Cara Mengkilapkan Motor dengan Bahan Sederhana

Cara Mengkilapkan Motor dengan Bahan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagi sebagian orang, motor adalah sebuah benda yang harus dijaga kebersihannya agar tetap terlihat baik dan nyaman digunakan. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan pada motor adalah dengan mengkilapkannya. Namun, tidak semua orang memiliki waktu dan dana yang cukup untuk membawa motor ke tempat poles profesional. Berikut adalah beberapa cara mudah mengkilapkan motor dengan bahan sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah!

1. Membersihkan Motor

Sebelum mengkilapkan motor, pastikan motor dalam keadaan bersih. Bersihkan debu, kotoran, dan minyak yang menempel dengan menggunakan sabun pencuci mobil atau shampoo motor. Jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air bersih dan mengeringkannya dengan kain yang bersih dan lembut.

Setelah itu, sobekkan kain flanel menjadi beberapa bagian. Bagian yang satu untuk membersihkan bagian steel, satu lagi untuk bagian rangka motor, dan yang terakhir untuk membersihkan bagian yang terbuat dari bahan karet.

Untuk membersihkan bagian-bagian yang berdebu, terutama lembaran radiator, Anda bisa menggunakan kuas berbulu lembut. Jangan lupa membersihkan karet-karet pada motor dengan air sabun agar terlihat lebih bersih dan hitam.

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian kelistrikan motor di dekat baterai dengan lap lembut agar terbebas dari karat.

Setelah membersihkan motor, jangan langsung diangin-anginkan, pastikan semua bagian kering melalui pengeringan dengan kain.

2. Mengkilapkan Motor

Setelah motor bersih, saatnya untuk mengkilapkannya. Tersedia beberapa bahan sederhana yang bisa digunakan yaitu tawas, pasta gigi, air bergas, dan oli bekas.

Menggunakan Tawas

Tawas memiliki kandungan yang dapat membantu membersihkan noda membandel pada permukaan motor. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup campurkan tawas dalam air secukupnya, kemudian oleskan pada permukaan motor yang akan dikilapkan. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih hingga bersih.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membengkokan Pipa Bulat

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki kandungan bleach yang bisa membantu mengkilapkan permukaan motor. Cukup oleskan pasta gigi pada permukaan motor menggunakan kain lembut, kemudian diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih hingga bersih.

Menggunakan Air Bergas

Air bergas bisa menghilangkan noda membandel pada permukaan motor. Cukup semprotkan air bergas pada permukaan motor yang akan dikilapkan, tunggu beberapa saat hingga kering, lalu lap menggunakan kain yang bersih dan lembut.

Menggunakan Oli Bekas

Oli bekas bisa digunakan sebagai pengkilap motor. Caranya cukup dengan mengoleskan oli bekas pada kain lembut, kemudian gosokkan pada permukaan motor hingga merata dan terlihat mengkilap.

3. Melindungi Motor

Setelah motor bersih dan mengkilap, jangan lupa untuk melindunginya agar tetap terlihat baik dan nyaman digunakan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melindungi motor yaitu:

  1. Gunakan pelembab karet untuk menjaga kelenturan karet-karet pada motor.
  2. Gunakan semir ban untuk menjaga ban tetap mengkilap dan terlihat baru.
  3. Gunakan cairan antikarat untuk memberikan perlindungan pada bagian-bagian yang sering terkena air dan udara.
  4. Gunakan pelindung cat untuk memberikan perlindungan pada cat motor. Pelindung cat juga dapat mempertahankan kilap cat motor.

FAQ

1. Apa saja bahan sederhana yang bisa digunakan untuk mengkilapkan motor?

Bahan sederhana yang bisa digunakan untuk mengkilapkan motor adalah tawas, pasta gigi, air bergas, dan oli bekas.

2. Apakah menggunakan tawas aman bagi motor?

Ya, menggunakan tawas aman bagi motor karena kandungannya alami. Namun, pastikan untuk membersihkan tawas secara menyeluruh agar tidak menimbulkan karat atau korosi.

3. Bagaimana cara melindungi motor agar tetap terlihat baik?

Beberapa cara untuk melindungi motor agar tetap terlihat baik adalah menggunakan pelembab karet, semir ban, cairan antikarat, dan pelindung cat.

TRENDING 🔥  Cara Budidaya Ikan Gurame Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Mengkilapkan Motor dengan Bahan Sederhana