Cara Menggunakan Datatable yang Sederhana menggunakan PHP

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan datatable yang sederhana menggunakan PHP. Datatable merupakan salah satu library JavaScript yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk tabel yang interaktif dan dapat dimanipulasi oleh user. Dalam tutorial ini, kita akan belajar cara menggunakan datatable dengan mudah dan sederhana. Selamat membaca!

Pendahuluan

Sebelum kita mulai belajar cara menggunakan datatable, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Pertama, pastikan kita sudah memiliki instalasi PHP dan MySQL di komputer kita. Kedua, kita juga perlu menginstal library datatable dengan mengunduh versi terbaru dari situs resminya di https://datatables.net/. Setelah semuanya siap, kita bisa mulai belajar cara menggunakan datatable dengan PHP.

1. Menghubungkan File JavaScript

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menghubungkan file JavaScript datatable ke dalam file PHP kita. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan tag script di dalam file PHP kita, seperti contoh berikut:

<!-- DataTables CSS --><link rel="stylesheet" type="text/css" href="https://cdn.datatables.net/1.10.24/css/jquery.dataTables.min.css"><!-- jQuery --><script type="text/javascript" src="https://code.jquery.com/jquery-3.5.1.js"></script><!-- DataTables JS --><script type="text/javascript" src="https://cdn.datatables.net/1.10.24/js/jquery.dataTables.min.js"></script>

Dalam contoh di atas, kita menghubungkan file-datatables.css dan file-datatables.js ke dalam file PHP kita. Pastikan kita mengubah path file sesuai dengan lokasi file masing-masing.

2. Membuat Tabel HTML

Langkah selanjutnya adalah membuat tabel HTML yang akan kita gunakan sebagai data sumber untuk datatable. Kita bisa menggunakan PHP untuk mengambil data dari database dan menampilkannya dalam bentuk tabel HTML, seperti contoh berikut:

<table id="table_id" class="display"><thead><tr><th>ID</th><th>Nama</th><th>Email</th><th>Action</th></tr></thead><tbody><?php$sql = "SELECT * FROM users";$result = mysqli_query($conn, $sql);while($row = mysqli_fetch_array($result)){echo "<tr>";echo "<td>".$row['id']."</td>";echo "<td>".$row['nama']."</td>";echo "<td>".$row['email']."</td>";echo "<td><a href='edit.php?id=".$row['id']."'>Edit</a> | <a href='delete.php?id=".$row['id']."'>Delete</a></td>";echo "</tr>";}?></tbody></table>

Dalam contoh di atas, kita membuat tabel HTML yang memiliki empat kolom yaitu ID, Nama, Email, dan Action. Data tersebut diambil dari tabel users pada database, dan ditampilkan menggunakan perintah PHP while untuk menampilkan semua data yang ada.

TRENDING 🔥  Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana

3. Inisialisasi Datatable

Langkah terakhir adalah melakukan inisialisasi datatable pada tabel HTML yang sudah kita buat. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan skrip JavaScript pada file PHP kita, seperti contoh berikut:

<script type="text/javascript">$(document).ready(function() {$('#table_id').DataTable();});</script>

Dalam contoh di atas, kita menggunakan fungsi $().DataTable() untuk menginisialisasi datatable pada tabel HTML dengan ID table_id. Fungsi tersebut dijalankan ketika halaman selesai dimuat menggunakan fungsi $(document).ready().

FAQ

1. Apa itu Datatable?

Datatable merupakan salah satu library JavaScript yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk tabel yang interaktif dan dapat dimanipulasi oleh user.

2. Apa keuntungan menggunakan Datatable?

Keuntungan menggunakan Datatable adalah kita bisa menampilkan data dalam bentuk tabel yang lebih interaktif dan mudah dipahami. Selain itu, datatable juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti sorting, searching, pagination, dan filtering yang membuat manipulasi data lebih mudah dan efektif.

3. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan Datatable?

Sebelum menggunakan Datatable, kita perlu mempersiapkan instalasi PHP dan MySQL di komputer kita. Selain itu, kita juga perlu menginstal library datatable dengan mengunduh versi terbaru dari situs resminya di https://datatables.net/.

4. Bagaimana cara menghubungkan file JavaScript datatable ke dalam file PHP?

Kita bisa menghubungkan file-datatables.css dan file-datatables.js ke dalam file PHP kita dengan menambahkan tag script di dalam file PHP kita. Pastikan kita mengubah path file sesuai dengan lokasi file masing-masing.

5. Apa yang perlu dilakukan untuk menginisialisasi datatable pada tabel HTML?

Untuk menginisialisasi datatable pada tabel HTML, kita perlu menambahkan skrip JavaScript pada file PHP kita menggunakan fungsi $().DataTable().

Kesimpulan

Demikianlah tutorial tentang cara menggunakan datatable yang sederhana menggunakan PHP. Dengan menggunakan datatable, kita bisa menampilkan data dalam bentuk tabel yang lebih interaktif dan mudah dipahami oleh user. Dalam tutorial ini, kita telah belajar tentang cara menghubungkan file JavaScript datatable ke dalam file PHP, membuat tabel HTML, dan menginisialisasi datatable pada tabel HTML. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Spaghetti Sederhana Tapi Enak

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Menggunakan Datatable yang Sederhana menggunakan PHP