Cara Membuat Web Sederhana Menggunakan PHP dan MySQL

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu ingin belajar membuat sebuah website sederhana? Jika iya, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat web sederhana menggunakan PHP dan MySQL.

Persiapan Awal

Sebelum memulai membuat website, pastikan kamu sudah memiliki software pendukung seperti XAMPP atau WAMP. Install software tersebut dan pastikan web server dan database server sudah aktif.

Setelah itu, buka text editor seperti Notepad++ atau Sublime Text untuk menulis kode program. Siapkan juga browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox untuk melihat hasil website yang telah dibuat.

Membuat Database

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat database di MySQL. Buka software XAMPP dan klik tombol Start pada bagian MySQL untuk mengaktifkan database server.

Selanjutnya, buka browser dan ketikkan localhost/phpmyadmin pada URL. Pilih tab Databases dan masukkan nama database baru pada kolom Create database. Setelah itu, klik tombol Create untuk membuat database.

Di dalam database tersebut, buat tabel baru dengan menekan tombol Create table pada menu Tabel. Masukkan nama tabel dan kolom-kolom yang dibutuhkan.

Nama Kolom
Tipe Data
Panjang
id
INT
11
nama
VARCHAR
50
email
VARCHAR
100
password
VARCHAR
255

Setelah tabel berhasil dibuat, pastikan kamu telah mengetahui nama database, nama tabel, dan nama kolom yang dibutuhkan untuk membuat website.

Membuat Form Login

Langkah selanjutnya adalah membuat form login menggunakan HTML dan CSS. Buat file baru dengan ekstensi .php dan tulis kode HTML untuk membuat form login. Setelah itu, tambahkan kode CSS agar tampilan form login lebih menarik.

Di dalam form login, masukkan action yang akan diarahkan ke halaman proses login. Buat juga input form untuk email dan password yang nantinya akan dicek di database.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin Sederhana dari Barang Bekas

FAQ: Bagaimana cara menghubungkan form login dengan database?

Untuk menghubungkan form login dengan database, kita perlu menulis kode PHP yang akan memeriksa apakah email dan password yang dimasukkan oleh pengguna sudah benar atau belum. Kode PHP tersebut akan dijalankan pada halaman proses login yang telah ditentukan di action form login sebelumnya.

Proses Login

Setelah form login sudah dibuat, selanjutnya kita perlu membuat halaman proses login. Di halaman tersebut, kita akan mengecek apakah email dan password yang dimasukkan oleh pengguna benar atau tidak.

Buat file baru dengan ekstensi .php dan masukkan kode PHP untuk memeriksa email dan password yang dimasukkan. Jika benar, maka pengguna akan diarahkan ke halaman dashboard. Namun jika salah, maka akan ada pesan error yang muncul.

FAQ: Apa yang harus dilakukan jika pengguna lupa password?

Jika pengguna lupa password, kita bisa memberikan opsi untuk melakukan reset password dengan mengirimkan email ke alamat email yang terdaftar di database.

Halaman Dashboard

Setelah pengguna berhasil login, mereka akan diarahkan ke halaman dashboard yang berisi informasi penting atau fitur-fitur website yang bisa digunakan. Buat file baru dengan ekstensi .php dan buat halaman dashboard menggunakan HTML dan CSS.

Di dalam halaman dashboard, kamu bisa menampilkan data-data penting yang diambil dari database. Misalnya, data pengguna yang telah login atau data produk yang tersedia di website tersebut.

FAQ: Bagaimana cara menampilkan data dari database ke halaman dashboard?

Untuk menampilkan data dari database ke halaman dashboard, kita perlu menulis kode PHP yang akan mengambil data dari tabel yang telah dibuat. Selanjutnya, data tersebut bisa ditampilkan menggunakan sintaks HTML.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pintu Geser Otomatis Sederhana

Penutup

Demikianlah cara membuat web sederhana menggunakan PHP dan MySQL. Dengan mempelajari langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat website yang simpel namun cukup fungsional. Jangan lupa untuk terus melakukan eksperimen dan belajar hal-hal baru agar website yang kamu buat semakin berkembang.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Web Sederhana Menggunakan PHP dan MySQL