Cara Menyederhanakan Pecahan di Excel

Hello, Sobat Sederhana! Sebelum kita membahas cara menyederhanakan pecahan di Excel, mari kita buat pemahaman dasar tentang pecahan. Pecahan adalah bagian dari suatu bilangan bulat yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pada Excel, kita bisa memanipulasi pecahan dengan mudah. Namun, seringkali kita memerlukan pecahan yang sudah disederhanakan supaya lebih mudah dibaca dan dipahami. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara menyederhanakan pecahan di Excel dengan mudah dan praktis.

Pengertian Pecahan di Excel

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita pahami terlebih dahulu tentang pecahan di Excel. Pada Excel, pecahan biasa direpresentasikan dengan format “pembilang/penyebut”. Misalnya, 3/4 artinya bilangan 3 dibagi 4. Nah, masalahnya adalah ketika kita mengalami kebingungan untuk menuliskan pecahan dalam bentuk yang lebih sederhana. Misalnya, 3/8 menjadi 3/4. Yuk, kita simak cara menyederhanakan pecahan di Excel berikut ini.

Cara Menyederhanakan Pecahan di Excel

Langkah 1: Tentukan Pecahan yang Akan Disederhanakan

Langkah pertama adalah menentukan pecahan yang akan disederhanakan. Pilih sel yang berisi pecahan yang akan disederhanakan. Misalnya, sel A1 berisi pecahan 3/6. Kita ingin menyederhanakan pecahan tersebut menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Langkah 2: Gunakan Fungsi Sederhana Excel

Nah, selanjutnya kita akan gunakan fungsi sederhana Excel. Fungsi tersebut adalah “PEMBAGIAN”. Kita bisa menuliskan fungsi tersebut pada sel yang kosong. Misalnya, pada sel B1 kita menuliskan formula “=PEMBAGIAN(3,6)”.

Langkah 3: Hasil Sederhana Pecahan

Setelah menuliskan formula “PEMBAGIAN”, maka hasilnya adalah pecahan yang sudah disederhanakan. Misalnya, pada sel B1 hasilnya adalah 1/2. Jadi, pecahan 3/6 sudah kita sederhanakan menjadi 1/2 dengan mudah dan praktis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tamiang Sederhana

Contoh Menyederhanakan Beberapa Pecahan

Yuk, kita coba sederhanakan beberapa pecahan dengan teknik yang sama. Berikut contohnya:

Pecahan Awal
Pecahan yang Disederhanakan
2/4
1/2
5/10
1/2
6/12
1/2
4/5
4/5

Seperti yang terlihat pada tabel di atas, kita bisa menyederhanakan pecahan dengan mudah dan praktis. Hanya dengan menggunakan fungsi sederhana Excel, kita bisa mengubah pecahan yang rumit menjadi bentuk yang sederhana dan mudah dipahami.

FAQ

Apa itu pecahan di Excel?

Pecahan di Excel adalah bagian dari suatu bilangan bulat yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pada Excel, kita bisa memanipulasi pecahan dengan mudah.

Bagaimana cara menyederhanakan pecahan di Excel dengan mudah?

Langkah pertama adalah menentukan pecahan yang akan disederhanakan. Selanjutnya kita akan gunakan fungsi sederhana Excel “PEMBAGIAN”. Setelah menuliskan formula “PEMBAGIAN”, maka hasilnya adalah pecahan yang sudah disederhanakan.

Apakah semua pecahan bisa disederhanakan dengan teknik yang sama?

Tidak semua pecahan bisa disederhanakan dengan teknik yang sama. Namun, secara umum, teknik ini bisa digunakan pada pecahan yang memiliki faktor bilangan yang sama pada pembilang dan penyebut.

Kesimpulan

Demikianlah cara menyederhanakan pecahan di Excel dengan mudah dan praktis. Dengan menggunakan fungsi sederhana Excel, kita bisa mengubah pecahan yang rumit menjadi bentuk yang sederhana dan mudah dipahami. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Sobat Sederhana yang sedang belajar Excel. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menyederhanakan Pecahan di Excel