Cara Mengecek Accu Motor Sederhana

Halo Sobat Sederhana, ketika mobil atau motor tidak bisa distarter, salah satu hal yang paling sering menjadi penyebabnya adalah accu yang habis. Untuk memastikan apakah accu motor kita masih bagus atau sudah harus diganti, diperlukan perawatan dan pengecekan secara rutin. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips cara mengecek accu motor secara sederhana. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Perhatikan Tegangan Accu

Tegangan accu motor yang normal seharusnya berkisar antara 12 Volt hingga 14 Volt, tergantung dari tipe motor yang digunakan. Cara paling mudah untuk mengecek tegangan accu adalah dengan menggunakan voltmeter atau multimeter. Pertama, pastikan motor dalam keadaan mati dan kunci kontak dilepas. Kemudian, hubungkan kabel positif voltmeter ke kutub positif accu dan kabel negatif ke kutub negatif accu. Setelah itu, periksa hasil pengukuran pada layar voltmeter.

Jika tegangan baterai menunjukkan angka di bawah 12 Volt, artinya accu motor sudah harus segera diganti. Namun, jika tegangan masih berada di antara 12-14 Volt, maka accu motor masih dalam kondisi baik dan tidak perlu diganti dalam waktu dekat.

2. Cek Kapasitas Accu

Selain mengecek tegangan accu, cek kapasitas accu juga menjadi hal penting yang harus dilakukan secara rutin. Kapasitas accu diukur dengan satuan Ampere Hour atau Ah. Semakin besar kapasitas accu pada motor, semakin banyak daya yang bisa disimpan dan semakin lama accu akan bertahan.

Untuk mengecek kapasitas accu, dapat dilakukan dengan menggunakan ampere meter. Caranya, pasang ampere meter antara kutub accu dan kabel positif. Kemudian, hidupkan mesin motor dan biarkan mesin tetap berjalan dalam waktu sekitar 10-15 menit. Perhatikan hasil pengukuran pada layar ampere meter. Jika hasil pengukuran menunjukkan angka di atas 6 Ampere, artinya kapasitas accu masih dalam kondisi baik. Namun, jika hasil pengukuran menunjukkan angka di bawah 6 Ampere, maka kapasitas accu sudah mulai menurun dan perlu segera diganti.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Softcase dari Botol Bekas

3. Periksa Kondisi Terminal Accu

Terminal accu yang bersih dan terawat bisa memperpanjang umur accu motor. Oleh karena itu, periksa kondisi terminal accu secara teratur. Pastikan terminal accu tidak terdapat karat atau kotoran yang menempel. Jika terdapat karat atau kotoran, bisa dibersihkan dengan menggunakan amplas atau sikat kecil.

Setelah itu, pasang kembali terminal accu dengan kencang dan pastikan tidak ada kabel yang kendur. Jika dibiarkan kendur atau longgar, bisa menyebabkan panas berlebih pada terminal dan mempercepat kerusakan accu.

4. Cek Kondisi Casing Accu

Kondisi casing accu yang tidak baik bisa menyebabkan accu motor bocor dan merusak komponen mesin motor. Untuk itu, pastikan casing accu selalu dalam kondisi kering dan tidak bocor. Jika terdapat kebocoran pada casing accu, segera bawa ke bengkel terdekat untuk diperiksa dan diganti.

5. Lakukan Pengecekan Secara Berkala

Terakhir, lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan kondisi accu motor selalu dalam keadaan baik. Pengecekan bisa dilakukan setiap 2-3 bulan sekali atau sesuai dengan rekomendasi produsen.

Dengan melakukan pengecekan secara rutin, kita dapat mengetahui kondisi accu motor tepat waktu dan mencegah kerusakan yang lebih parah. Selain itu, juga dapat memperpanjang umur accu dan membantu menghemat pengeluaran untuk penggantian accu motor yang baru.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengecek Accu Motor Sederhana

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Apakah tegangan accu motor harus selalu 14 Volt?
Tidak, tegangan accu motor yang normal berkisar antara 12 hingga 14 Volt, tergantung dari tipe motor yang digunakan.
2
Bagaimana cara mengecek kapasitas accu motor?
Kapasitas accu motor dapat diperiksa dengan mengukur arus yang dihasilkan oleh accu menggunakan ampere meter ketika mesin motor dalam keadaan hidup.
3
Apakah karat pada terminal accu berbahaya?
Ya, karat pada terminal accu dapat menghambat aliran listrik dan mempercepat kerusakan accu.
4
Berapa lama umur accu motor?
Umur accu motor bervariasi tergantung dari kondisi dan tingkat pemakaian. Namun, rata-rata umur accu motor berkisar antara 2-3 tahun.
5
Apakah harus membawa ke bengkel jika terdapat kebocoran pada casing accu?
Ya, kebocoran pada casing accu harus segera diperbaiki di bengkel karena bisa merusak komponen mesin motor.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Rangkaian Bunga Segar untuk Wisuda Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Mengecek Accu Motor Sederhana