebut adalah bagian bawah dari pecahan yang menunjukkan jumlah bagian yang dibagi. Contohnya ¾, di mana 3 adalah pembilang dan 4 adalah penyebut.

Setelah kita tahu definisi pecahan, sekarang kita dapat mempelajari cara menyederhanakan pecahan.

Cara Menyederhanakan Pecahan

Ada dua cara untuk menyederhanakan pecahan, yaitu dengan cara membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama atau dengan mencari faktor persekutuan terbesar (FPB).

1. Memotong Pembilang dan Penyebut dengan Bilangan yang Sama

Cara ini dilakukan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama hingga tidak dapat dibagi lagi. Contohnya 8/12 dapat disederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan 4, sehingga menjadi 2/3.

Contoh Soal:

Pecahan Asli
Hasil Setelah Disederhanakan
24/36
2/3
15/30
1/2
12/48
1/4

2. Mencari Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)

Cara kedua adalah dengan mencari faktor persekutuan terbesar dari pembilang dan penyebut, lalu membagi keduanya dengan faktor tersebut. Contohnya, untuk menyederhanakan 8/12, kita harus mencari FPB dari 8 dan 12 terlebih dahulu. Setelah kita menemukan FPB, yaitu 4, kita dapat membagi pembilang dan penyebut dengan 4, sehingga menjadi 2/3.

TRENDING 🔥  Cara Membikin Periskop Sederhana

Contoh Soal:

Pecahan Asli
Hasil Setelah Disederhanakan
16/24
2/3
10/20
1/2
20/60
1/3

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bedanya sederhana dan tidak sederhana?

Pecahan sederhana adalah pecahan yang sudah tidak dapat disederhanakan lagi, sedangkan pecahan tidak sederhana adalah pecahan yang masih dapat disederhanakan.

2. Apa itu FPB?

FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar adalah bilangan bulat terbesar yang dapat membagi habis dua atau lebih bilangan bulat.

3. Apa tujuan dari menyederhanakan pecahan?

Tujuannya adalah agar pecahan yang kita gunakan menjadi lebih mudah dipahami dan dihitung. Selain itu, dengan menyederhanakan pecahan, kita dapat mempermudah dalam melakukan operasi matematika seperti penjumlahan ataupun pengurangan.

Kesimpulan

Setelah mempelajari cara menyederhanakan pecahan hingga jutaan, kita dapat menyimpulkan bahwa ada dua cara untuk menyederhanakan pecahan, yaitu dengan membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama atau dengan mencari faktor persekutuan terbesar (FPB). Dengan menyederhanakan pecahan, kita dapat mempermudah dalam melakukan operasi matematika. Jadi, jangan takut belajar matematika, karena dengan belajar dan berlatih, kita dapat menguasai matematika dengan mudah.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Menyederhanakan Pecahan Hingga Jutaan