Cara Membuat Water Heater Sederhana Untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kalian pasti pernah merasakan kekhawatiran saat memandangi tagihan listrik yang membengkak setiap bulannya karena penggunaan air panas? Nah, kali ini saya akan berbagi cara membuat water heater sederhana yang dapat membantu Sobat Sederhana menghemat tagihan listrik sekaligus memperoleh air panas dengan mudah. Yuk, langsung simak bagaimana cara membuat water heater sederhana dan praktis!

Apa itu Water Heater?

Sebelum memulai, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu water heater. Water heater atau pemanas air adalah alat yang digunakan untuk meningkatkan suhu air. Alat ini biasanya digunakan untuk mandi atau mencuci bahan-bahan yang membutuhkan air panas. Pada umumnya, water heater menggunakan listrik sebagai sumber energi untuk memanaskan air.

Kenapa Harus Membuat Water Heater Sederhana?

Ada beberapa alasan mengapa Sobat Sederhana harus membuat water heater sederhana. Pertama, dengan membuat water heater sederhana, Sobat Sederhana dapat menghemat biaya listrik yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Kedua, dengan membuat water heater sederhana, Sobat Sederhana dapat memperoleh air panas dengan mudah dan praktis tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan water heater sederhana, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Alat
Tabung PVC
Obeng
Pipa PVC
Pisau
Kawat Nikrom
Gunting
Saklar
Penjepit kabel
Termometer
Konektor listrik
Adaptor 12V

Cara Membuat Water Heater Sederhana

Berikut adalah cara membuat water heater sederhana:

1. Potong Tabung PVC

Pertama, potong tabung PVC dengan ukuran 30 cm dengan menggunakan pisau. Setelah dipotong, bersihkan bagian dalam dan luar tabung PVC dengan kain lap.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Siomay Rebus Sederhana

2. Pasang Pipa PVC

Kedua, pasang pipa PVC dengan ukuran 3 cm di bagian bawah tabung PVC. Pipa PVC ini berfungsi sebagai saluran keluar air panas. Pastikan pipa PVC terpasang dengan kuat dan rapi.

3. Pasang Kawat Nikrom

Ketiga, pasang kawat nikrom di dalam tabung PVC dengan menggunakan penjepit kabel. Pastikan kawat nikrom terpasang dengan kuat dan rapi.

4. Sambung Kawat Nikrom ke Saklar

Keempat, sambung kawat nikrom ke saklar dengan menggunakan konektor listrik. Pastikan sambungan kawat nikrom dan saklar terpasang dengan kuat dan rapi.

5. Pasang Termometer

Terakhir, pasang termometer di bagian atas tabung PVC dengan menggunakan penjepit kabel. Pastikan termometer terpasang dengan kuat dan rapi.

Cara Menggunakan Water Heater Sederhana

Setelah water heater sederhana selesai dibuat, Sobat Sederhana dapat langsung menggunakannya. Berikut adalah cara menggunakan water heater sederhana:

1. Isi Air

Pertama, isi air ke dalam tabung PVC hingga mencapai level yang diinginkan.

2. Hidupkan Saklar

Kedua, hidupkan saklar untuk menyalakan kawat nikrom yang akan memanaskan air.

3. Tunggu Hingga Air Panas

Tunggu hingga air terasa hangat atau panas sesuai dengan suhu yang diinginkan. Sobat Sederhana dapat melihat suhu air dengan menggunakan termometer yang telah dipasang sebelumnya.

4. Matikan Saklar

Setelah air panas didapat, matikan saklar untuk mematikan kawat nikrom yang telah memanaskan air.

FAQ

1. Apakah water heater sederhana aman?

Ya, water heater sederhana aman jika dibuat dengan benar dan digunakan sesuai dengan petunjuk.

2. Apakah water heater sederhana efektif?

Iya, water heater sederhana efektif jika digunakan dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuat water heater sederhana?

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat water heater sederhana cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 50.000-100.000.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tabung Kedap Udara Sederhana

Kesimpulan

Nah, itu dia cara membuat water heater sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan membuat water heater sederhana, Sobat Sederhana dapat menghemat biaya listrik sekaligus memperoleh air panas dengan mudah dan praktis. Jangan lupa, berhati-hatilah saat mencoba membuat water heater sederhana ini. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Water Heater Sederhana Untuk Sobat Sederhana