Cara Menggambar Orang untuk TK yang Sederhana

Hello Sobat Sederhana, menggambar bukan hanya aktivitas yang menyenangkan, tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan motorik anak. Anak-anak TK biasanya suka menggambar orang, tetapi terkadang mereka kesulitan dalam melakukannya. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggambar orang yang sederhana untuk anak TK. Mari kita mulai!

1. Siapkan Bahan-Bahan Menggambar

Sebelum memulai menggambar, pastikan anak-anak memiliki semua bahan yang diperlukan, yaitu pensil, kertas gambar, penghapus, dan crayon atau spidol warna. Pastikan kertas gambar cukup besar agar anak-anak memiliki ruang yang cukup untuk menggambar.

1.1 Pensil

Pilihlah pensil dengan ukuran lead yang tebal agar mudah dipegang oleh anak-anak. Pensil dengan ukuran 2B atau 4B cocok untuk anak TK karena leadnya cukup tebal dan mudah dihapus jika terjadi kesalahan.

1.2 Kertas Gambar

Kertas gambar dengan ukuran A4 atau lebih besar cocok untuk anak-anak TK. Pastikan kertas gambar tidak terlalu tipis atau terlalu keras agar pensil dapat menempel dengan baik pada kertas.

1.3 Penghapus

Penghapus yang mudah dihapus dan tidak meninggalkan bekas dapat membantu anak-anak dalam memperbaiki kesalahan ketika menggambar.

1.4 Crayon atau Spidol Warna

Crayon atau spidol warna dapat digunakan untuk mewarnai gambar setelah selesai digambar dengan pensil. Pastikan anak-anak memiliki beberapa warna yang berbeda untuk membuat gambar lebih menarik.

2. Cara Menggambar Kepala

Langkah pertama dalam menggambar orang adalah menggambar kepala. Berikut adalah cara menggambar kepala yang sederhana:

2.1 Gambarlah Lingkaran

Gambarlah lingkaran pada kertas gambar dengan pensil. Lingkaran ini akan menjadi bentuk dasar kepala.

2.2 Tambahkan Garis Tengah

Gambarlah garis tengah pada lingkaran dengan pensil. Garis ini akan membantu anak-anak dalam menempatkan fitur wajah secara simetris.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Filter Air Sederhana Untuk Aquarium

2.3 Gambarlah Mata

Gambarlah mata pada garis tengah dengan pensil. Pastikan mata berbentuk oval dan simetris.

2.4 Gambarlah Hidung dan Mulut

Gambarlah hidung dan mulut dengan pensil. Pastikan hidung dan mulut tidak terlalu besar atau terlalu kecil dan berada di bawah mata.

2.5 Selesaikan Dengan Detail Wajah Lainnya

Tambahkan detail wajah lainnya, seperti alis, telinga, dan rambut, untuk membuat gambar lebih realistis. Pastikan anak-anak menggambar rambut yang sederhana seperti garis-garis atau bentuk oval, jangan terlalu rumit.

3. Cara Menggambar Tubuh

Setelah kepala selesai digambar, langkah selanjutnya adalah menggambar tubuh. Berikut adalah cara menggambar tubuh yang sederhana:

3.1 Gambarlah Garis Pusat Tubuh

Gambarlah garis vertikal pada kertas gambar dengan pensil. Garis ini akan menjadi garis tengah tubuh.

3.2 Gambarlah Bentuk Baju

Gambarlah bentuk baju di sekitar garis tengah tubuh dengan pensil. Pastikan anak-anak menggambar bentuk baju yang sederhana seperti garis-garis yang membentuk huruf ‘T’ terbalik atau segitiga.

3.3 Gambarlah Lengan dan Tangan

Gambarlah lengan dan tangan pada kedua sisi garis tengah tubuh dengan pensil. Pastikan tangan berbentuk oval atau segitiga kecil.

3.4 Gambarlah Kaki

Gambarlah kaki di bawah baju dengan pensil. Pastikan kaki berbentuk silinder atau tabung.

3.5 Selesaikan Dengan Detail Lainnya

Tambahkan detail lainnya seperti kancing baju, kantong, atau sepatu untuk membuat gambar lebih realistis. Pastikan anak-anak menggambar detail yang sederhana.

4. Contoh Gambar Orang yang Sederhana

Berikut adalah contoh gambar orang yang sederhana yang dapat dicontohkan oleh anak-anak TK:

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah anak-anak TK dapat menggambar orang dengan baik?

Ya, anak-anak TK dapat menggambar orang dengan baik jika diberi panduan yang tepat.

TRENDING 🔥  Cara Mudah dan Sederhana Membuat Pakan Kambing dengan Fermentasi

2. Berapa umur yang tepat untuk anak-anak menggambar orang?

Anak-anak dapat mulai menggambar orang sejak usia TK yaitu sekitar 4-5 tahun.

3. Bagaimana cara membantu anak-anak menggambar orang dengan baik?

Anda dapat membantu anak-anak dengan memberikan panduan yang sederhana dan membiarkan mereka bereksperimen dengan gambar.

Penutup

Itulah cara menggambar orang yang sederhana untuk anak TK. Selamat mencoba dan jangan ragu-ragu untuk bereksperimen dengan gambar. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menggambar Orang untuk TK yang Sederhana