Cara Membuat Website Sederhana di Notepad

Halo Sobat Sederhana, sudahkah kalian tahu cara membuat website sederhana di Notepad? Jika belum, jangan khawatir karena kami akan memberikan tutorial lengkap tentang cara membuat website sederhana di Notepad. Tidak perlu khawatir jika kalian belum memiliki pengetahuan tentang coding, karena tutorial ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami. Simak tutorial berikut ini dan jadilah seorang web developer!

Persiapan Sebelum Membuat Website

Sebelum memulai membuat website sederhana di Notepad, pastikan kalian sudah menyiapkan beberapa hal berikut:

Hal yang Harus Disiapkan
Keterangan
Notepad
Notepad adalah text editor bawaan windows yang digunakan untuk menulis kode. Pastikan kalian memiliki software ini di komputer kalian.
Web Browser
Pilih web browser yang kalian sukai seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge.
Desain Website
Tentukan desain website yang kalian inginkan. Kalian bisa mencari inspirasi dari website lain atau membuat desain sendiri.

Membuat File HTML

Setelah menyiapkan beberapa hal di atas, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat file HTML. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Notepad

Buka Notepad dengan cara klik Start, lalu ketikkan notepad di kolom pencarian. Pilih Notepad dari hasil pencarian dan aplikasi Notepad akan terbuka.

2. Tulis Kode HTML

Berikut adalah kode html dasar yang harus kalian tulis:

<!DOCTYPE html><html><head><title>Judul Website</title></head><body>Isi dari website</body></html>

Masukkan kode tersebut ke dalam Notepad.

3. Simpan File

Setelah menulis kode, simpan file dengan format .html. Klik File, lalu Save As. Pada menu dropdown Save as type, pilih All Files. Beri nama file dengan format apapun, kemudian tambahkan ekstensi .html pada akhir nama file. Misalnya: index.html

TRENDING 🔥  Cara Menghitung PPH 21 Sederhana

4. Buka File di Web Browser

Setelah file disimpan, buka file tersebut di web browser kalian. Caranya cukup klik kanan pada file dan pilih Open with, lalu pilih web browser yang kalian gunakan. Website sederhana pun sudah bisa dilihat.

Membuat Struktur Website

Setelah file HTML dibuat, Anda dapat mulai membuat struktur website. Setiap website harus memiliki struktur yang jelas dan mudah dipahami oleh pengunjung website. Berikut adalah struktur website sederhana:

<!DOCTYPE html><html><head><title>Judul Website</title></head><body><header><h1>Judul Header</h1></header><nav><ul><li><a href="#">Menu 1</a></li><li><a href="#">Menu 2</a></li><li><a href="#">Menu 3</a></li><li><a href="#">Menu 4</a></li></ul></nav><main><section><h2>Judul Section</h2><p>Isi Section</p></section><aside><h3>Judul Aside</h3><p>Isi Aside</p></aside></main><footer><p>Hak Cipta © 2021 - Nama Perusahaan</p></footer></body></html>

Menambahkan CSS

Setelah membuat struktur website, kalian dapat mulai menambahkan CSS. CSS atau Cascading Style Sheets adalah teknologi yang digunakan untuk mengatur tampilan website. Berikut adalah kode CSS dasar yang harus kalian tulis:

body {margin: 0;padding: 0;font-family: Arial, sans-serif;}header {background-color: #333;color: #fff;text-align: center;padding: 1em;}nav {background-color: #f2f2f2;border: 1px solid #ccc;padding: 1em;}nav ul {list-style-type: none;margin: 0;padding: 0;}nav li {display: inline-block;margin-right: 1em;}nav li a {color: #333;text-decoration: none;}nav li a:hover {color: #fff;background-color: #333;}main {display: flex;justify-content: center;margin-top: 1em;}section {margin-right: 1em;}aside {background-color: #f2f2f2;border: 1px solid #ccc;padding: 1em;}

Simpan kode tersebut dalam file bernama style.css. Kemudian tambahkan kode CSS tersebut ke dalam file HTML dengan menambahkan tag berikut pada bagian <head>:

<link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css">

Setelah menambahkan CSS, website sederhana akan terlihat lebih menarik.

FAQ

Apa itu Notepad?

Notepad adalah text editor bawaan windows yang digunakan untuk menulis kode.

Apa itu Web Browser?

Web browser adalah aplikasi untuk menjelajahi halaman-halaman web di internet.

Apa itu HTML?

HTML atau Hyper Text Markup Language adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat website.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Panah dari Tembakan Triplek Sederhana

Apa itu CSS?

CSS atau Cascading Style Sheets adalah teknologi yang digunakan untuk mengatur tampilan website.

Apakah diperlukan pengetahuan coding untuk membuat website sederhana di Notepad?

Tidak diperlukan pengetahuan coding yang mendalam, karena tutorial ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami.

Bagaimana cara membuat struktur website?

Struktur website harus memiliki header, navigasi, konten utama, aside, dan footer.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Website Sederhana di Notepad